Contact Us
MERDEKA
DIRGAHAYU Republik INDONESIA - Ayo Kita Tingkatkan Persatuan & Kesatuan Bangsa. Erat Dalam Keragaman Bhinneka Tunggal Ika. Maju Bersama & Tingkatkan Etos Kerja Yang Baik Untuk Indonesia Modern Yang Tetap Berbudaya. MERDEKA!!!

Forum Bebas Indonesia

Petani Cianjur Terkendala Penyempitan Lahan

[size=medium]Petani Cianjur Terkendala Penyempitan Lahan
20 Juni 2011


1622932.jpg


Cianjur - Para petani di Cianjur kerap dihadapkan pada berbagai kendala yang menghambat tumpuan usaha mereka. Satu di antaranya kendala kepemilikan lahan yang mulai menyempit. Walhasil, skala usaha ekonomi mereka kurang signifikan.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Komisi II DPRD Cianjur, Ibrahim Naswari. Menurut Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Cianjur ini, berbagai kendala tersebut sebetulnya sudah sejak dulu dialami petani. Sayangnya, hingga saat ini belum juga ada solusinya.

"Kendala-kendala memang kerap dialami petani. Sayang, hingga kini belum ada solusinya," kata Ibrahim kepada INILAH.COM, Senin (20/6/2011).

Selain kendala penyempitan lahan, masalah lain yang dihadapi petani di Cianjur ialah sarana produksi dan permodalan. Kemudian harga jual produk hasil panen petani masih mengalami fluktuasi dan sering tidak wajar.

"Yang lebih ironis lagi, setiap kali memasuki waktu panen, harganya selalu mengalami penurunan drastis," katanya.

Karena itu, Ibrahim mengharapkan berbagai program pemerintah untuk membantu memperbaiki kehidupan petani diharapkan bisa tepat sasaran, sesuai dengan kebutuhan usaha tani mereka. Beberapa waktu lalu, pihaknya sempat melakukan dengar pendapat dengan berbagai tokoh yang sudah lama menggeluti usaha di sektor pertanian.

"Hearing bersama dengan para tokoh pertanian melibatkan pula pemerintah dan sektor terkait lainnya. Pihaknya berharap ke depan bisa menjadi masukan bagi semua pihak. Utamanya pemerintah ke depan dalam menentukan kebijakan di sektor pertanian bisa tepat sasaran. Pertemuan dengan petani banyak masukan, apa yang disampaikan sangat berarti untuk evaluasi kebijakan yang sudah berjalan dan permasalahan yang dihadapi petani diharapkan bisa mewarnai kebijakan ke depan," tuturnya.

Salah satu bentuk perhatian pemerintah yang diharapkan sebagai solusi adalah pelestarian beras pandan wangi sebagai ciri khas andalah Kabupaten Cianjur.

"Dalam merumuskan program pertanian juga, diharapkan bisa melibatkan masyarakat petani, termasuk pengawasannya. Selama ini, banyak program yang tidak diawasi," pungkasnya.[/size]

Komentar

  • Penyakit lama pemerintah, bilamana sudah ngasih kebijakan cenderung ngacir dan menganggap persoalan selesai :think:
    Akhirnya yg terjadi bukan solusi,tapi kolusi :(

    Demo aja pak!!
    :oops:
  • Yup.. pembangunan pertanian kita selalu tidak berkelanjutan dan cenderung kalah dengan pembangunan industri yang lain. padahal sejak kecil kita selalu ditanamkan bahwa kita adalah bangsa agraris dan bangsa maritim, bangsa yang sangat bergantung dengan pelestarian alam sebagai kelanjutan hidup. namun kenyataannya bukan demikian. dana tetap mengalir ke perkotaan yang notabene bukan masyarakat petani. Tanah2 di pedesaan mulai habis untuk pembangunan fisik. konversi lahan besar2an dari sawah, tegal, kebun menjadi perumaan, mall, dll. itulah ironisnya... dari segi perbankan pun gak jauh beda. BNI 46 dulu nama aslinya adalah Bank Tani dan Nelayan. namun sekarang..?? boro2 masuk desa atau kasih bantuan kredit petani, BNI lebih suka tebar kartu kredit yang notabene konsumsi orang menengah atas perkotaan. Petani indonesia tinggal menunggu mati aja. Indonesia bangsa agraris cuma mitos belaka.
  • emang payah pemerintah.. sekarang persawahan banyak yang dijasiin pemukiman./ Perumnas anehnya lagi perijinannya begitu gampang.. payah barusan ane baru lewat di daerah tasikmalaya dulu pas kesana di pinggir jalan itu banyak persawahan tapi tadi waduh udah gak ada banayak perumnas. ada juga sawah nyempil dikit.. emang pemerintah ini gak jelas maunya apa di sisi lain pengen petani sejahtera.. swasembada beras tapi kenyataannya lahan pertanian secara tidak langsung mereka juga yang ngilangin..
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori