Contact Us
MERDEKA
DIRGAHAYU Republik INDONESIA - Ayo Kita Tingkatkan Persatuan & Kesatuan Bangsa. Erat Dalam Keragaman Bhinneka Tunggal Ika. Maju Bersama & Tingkatkan Etos Kerja Yang Baik Untuk Indonesia Modern Yang Tetap Berbudaya. MERDEKA!!!

Forum Bebas Indonesia

Lagu Terlarang .... ???

Waktu denger, asyik juga lagu ini. Lagu daerah yang bercerita kehidupan persawahan dan petaninya. Waktu iseng2 ngelantunin ni lagu, eh malah banyak yang ribut bahkan marah ato juga ngewanti2 .... (ga abis pikir deh)

Moga lagu ini udah ga' terlarang lagi, coz yang bener tuh Ideologi nya yang mesti dibasmi, dan diwaspadai...

Oh ya lagu ini juga pernah jadi theme song film GIE
Buat yang tahu kabar status lagu ini, ato yang mo ngasih pendapat....
Silahkan aja dah........


http://rapidshare.com/files/80743032/Lilis_Suryani_-_Genjer_-_Genjer___1962__.mp3.html
«13

Komentar

  • q tahunya pas wktu liat film Gie.. :cool:
  • gw tau nee lagu ap.... :D
    klo g salah judulna..... :rolleyes:
    duhk... kok jadi lupa2 inget seee? :confused:
  • kenapa hrs dilarang larang itu khan cuma propaganda orde baru aja sih
    gitu aja kok repot
  • Mengapa Lagu Genjer-genjer dilarang ?!

    Lagu genjer-genjer adalah lagu daerah dari jawa tengah yang kalo nggak salah pernah dipopulerkan oleh penyanyi Kris Biantoro. Lagu ini dilarang sekitar tahun 1965 setelah meletusnya pemberontakan G 30 S PKI (Gestapu atau gerakan 30 september yang dimotori oleh PKI). Mengapa dilarang ? Karena menurut informasi pada waktu adalah bahwa lagu genjer-genjer ini dinyanyikan oleh GERWANI (Gerakan Wanita Indonesia) pada saat mereka melakukan penyiksaan secara biadab terhadap 7 orang Jenderal (pahlawan revolusi) yang berhasil diculik oleh pemberontak PKI. Penyiksaan itu dilakukan sebelum para jenderal itu dikubur dalam 1 sumur di daerah yang bernama Lobang Buaya di kawan Jakarta Timur. GERWANI adalah salah satu dari antek PKI. Demikian, smga kawan-kawan menjadi maklum.
  • daripada susah-susah ngelarang mendingan dibebasin aja, sebab ide tidak akan pernah mati
  • tul sekali bung solobug, gua denger dolo ah lagunyaa
  • abah_oyoy menulis:
    Mengapa Lagu Genjer-genjer dilarang ?!

    Lagu genjer-genjer adalah lagu daerah dari jawa tengah yang kalo nggak salah pernah dipopulerkan oleh penyanyi Kris Biantoro. Lagu ini dilarang sekitar tahun 1965 setelah meletusnya pemberontakan G 30 S PKI (Gestapu atau gerakan 30 september yang dimotori oleh PKI). Mengapa dilarang ? Karena menurut informasi pada waktu adalah bahwa lagu genjer-genjer ini dinyanyikan oleh GERWANI (Gerakan Wanita Indonesia) pada saat mereka melakukan penyiksaan secara biadab terhadap 7 orang Jenderal (pahlawan revolusi) yang berhasil diculik oleh pemberontak PKI. Penyiksaan itu dilakukan sebelum para jenderal itu dikubur dalam 1 sumur di daerah yang bernama Lobang Buaya di kawan Jakarta Timur. GERWANI adalah salah satu dari antek PKI. Demikian, smga kawan-kawan menjadi maklum.
    sekedar info bah, yang bener ni lagu dari jatim tepatnya banyuwangi, dengerin aja bahasa "Osing"nya, jelas banget kan.Tapi yang pasti lagu ini ada di Indonesia....
    Oh ya tambahan lagi penyanyinya adalah Lilis Suryani bukan Lilis Karlina :grin:
  • dilarang melarang.. walaupun itu yang terlarang....
  • Yang nyanyi juga bukan Bu Lilis bakul rujak lho... :grin:
  • Sejarah...sejarah....apakah benar sejarah kita......SIMPANG SIUR...JADI BINGUNG BRO....
  • Ada yg punya lagunya ELPAMAS - Pak Tua?
    Dulu khan sempat di ban jaman Soeharto
  • bah, gak bisa download, upload di host lain dunk :D
  • abah_oyoy menulis:
    Mengapa Lagu Genjer-genjer dilarang ?!

    Lagu genjer-genjer adalah lagu daerah dari jawa tengah yang kalo nggak salah pernah dipopulerkan oleh penyanyi Kris Biantoro. Lagu ini dilarang sekitar tahun 1965 setelah meletusnya pemberontakan G 30 S PKI (Gestapu atau gerakan 30 september yang dimotori oleh PKI). Mengapa dilarang ? Karena menurut informasi pada waktu adalah bahwa lagu genjer-genjer ini dinyanyikan oleh GERWANI (Gerakan Wanita Indonesia) pada saat mereka melakukan penyiksaan secara biadab terhadap 7 orang Jenderal (pahlawan revolusi) yang berhasil diculik oleh pemberontak PKI. Penyiksaan itu dilakukan sebelum para jenderal itu dikubur dalam 1 sumur di daerah yang bernama Lobang Buaya di kawan Jakarta Timur. GERWANI adalah salah satu dari antek PKI. Demikian, smga kawan-kawan menjadi maklum.
    yang bener dari jawa timur tepatnya banyuwangi spt kata wenk
    Menurut Info lagu ini menceritakan tentang kehidupan petani yang susah dan miskin hingga untuk makan aja susah, sehingga mereka harus makan tumbuhan air genjer yang kemudian jadi judul lagu tersebut pohon genjer banyak dijumpai di pesawahan di daerah tersebut.
    filosofi lagu ini sangat tinggi karena menceritakan kehidupan rakyat miskin yang masa itu serba sulit untuk mencari makan, hanya saja isi lagu ini kemudian diplesetkan oleh GERWANI salah satu Ormas PKI jaman orde lama dulu hingga akhirnya lagu ini dilarang beredar dimasa pemerintahan Suharto, bahkan sampai sekarang pun masih tetap dilarang karena menurut info dari rekan yang tinggal dibanyuwangi banyak musisi banyuwangi ingin merilis ulang lagu ini tapi dilarang oleh Kodim Setempat.
  • gw seh dah pinya lagu tuh malahan sering tak puter pas mau tidur hehehehehe :D
  • Gw Dapet syairnya lagu genjer genjer nih

    Genjer Genjer

    Gendjer-gendjer neng ledokan pating keleler
    Gendjer-gendjer neng ledokan pating keleler
    Emake thole teka-teka mbubuti gendjer
    Emake thole teka-teka mbubuti gendjer
    Oleh satenong mungkur sedot sing tolah-tolih
    Gendjer-gendjer saiki wis digawa mulih.

    Gendjer-gendjer esuk-esuk digawa nang pasar
    Gendjer-gendjer esuk-esuk digawa nang pasar
    didjejer-djejer diunting pada didasar
    dudjejer-djejer diunting pada didasar
    emake djebeng tuku gendjer wadahi etas
    gendjer-gendjer saiki arep diolah.

    Gendjer-gendjer mlebu kendil wedange umob
    Gendjer-gendjer mlebu kendil wedange umob
    setengah mateng dientas digawe iwak
    setengah mateng dientas digawe iwak
    sega sa piring sambel penjel ndok ngamben
    gendjer-gendjer dipangan musuhe sega.

    artinya :

    Genjer2 tumbuh liar di selokan
    Ibu datang mencabut genjer
    Dapat sekarung lebih tanpa ragu
    Genjer sekarang bisa dibawa pulang

    Genjer pagi2 dibawa ke pasar
    Dijajar dan dibeberkan di lantai
    Si Ibu beli genjer ditaruh di tas
    Genjer2 sekarang akan diolah

    Genjer2 dimasukkan ke panci air panas
    Setengah matang ditiriskan untuk lauk
    Nasi sepiring sambal di tempat tidur
    Genjer2 dimakan dengan nasi
  • yang membuat lagu ini dilarang karena syairnya diplesetkan seperti ini

    Jendral Jendral Nyang ibukota pating keleler
    Emake Gerwani, teko teko nyuliki jendral
    Oleh sak truk, mungkir sedot sing toleh-toleh
    Jendral Jendral saiki wes dicekeli

    Jendral Jendral isuk-isuk pada disiksa
    Dijejer ditaleni dan dipelosoro
    Emake Germwani, teko kabeh milu ngersoyo
    Jendral Jendral maju terus dipateni

    Artinya

    Jendral jendral berkeliaran di ibukota
    Ibu ibu Gerwani Dateng untuk Menculik Jendral
    Dapet satu Truk, disedot tanpa ragu
    sekaran Jendral jendralnya udah ketangkep

    Jendral jendral pagi pagi udak disiksa
    Dibariskan, diiket dan disiksa
    Ibu ibu Gerwani dateng untuk menyiksa
    jendral jendral maju trus dibunuh
  • masih lagi lagu yang dilarang, judulnya HATI YANG LUKA.
    " pulangkan saja aku pada ibuku
    atau ayahku..."
    :D
    katanya buat masyarakat cengeng :confused:
  • betul itu bro.... jaman otoriter orde baru memang banyk lagu lagu yang di berendel

    1. Pak Tua (Elpamas)
    2. Genjer-genjer (Lagu daerah)
    3. Hati Yang Luka (Betaria Sonata)
    4. Bento (Iwan Fals)

    Ada Yang bisa nambahin?
  • bushet lagu cina, gak ngerti gue :(
  • syukurlah lagu india gak dilarang :D :D :D
  • kok gak bisa di dwonload sech
  • lagunya sountrack film GIE ya bro????
  • oM Dl lagunya pke link indo aajaa dunks biar cepet Dlnya
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori