Contact Us

[tanya]pengaruh lampu halogen pada tanaman

kira kira 2 minggu yang lalu ane bincang bincang dengan petani di sebuah warung kopi di tepi jalan ... dan tanpa sengaja saya melihat beberapa buah petak sawah yang padinya tidak/belum dipanen berhubung daunnya masih hijau dan buahnya belum matang sedangkan bagian lain sudah selesai di panen ... ketika ditanya para petani itu menjawab dengan sesuatu yang jauh diluar dugaan ane ... "

"itu karena lampu jalan pak (lampu halogen), jadi padi yang malam pun terkena cahaya lampu jalan terlambat pertumbuhannya" sekilas jawaban mereka

lha... bagaimana pula kok bisa seperti itu? apa hubungannya cahaya lampu halogen dengan pertumbuhan padi?

kebenaran visual dari pendapat petani tersebut memang terlihat di sepanjang jalan yang memang rata2 padi di pinggiran jalan "belang belang" dengan yang bagian arah kedalam

pertanyaan ane :bagaimana ilmu pertanian menjelaskan ini?

Komentar

  • Pengaruh radiasi tentu jadi point tersendiri
    mungkin ada pengaruh kepada proses tumbuhan untuk melakukan fotosintesis :think:
  • :think: sarjana pertanian mana yak :think:
  • mungkin karena lampunya terang sihingga tanaman mengira bahwa masih siang, sehingga tanaman melakukan aktifitas siangnya secara terus menerus siang dan malam..sehingga pertumbuhan mentalnya jadi terganggu, akhirnya kena gangguan mental, kalo bahasa manusianya pertumbuhan mental lambat.. :ngakak:
  • Pengaruh radiasi terhadap pertumbuhan tanaman terdapat dalam proses-proses :
    1. Fotosintesa
    2. Fotostimulus, misalnya fotoperiodisme.

    Istilah fotoperodisitas digunakan untuk fenomena dimana fase perkembangan tanaman dipengaruhi oleh lama penyinaran yang diterima oleh tanaman tesebut. Beberapa jenis tanaman (termasuk padi) perkembangan tanaman sangat dipengaruhi oleh lamanya penyinaran, terutama dengan kapan tumbuhan tersebut akan memasuki fase generatifnya, misalnya pembungaan.

    Beberapa tanaman akan memasuki fase generatif (membentuk organ reproduktif) hanya jika tanaman tersebut menerima penyinaran yang panjang (>14 jam) dalam setiap periode sehari semalam;
    sebaliknya ada pula tanaman yang hanya akan memasuki fase generatif jika menerima penyinaran singkat (<10 Jam).

    Kelompok tanaman yang membutuhan lama penyinaran yang panjang disebut tanaman hari panjang (long-day plant) dan kelompok tanaman yang membutuhkan lama penyinaran yang singkat disebut tanaman hari pendek (short-day plant), kelompok tanaman yang fase perkembangan tidak dipengaruhi oleh lama penyinaran disebut sebagai tanaman hari netral (neutral-day plant). kelompok ini akan memasuki fase generatif baik jika menerima lama penyinaran yang panjang ataupun singkat.

    Jadi dari hal tersebut di atas, dalam fotoperiodisme diketahui bahwa yang terpenting bukanlah intensitas cahaya melainkan lama ada cahaya (bukan sinar matahari) .fenomena ini dapat kita jumpai pada beberapa varietas tanaman (misalnya tanaman padi) yang tempat tumbuhnya di sawah dan dekat sumber cahaya (lampu listrik). walaupun demikian, di alam banyak dijumpai tanaman yang tidak mau berbunga bila panjang hari kurang atau lebih dari apa yang seharusnya dibutuhkan.

    Dalam kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan tanaman akan lama penyinaran yang ideal, lama penyinaran ini dapat dimanipulasi (diperpanjang atau dipersingkat).

    Penambahan lama penyinaran dapat dilakukan dengan menggunakan lampu listrik yang spektrum cahayanya semirip mungkin dengan cahaya matahari, dimana secara sederhana dapat digunakan gabungan antara cahaya dari lampu pijar dengan lampu fluorescence.
    Untuk mempersingkat lama penyinaran dapat dilakukan dengan cara menutupi tanaman tersebut dengan kain hitam atau bahan lain yang sulit ditembus cahaya matahari.

    Petani yang pintar yang sedang di kedai kopi .... :D
    Pelit,.... ngopi nggak ngajak-2 :(
  • wah ... ternyata begitu thoh..

    jadi kalau dilihat dari penjelasan oom ketua dapat diambil kesimpulan lahan yang berada di pinggir jalan raya tidak lah bisa seproduktif lahan yang terpencil dikarenakan efek kontra produktif yang dialami lahan dipinggir jalan yang memiliki penerangan... itukah sebabnya disini banyak yang punya lahan akhirnya beralih menjual lahannya untuk yang suka menanam beton :blah:

    oh ya .. selain dari menutup dengan kain atau plastik hitam adalah solusi lain yang lebih murah ? (kalo yang ini benar benar curhatan petani di kedai kopi :blah: )
  • ^
    ^
    ^Kalau menjual lahan (terutama yang dipinggir jalan raya yang ada penerangannya) lain lagi penjelasannya :)
    mungkin kajiannya dari sudut ekonomi, pengembangan wilayah, kependudukan atau juga naiknya supply dan demand akan tanah yang dipinggir jalan karena faktor kemudahan akses transportasi.

    Alternatif solusi, adalah menutup dengan kain atau plastik hitam, namun untuk skala luas butuh tambahan input biaya yang tidak sedikit dan perlu dikaji lagi sisi ekonomisnya.
    Selain itu, perlu pemilihan komoditas tanaman tertentu, yaitu tanaman yang membutuhkan lama penyinaran lebih dari 14 jam/hari berupa jenis tanaman hari panjang (long-day plant).

    Uniknya, selain masalah cahaya ini, beberapa jenis tanaman juga merespon bila ada stimulus berupa "SUARA" ....
    Malah ada yang mencoba memberikan "MUSIK" (dengan frekuensi suara tertentu) dengan alat pengeras suara/ speaker ke arah lahan tanamannya, agar produksinya meningkat

    Jadi jangan heran bila suatu saat jumpa dengan Petani di Kedai Kopi, bilang begini :
    Tanaman saya sudah saya ajak bicara sambil saya tepuk tepuk batangnya pake tangan, ...
    dan petani itu berkata (efek suara) kepada tanamannya : Berbuah yang banyak ya ... :)
  • waduh .. ternyata tanaman punya respon juga terhadap suara ya? beneran baru tau juga nih ... pantesan dulu nenek moyang disini sering "basaluang" sore sore dekat sawahnya ...

    mantep oom :top:

    lah kalo efek suara ini gimana lagi penjelasannya oom......


    penjelasanya ribet amat .. gimana ngejelasin sama temen2 di kedai kopi nih ... lha wong kami wong ndeso semua ... :ngakak: )
  • :wait:

    ikutan nyimak ah...

    Ane kan urang aleu' oge....


    :d
  • ^
    ^
    ^ Lagi males ... mau pergi kondangan (baralek) ... :)


    :ngakak:
  • Ketua menulis:
    ^
    ^
    ^ Lagi males ... mau pergi kondangan (baralek) ... :)
    :ngakak:

    yahhhh.... banyak gaya ....
    ya udah selamat makan 2 ... ngajak ngajak napa? .... besok tak tanyain lagi :p
  • 1. Musik tidak hanya mempengaruhi manusia tetapi juga mempengaruhi makhluk hidup lain, yaitu tumbuhan. Walaupun tumbuhan tidak memiliki telinga dan mendengarkan musik seperti manusia, namun,telah dibuktikan bahwa stomata pada tumbuhan merespon adanya musik.(Jberry, 2010).

    2. Ketika musik dengan frekuensi tertentu dimainkan pada tumbuhan, stomata tumbuhan akan terbuka. Terbukanya stomata akan menyebabkan penyerapan pupuk yang lebih efisien daripada tumbuhan tanpa dimainkan musik. Penyerapan pupuk yang baik diikuti dengan tumbuh kembang tanaman yang lebih baik sehingga menyebabkan tumbuhan yang didengarkan musik berkembang lebih baik. (Ari, 2005).

    3. Pemberian musik secara terputus-putus selama 3 jam setiap hari memberi pengaruh yang lebih baik pada tumbuhan dibandingkan dengan pemberian musik secara konstan selama 8 jam. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Dorothy Retallack. Tanaman-tanaman yang mendengarkan nada-nada yang konstan selama 8 jam sehari mati dalam waktu 14 hari sedangkan tanaman yangdidengarkan musik secara terputus-putus tumbuh sangat subur dan sehat bahkan lebih dari tanaman-tanaman yang tidak diperdengarkan musik sama sekali. (Amelia Hill, 2010).

    4. Tanaman akan berkembang lebih baik bila diperdengarkan musik yang selaras. Musik tersebut haruslah musik yang teraturan, tertib dan harmonis sehingga dapat menciptakan keadaan yang stabil dan nyaman sehingga tumbuhan dapat bertumbuh dengan baik. (Dede, 2010).

    5. Hasil penelitian Susanti, dkk 2011 : Tanaman cabai merah keriting yang telah diteliti selama tiga minggu mengalami pertumbuhan yang berbeda-beda sebagai respon terhadap musik klasik,dangdut dan rock. Pada tanaman cabai merah kerting yang mendengar musik klasik mengalami pertumbuhan paling cepat di antara tanaman lainnya. Sedangkan,tumbuhan yang mendengar musik rock mengalami pertumbuhan paling lambat dan bahkan mengalami kematian.

    Bila para petani ingin memanfaatkan musik agar menghasilkan tanaman yang bertumbuh dengan cepat sehingga menjadi lebih produktif, dianjurkan sebaiknya petani mencoba terlebih dahulu jenis musik yang sesuai untuk tumbuhanyang akan ditanam. Ini disebabkan jenis tanaman yang berbeda akan menyukai jenis musik yang berbeda pula. Disarankan agar tanaman tidak diperdengarkan musik rock karena setiap tanaman memiliki kecenderungan tidak menyukai musik keras yang berfrekuensi sangat tinggi

    6. Menurut Colin Crosbie (2009), seorang pengawas tanaman Royal Horticultural Society (RHS) di Inggris, suara perempuan bisa meningkatkan pertumbuhan tanaman tomat. Gelombang suara yang dihasilkan seorang perempuan bisa memberikan efek pada tanaman, sama seperti curahan sinar matahari.
    Sementara itu, Sarah Darwin, yang merupakan cucu dari pencetus teori evolusi Charles Darwin mengatakan, ia juga pernah melakukan percobaan tersebut dan menemukan bahwa tanamannya juga tumbuh dua inci. Sarah pun juga mengikuti percobaan yang dilakukan RHS kali ini.

    7. Kebisingan dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman secara negatif. Meski tanaman tidak memiliki indra untuk menangkap suara, tapi pasti tanaman dapat merespon adanya getaran. Dan suara menyebabkan udara disekitar tanaman bergetar. Getaran itu, walaupun sedikit, pasti mempengaruhi gerakan karbon dioksida di sekitar tanaman dan mempengaruhi penyerapan karbon dioksida di sekitar daun.

    8. Memperdengarkam "SALUANG" di sawah pada sore hari, adalah sebuah KEARIFAN LOKAL dari nenek moyang kita, mendahului hasil Penelitian di masa modern ini :top:


    Ingat Pepatah : " Tanaman kalau diajak bicara bisa lebih subur atau malah menderita " :)
  • :top: buat sementara penjelasan oom ketua ane rasa cukup.... :blah:

    mungkin ada baiknya ane sampein ini sama temen kedai kopi ane ... soalnya ada juga yang petani tanaman hias untuk dijual, kali aja pemanfaatan suara bisa menambah kualitas tanaman ....

    thank oom... :)
    dengan penjelasan seperti diatas ane persembahkan rep + buat oom dan maaf maksimal cuma bisa kasih 2 :( ...
  • mastermime menulis:
    luar biasa.... :top:

    setuju kang .... emang luar biasa nara sumber kita :)
  • Ketua menulis:

    kasus selanjutnya nih oom... :blah:

    masih dari kedai kopi ... beberapa teman ane ada yang menanam keladi sayur (keladi air) yang ditanam pada lahan sawah sehabis masa menanam padi... beberapa dari mereka gagal arti daun keladi tersebut berwarna kekuningan padahal batang keladi dalam keadaan sehat (tidak ada tanda tanda penyakit / hama)... tentunya keladi berwarna kekuningan berharga murah atau bahkan tidak laku sama sekali :(

    dari percakapan kedai kopi ada yang mengatakan bahwa sebabnya adalah sisa jerami yang tidak dibersihkan yang berada di air tempat keladi ditanam.

    pertanyaannya :

    benarkah ini sebabnya? bagaimana jerami bisa mempengaruhi pertumbuhan keladi? padahal pada tanaman lain jerami malah dimanfaatkan sebagai pupuk alam buat tanaman pengganti
    oh ya ... disini harga keladi mahal lho ... :blah:


  • [size=medium]Jerami padi terdiri dari daun, pelepah daun dan ruas/buku.
    Ketiga unsur ini relatif kuat karena mengandung unsur Silika, Selulosa yang tinggi dan PELAPUKANNYA membutuhkan waktu yang lama, kecuali diberikan perlakuan tertentu yang dapat mempercepat perubahan strukturnya (misalnya : pemberian urea, kapur atau bakteri perombak bahan organik).

    Jerami sebaiknya tidak diberikan ke petak tanaman dalam bentuk segar, tapi sudah dalam bentuk kompos.

    Jerami mengandung Karbon dan Nitrogen dengan rasio C/N yang tinggi, maka sisa yang ada pada lahan sawah menyebabkan N (Nitrogen) tanah terserap ke dalam jaringan jerami sebelum jerami dirombak oleh jasad renik/ mikroba.

    Proses ini menyebabkan kandungan hara N (terdapat dalam pupuk Urea) dalam tanah turun, sehingga berpotensi defisiensi (kekurangan) N.

    Sehingga semakin banyak jerami yang tersisa di tanah sawah, semakin parah tanaman (keladi sayur/ keladi air) kekurangan N (Nitrogen), hal ini ditunjukkan dengan warna daun yang kekuningan.[/size]




  • OK ... berarti benar penyebabnya adalah jerami

    kira kira solusi apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki pertumbuhan keladi ini setelah jerami dibersihkan oom? berhubung tidak memungkinkan lagi menanam yang baru (sialnya nggak ada biaya nih :( )

    bisakah dilakukan pemberian unsur penyeimbang kandungan nitrogen dalam air tersebut? kalau bisa apakah kira kira bahannya

    thank before ... :blah:
  • Susah kalau gak ada biaya, karena harus ada perlakuan extra, yaitu ditambah pupuk urea atau ZA.
    Caranya ke depan, lahan harus dibersihkan dari jerami yang baru agar tidak menyerap kandungan N yang ada dalam tanah.


    Pertanyaannya di atas kok dihapus semua nya ... ?
    Jadi gak nyambung ke bawah .. :D

  • :blah: maksud ati tadi ngilangin quote komen oom yang marahin kite ber tiga (ane , anvil dan mime), karena si oom dah delete komen aslinya jadi ane niat ngapus jejak laennya... ee nggak taunya keapus semua ... :ngakak:

    ok dah buat sekarang cukup dulu nanya nanya nya ... ane mo denger keluh kesah rekan rekan di kedai dulu hehehe

    thank a lot oom
  • nanya nya jangan cukup untuk sementara, kalau bisa cukup untuk selamanya :ngakak:
    capek juga masalahnya .. :)
  • Ketua menulis:
    nanya nya jangan cukup untuk sementara, kalau bisa cukup untuk selamanya :ngakak:
    capek juga masalahnya .. :)

    yaaa... segitunya .....

    iya deh.... ane janji gak bakal nanya lagi :mad:
    kecuali lupa :ngakak:
  • Syukurlah TS nya lupa...gak ada tanya- tanya lagi.. Amaaaaaaaaaaannn :grin:
  • parewa2 menulis:

    yaaa... segitunya .....

    iya deh.... ane janji gak bakal nanya lagi :mad:
    kecuali lupa :ngakak:

    yahhh ..... ingat lagi dah .... jadi nanya nanya lagi dah :ngakak:

    gini kasusnya oom

    temen ane adlah petani pisang, kebetulan beberapa rumpun pisang ini memiliki masalah yaitu ketika buahnya sudah mulai bermunculan, beberapa hari kemudian buah tersebut berwarna coklat terus hitam dan layu.... sedangkan batangnya tetap kokoh (tidak busuk)...

    sebuah kejadian menarik yang tidak disengaja terjadi ketika seorang montir bengkel las membuang ampas karbit ke bagian urat pisang tersebut.... ini menyebabkan batang pisang yang sudah terlanjut tinggi menjadi layu dan mati tapi anak pisang malah menjadi subur dan penyakit yang sebelumnya menggerogoti buah pisang tersebut hilang ...

    lha... kalo yang begini bagaimana penjelasannya oom ....
  • ^
    ^
    ^ Kalau itu sudah banyak orang tau :)

    Karbit atau kalsium karbida adalah senyawa kimia CaC2 bila terkena air atau uap yang mengandung air akan menghasilkan gas asetilin.

    Kimia yang terkandung pada buah namanya etilin, yang terdapat dalam buah adalah zat yang alami.

    Jadi karbit ini bukan hanya untuk mengelas saja tetapi karbit juga bisa untuk buat buah karena kesamaan kandungan zat asetilin.
  • Yang di atas persoalan bukan dari kedai kopi..... gak enak !
    Enak yang dari kedai kopi....
    tambuah kopi ... ciek lay :D
  • wah ternyata masih di monitor nih hehehehe

    Ketua menulis:
    ^
    ^
    ^ Kalau itu sudah banyak orang tau :)

    Karbit atau kalsium karbida adalah senyawa kimia CaC2 bila terkena air atau uap yang mengandung air akan menghasilkan gas asetilin.

    Kimia yang terkandung pada buah namanya etilin, yang terdapat dalam buah adalah zat yang alami.

    Jadi karbit ini bukan hanya untuk mengelas saja tetapi karbit juga bisa untuk buat buah karena kesamaan kandungan zat asetilin.

    ooo gitu toh .... brarti reaksi sampingan dari limbah yang menjadi keuntungan ya oom
    pasan kopi lo oom mah ... meja bara oom? kopi paik, kopi talua atau kopi sakarek oom...? pakai parabuang ndak oom?

    cuti nanya dulu oom sementara.. nunggu aspirasi temen di kedai kopi dulu oom :blah:

  • Halah.... bilang aja lagi cuti di Batam, napa :ngakak:
  • iiihhhhhhhh.... oom ketua tau aja .... jadi malu :shy:
    siapa yang ngasih tau ya :mad: :think:
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori