Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

4.000 Ha Sawah di Indramayu Terancam Gagal Panen

[size=medium]4.000 Ha Sawah di Indramayu Terancam Gagal Panen


1615162.jpg


Indramayu - Sekitar 4.000 hektare sawah di delapan desa di Kecamatan Kandanghaur Indramayu terancam puso atau gagal panen pada musim tanam tahun ini.

Hal tersebut disebabkan masuknya air laut ke areal persawahan melalui irigasi. Padahal tanaman padi dipastikan akan mati jika air sawah bercampur dengan air laut.

Delapan desa yang terancam tersebut, yakni Desa Ilir Bulak, Parean Girang, Wirapanjunan, Curug, Wirakanan, Soge, dan Desa Pranti. Kerugian akibat puso diperkirakan bisa mencapai Rp53 miliar.

Sebagai langkah antisipasi, warga dan pemerintah setempat sudah membuat bendungan darurat agar air laut tidak masuk area pertanian. Upaya lain, petani membuat saluran air baru dari Waduk Darma agar mampu mengairi area pertanian.

Camat Kandanghaur Ahmad Budiarto mengatakan, pembuatan bendungan darurat tersebut dibiayai secara swadaya oleh masyarakat.
"Kami sudah berusaha semaksimal mungkin bersama masyarakat setempat, dengan membangun bendungan darurat. Warga sebenarnya sudah pernah mengajukan bendungan karet kepada Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung sejak 2008 tapi belum ada realisasi," ujarnya[/size]

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori