Contact Us
MERDEKA
DIRGAHAYU Republik INDONESIA - Ayo Kita Tingkatkan Persatuan & Kesatuan Bangsa. Erat Dalam Keragaman Bhinneka Tunggal Ika. Maju Bersama & Tingkatkan Etos Kerja Yang Baik Untuk Indonesia Modern Yang Tetap Berbudaya. MERDEKA!!!

Forum Bebas Indonesia

6 Soto Paling Dicari Di Semarang

[size=medium] Semarang adalah surganya wisata dan kuliner murah. Beberapa waktu lalu JAWA Rental Mobil Semarang (jawarentcar.blogcepot[dot]com) telah membuat daftar 8 Top Destinasi Wisata Semarang Yang Harus Dikunjungi. Kini Rental Mobil Semarang JAWA Rentcar yang sudah berpengalaman membawa tamu wisata ke Semarang, membuat sebuah survey kecil-kecilan mengenai salah satu kuliner yang paling populer di Semarang. Ya, SOTO. Mengapa soto populer di kalangan para pelancong? Menurut penuturan para driver Rental Mobil Semarang JAWA Rentcar, hal ini mungkin terkait dengan sensasi rasa segar yang ditimbulkan oleh Soto Semarang karena banyak kuahnya. Sehingga membantu para tamu mengurangi rasa lelah setelah perjalanan jarak jauh menuju Kota Semarang.

Berikut adalah hasil survey kecil-kecilan yang dilakukan oleh Perusahaan Rental Mobil Semarang JAWA Rentcar. Survey dilakukan dengan menjadikan para driver Rental Mobil Semarang JAWA Rentcar sebagai surveyor. Dilakukan selama bulan Januari - Juni 2012. Hasilnya terdapat 6 teratas pada daftar SOTO Semarang yang paling dicari versi Rental Mobil Semarang JAWA Rentcar, yaitu:

1. Soto Bokoran

soto+bokoran.jpg

Berbeda dengan kuah soto ala semarang kebanyakan yang bening, Soto Bokoran mempunyai kuah yang agak kecoklatan. Warna coklat ini ternyata berasal dari kuah sate yang dicampurkan ke dalam kuah soto. Satenya adalah sate jeroan dan sate ayam khas soto semarang yang agak berkuah.
Soto bokoran buka dari jam 6 pagi hingga jam 12 siang. Namun bila Anda datang agak siang, maka yang didapat adalah koretan alias penghabisan. Di akhir pekan, soto akan lebih cepat habis. Satu porsi sotonya dibandrol Rp.6.000. Dan yang sedikit membedakan dari soto kebanyakan adalah potongan-potongan tomatnya yang sangat besar. Lumayan juicy ketika disantap.


2. Soto Selan

soto+selan1.jpg

Warung Soto Selan menempati alamat di Jl. Depok 36 D Semarang. Telp 024 3520842. Jam buka mulai jam 6.30 sampai dengan jam 14.00.
Hampir mirip “modelnya” dengan soto Bokoran, Soto Selan juga memiliki kuah kuning kecoklatan yang sama penyebabnya, yaitu kuah dari sate ayam yang tersedia.
Soto Selan memiliki aksesoris yang tak kalah maknyusnya, yakni telor ayam pindang yang rasanya legit dan kuning telurnya masir. Bumbunya merasuk sampai ke kuning telurnya. Harganya sangat bersahabat dengan kantong: Rp 5.000/ mangkok.

3. Soto Mbak Lin

soto+mbak+lin1.jpg

Masih dengan style Soto yang sama, yakni style nya Soto Kudus di Semarang, Soto Kudus Mbak Lin tak pernah sepi pembeli. Special imagenya yaitu angkringan yang masih digunakan di meja koki. Terletak di Jl. Mangunsarkoro no.15 Semarang. Harganya: Rp 4000/ porsi, namun mangkok yang digunakan adalah mangkuk kecil. Jam buka: jam 07.00 sd 15.00

4. Soto Pak No Thamrin

soto-pak-no.jpg

Banyak sekali Soto Kudus Pak No bertebaran di Semarang. Namun, yang paling populer ini adalah soto Pak No di Jalan Thamrin no.28.
Masuk di warng Soto ini, terasa sekali suasana jawa yang ramah dan santai. Pelayannya berbaju batik menyapa dengan bahasa Jawa. Seramai apapun pengunjung, entah kenapa Anda tidak akan lama-lama mengantri. Cekatan sekali para pelayannya. Soto hadir dengan panas yang pas, lengkap dengan aksesorisnya sate jeroan, sate telor, sate kerang, telor pindang, dan sejenisnya. Harganya: Rp 4000/ porsi, namun mangkok yang digunakan adalah mangkuk kecil. Jam buka: jam 07.00 sd jam 21.00

5. Soto Pak Man Depan TLJ

soto-ayam-pak-man.jpg

Seperti Soto Pak No, Soto Pak Man pun ada beberapa lokasi di Semarang. Namun yang paling ramai dikunjungi dari kalangan masyarakat umum, pejabat sampai artis, mungkin Soto Pak Man yang satu ini. Pada dinding rumah makan terpampang beberapa foto pejabat dan selebritis yang pernaha makan disitu, termasuk Tukul Arwana si Empat Mata. Terletak di Depan Stadion Tri Lomba Juang Semarang (TLJ), soto ini sangat ramai. Kuahnya bening, warungnya sudah bergaya Resto atau rumah makan. Harganya pun tidak terlalu galak dengan kantong yaitu Rp 6.000/ porsi. Aksesorisnya sama lengkapnya dengan soto ala Semarang lainnya. Buka jam 06.00 - jam 20.00.

6. Soto Bangkong

soto+bangkong.jpg

Meskipun sudah relatif berkurang ketenarannya, bagi sebagian orang yang memiliki romantisme tersendiri dengan Kota Semarang biasanya akan mampir ke Soto Bangkong ketika ke Semarang.Soto ini mungkin adalah soto Semarang yang paling asli. Pemiliknya membangun usahanya sejak dari gerobak dorong sampai menjadi puluhan resto di berbagai tempat di Indonesia. Harga per porsi Rp 8.000. Buka dari jam 07.00 sampai dengan jam 20.00 malam. Rasanya lain dengan beberapa soto yang sudah diulas terdahulu yang tercampuri dengan style soto kudus.

Demikian ulasan mengenai kuliner soto semarang.
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori