Contact Us

Hama Ulat Raksasa

[size=medium]Diteliti, Hama Ulat Raksasa
28/05/2011 17:22

110528culatbulu.jpg

Liputan6.com, Gunung Kidul: Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Gunung Kidul dan Universitas Gajah Mada tengah meneliti jenis ulat bulu yang menyerang Dusun Sambeng, Desa Sambirejo, Ngawe, Gunung Kidul, Yogyakarta, Sabtu (28/5). Penelitian itu diharapkan bisa menghasilkan resep jitu, untuk membasmi hama ulat bulu raksasa yang mulai merambat ke rumah-rumah warga.

"Warga tak perlu khawatir, karena ulat bulu raksasa itu tidak membahayakan manusia. Jenis ulat bulu itu juga tidak menimbulkan rasa gatal apabila terkena bulunya," kata Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Gunung Kidul Ani Indarwati.

Sementara ini, warga disarankan membasminya dengan cara sederhana, yakni dengan membakar. Pasalnya, semprotan disinfektan dan pestisida tidak lagi efektif. Dinas itu juga berjanji akan memberi bantuan benih dan obat kepada petani, untuk mengganti tanaman yang mati akibat diserang hama ulat bulu.[/size]

Komentar

  • [size=medium]Ulat Bulu Raksasa Mulai Menyerang Rumah Warga
    Arif Fuad Hidayah
    28/05/2011 11:59


    110528bulatbulu.jpg


    Liputan6.com, Gunung Kidul: Hama ulat bulu raksasa di Dusun Sambeng, Desa Sambirejo, Ngawe, Gunung Kidul, Yogyakarta, mulai masuk ke rumah warga. Pantauan Liputan 6 SCTV, Sabtu (28/5), ribuan ulat bulu raksasa terlihat di tembok rumah warga. Bahkan, ulat bulu sudah masuk ke kamar serta ruangan di dalam rumah warga.

    Menurut warga, serangan ulat bulu raksasa ini sudah terjadi sejak dua hari terakhir. Awalnya, ulat bulu hanya menyerang pohon jambu mete. Namun, kini ulat bulu juga memasuki rumah warga.

    Sebenarnya, warga sudah melakukan langkah-langkah guna mengurangi serangan ulat bulu. Di antaranya dengan membersihkan dan menyapu ulat bulu itu. Setelah terkumpul banyak, ulat bulu dibakar. Namun, upaya tersebut ternyata belum berhasil mencegah penyebaran ulat bulu. Bahkan, jumlahnya kian banyak.

    Warga juga sudah meminta kepada dinas terkait untuk melakukan langkah-langkah pencegahan. Namun, sampai sekarang belum ada tanggapan.

    Sebelumnya, serangan ulat bulu menghancurkan puluhan hektare pohon jambu mete di Kecamatan Semanu, Gunung Kidul. Petani mengaku rugi hingga jutaan rupiah akibat serangan hama ini.[/size]
  • 110527terk2ulatbulu.jpg

    Ulat bulu yang menyerang ukurannya lebih besar dari ulat bulu biasanya. warga menyebutnya ulat bulu raksasa.

    Serangan ulat bulu merusak lahan pertanian dan perkebunan, seperti pohon jambu mete. Semua usaha telah dilakukan. Namun, petani jambu mete hanya bisa pasrah karena populasi ulat bulu berkembang dengan sangat cepat.

  • Wah-wah ... ulat bulu yang kemarin juga belum lama reda serangannya ... ini udah dateng lagi ...

    Mungkin karena pemangsa alami nya ( burung ) sudah berkurang jumlahnya, makanya si ulat jadi merebak banyak ...
  • Ekosistemnya sudah ga seimbang .... jadilah seperti ini ....
    besok apa lagi ya ..... tikus - sudah - kupu2 sudah - walangkeke sudah - :wait:
  • tokek69 menulis:
    Wah-wah ... ulat bulu yang kemarin juga belum lama reda serangannya ... ini udah dateng lagi ...

    Mungkin karena pemangsa alami nya ( burung ) sudah berkurang jumlahnya, makanya si ulat jadi merebak banyak ...


    andre_a menulis:
    Ekologinya sudah ga seimbang .... jadilah seperti ini ....
    besok apa lagi ya ..... tikus - sudah - kupu2 sudah - walangkeke sudah - :wait:


    Telah terjadi ketidakseimbangan alam dalam ekosistem, daya dukung dan daya tampung terhadap apa pun itu sdh diatas ambang...
    Mungkin ilmiahnya gitu...
    Tapi yang jelas dalam bahasa iman, Tuhan murka dengan perilaku manusia, yang telah membuat kerusakan di muka bumi ini :)
  • Ulat bulu ini nggak bakalan bikin gatal yaa.. :think:
    Aneh banget :confused:
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori