Contact Us

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Negeri

Sahabat emua yang terkasih...
Kita sebenarnya adalah bangsa yang saangat besar dan punya potensi untuk menjadi negeri yang paling berpengaruh besar di dunia. Dengan tingkat dan kekuatan potensi alam yang melimpah, serta tak adanya catatan buruk di mata internasional, maka generasi bangsa ini memiliki kans yang sangat luas untuk membawa bangsa ke arah perubahan yang lebih baik.

Untuk mewujudkan hal tersebut pastinya tidak mudah, tak cukup dengan teori tertulis, bahkan kerja keras juga belum menjamin jika kelak generasi kita akan mampu menjadi penerus nasib bangsa ini. Diakui atau tidak, kita selama ini kurang dididik untuk percaya pada kemampuan diri sendiri, saat kita tidak bisa mengerjakan tugas yang diberikan orang lain, mereka dengan gampangnya dan begitu entengnya mengatakan jika kita tak becus menjalankan tugas. Padahal yang namanya tugas pasti ada kendala dan tantangan yang terkadang susah diprediksikan saat kita sedang menunaikannnya.

Budaya kita yang kurang mampu menumbuhkan rasa percaya diri, sangat terlihat hampir di setiap bidang kehidupan manusia. Kita sangat mudah mentertawakan kesalahan dan kegagalan orang lain tanpa mau mengembalikan sikap tersebut kepada diri sendiri. Betapa banyak peserta didik harus terluka hatinya ketika dia diminta maju oleh Bapak/ibu Guru dan gagal menjawab pertanyaan yang diajukan. Saat jawabannya salah, sering kita temukan teman tertawa terbahak bahak, yang sekali lagi perbuatan itu tidak mencerminkan adanya penguatan mental positif pada generasi penerus bangsa ini.

Maka untuk kembali menguatkan bangsa ke arah lebih baik di masa yang akan datang, maka kita harus belajar menerima kegagalan, dan kalau perlu di sekolah atau institusi pendidikan kita diterapkan aturan bagi mereka yang menertawaakan kesalahan yang dilakukan oleh seseorang. Mengapa kita tak pernah mentertawakan Issac Newton, Albert Einstein, dan ilmuwan dunia lainnya, padahal mereka dulunya selalu gagal,gagal, dan lebih banyak menemui kegagalan hidup? Jadi... saat aada yaang gagal, mari support mereka dengan semangat dan jangan sampai energi semangat positifnya hilang dari dalam jiwa.

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori