Contact Us
MERDEKA
DIRGAHAYU Republik INDONESIA - Ayo Kita Tingkatkan Persatuan & Kesatuan Bangsa. Erat Dalam Keragaman Bhinneka Tunggal Ika. Maju Bersama & Tingkatkan Etos Kerja Yang Baik Untuk Indonesia Modern Yang Tetap Berbudaya. MERDEKA!!!

Forum Bebas Indonesia

Moratorium haji

[size=medium][align=justify]Pagi ini, di dalam sesaknya KRL Bogor-Jakarta, mencoba menikmati suasana dengan membaca koran pagi harga seribuan keluaran group MNC. Tergelitik diriku dengan salah satu tulisan di kolom Halaman 5 yang berjudul "NU-Muhammadiyah Dukung Moratorium". Yang dimaksud di sini adalah soal pembatasan jamaah haji, sebagaimana juga telah menjadi trending-topic di berbagai media masa lainnya akhir2 ini.

Memang, hal tersebut masih berupa wacana yang diusulkan oleh KPK, tapi tentu saja TS tergelitik dengan wacana tersebut. Bagaimana tidak? "masa orang mau ibadah kok dibatasi? apa-apaan nih KPK kok pake nyampurin urusan keagamaan segala?" itu pertanyaan pertama yang melintas di benak TS. Selanjutnya TS berusaha mencari tahu latar belakang munculnya wacana tersebut dengan membaca secara menyeluruh tulisan tersebut, serta googling di internet mengenai topik erupa. Usaha TS berujung pada kondisi sebagai berikut:

"pengelolaan dan penggunaan dana haji yang jumlahnya mencapai Rp 38 triliun dengan bunga Rp 1,7 triliun mekanisme pertanggungjawabannya tidak jelas, sehingga berpotensi disalahgunakan."

Kesimpulan TS:
inti permasalahan di sini adalah pada lemahnya pertanggungjawaban pengelolaan dan penggunaan dana haji

Dari beberapa kalimat yang TS tebelin di atas, Akhirnya TS jadi bertanya lagi:
  1. Permasalahannya kan di sistem, kenapa engga sistemnya yang diperbaiki?
  2. Untuk mencegah kejahatan, kenapa harus umat yang dikorbankan? Pemerintah ke mana sih?
  3. Lho....pengelolaan dana haji kok pake bunga sih? Kemenag gimana sih? tau ga sih hukum dari bunga itu apa?
  4. Kalo memang Kemenag ga mau atau ga bisa atau lambat dalam memperbaiki sistem pengelolaan dana haji, kenapa ga di Reorganisasi aja tuh instansi? Sudah menjadi rahasia umum lah, kalo Kemenag itu adalah instansi yang Korup.... Udah, buka aja semuanya, modernisasi tuh instansi....biar penyakitnya bisa keliatan semua, biar bisa dicarikan obat yang tepat....

intinya, Moratorium haji adalah wacana yang lucu menurut TS, jika menilik latar belakang wacana yang ternyata adalah masalah pertanggungjawaban pengelolaan dana.

Moratorium, mungkin bisa dilakukan untuk ONH plus misalnya (yang selama ini sering bermasalah). Trus, untuk orang yang sudah pernah melaksanakan haji, dengan tujuan memberi kesempatan orang lain untuk menunaikan ibadah haji. Jangan ente lagi, ente lagi.... mentang-mentang banyak duit, maunya haji mulu. Kalo untuk wacana ini TS setuju, tentu hal ini perlu usaha ekstra dari Kemenag, dengan membuat database Pak Haji/ Bu Hajah misalnya, sehingga orang2 yang udah punya gelar bisa disuruh mundur dulu....

sementara mungkin itu dulu dari TS, mohon tanggapan dari komandan semua :peace:[/align][/size]

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori