Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Pantai Nan Bersih Dan Bersejarah

pantai-snorkeling_ANT_6721.jpg

KABUPATEN Luwu sesungguhnya kaya dengan sumber daya alam yang potensial digali menjadi salah satu objek wisata. Salah satunya adalah wisata bahari pantai Ponnori, Desa TemboE, Kecamatan Larompong Selatan. Saat ini objek wisata bahari ini mulai diminati wisatawan domestik.

Pantai Ponnori, yang berada di bagian selatan Kabupaten Luwu tepatnya di Desa TemboE, Kecamatan Larompong Selatan, sudah ada sejak zaman sebelum kemerdekaan, yang kala itu merupakan pelabuhan kecil. Pantai yang membentang meliputi dua desa yakni dari Desa Temboe dan Kelurahan Bonepute ini bahkan menurut warga sekitar pernah digunakan Qahar Mudzakkar untuk menyeberang ke Tenggara.

"Memang benar pak, dahulu pantai wisata Ponnori ini adalah pelabuhan yang digunakan oleh Pak Qahar Mudzakkar untuk menyeberang ke Tenggara menemui pengikut-pengikutnya. Setelah pantai Ponnori ini mulai dihuni oleh penduduk sekitar tahun 1980-an, maka perlahan dibuka menjadi salah satu objek wisata, jadi keberadaan objek wisata Ponnori sudah ada sejak tahun 1980-an," ucap Kepala Desa (Kades) TemboE, Abdul Thamrin SPd.

Thamrin mengatakan pantai Ponnori memiliki keunggulan dari beberapa objek wisata lain yang ada di Sulawesi Selatan. Salah satunya pantai Ponnori menawarkan keindahan pasir putihnya, dan kebersihan wilayah tersebut, dan yang paling melengkapi keindahan objek wisata bahari ini adalah pada sisi kiri dan kanannya terdapat tanjung-tanjung yang landai dimana dibawah dasar tanjung terdapat potongan-potongan batu papan layaknya sebuah lantai rumah.

"Objek wisata pantai Ponnori ini cukup diminati masyarakat atau pengunjung pak. Dalam seharinya pantai ini bisa kedatangan tamu lebih dari 100 orang, apalagi jika hari libur seperti perayaan Idul Adha," kata Thamrin Ketua komunitas Penyelam Kabupaten Luwu, Zul Arrahman, kepada harian ini, mengatakan, warga mulai ramai mengunjungi pantai sangat cocok untuk wisata diving dan wisata photografi. ''Dinas perikanan bisa memanfaatkannya dengan menyewakan pasilitas diving atau sebagainya dan saya kira ini bisa dikembangkan," tutur Zul Arrahman


sumber : IYAA.com

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori