Contact Us

Jenis Jenis Vokal dalam suara


Suara dihasilkan dari getaran pita suara ketika manusia berbicara atau mengeluarkan suara. Kemampuan getaran suara tersebut berbeda-beda. Beberapa orang mungkin memiliki kemampuan menggetarkan pita suara sehingga dihasilan nada suara rendah dan dalam. Sebagain yang lain mungkin saja memiliki suara tinggi. Kemampuan tersebut, harus dipahami benar oleh seorang penyanyi. Jangan sampai, nada lagu yang akan dinyanyikan melebihi atau kurang dari kemampuan asli si penyanyi tersebut.

Pembagian jenis suara/jenis vokal penting untuk diketahui. Pembagian jenis suara untuk wanita adalah suara sopran untuk suara tinggi, suara mezzo-sopran untuk suara sedang, dan suara alto untuk jenis suara renda. Sementara itu, pembagian jenis suara pria adalah suara tenor untuk jenis suara tinggi, suara bariton untuk jenis suara sedang, dan suara bass untuk jenis suara rendah. Perpaduan jenis-jenis suara tersebut dapat menghasilkan suara yang indah.

Sopran

Sopran adalah jenis suara wanita berambitus tinggi yakni di antara nada C1 sampai C3. Dengan melakukan latihan rutin, tingkat ambitus tersebut dapat ditingkatkan. Dalam pementasan, umumnya jenis suara sopran lebih banyak divariasikan tergantung lagu dan jenis pementasan yang akan ditampilkan.

Soprano dramatik digunakan ketika suara yang dihasilkan sangat ekspresif dan bertenaga. Sementara itu, soprano lirik digunakan ketika suara ringan dan manis harus dihasilkan. Suara dengan ambitus cukup tinggi yang dinyanyikan dengan tangkas dapat menghasilkan soprano pewarna.

Alto

Dalam paduan suara, alto dikenal juga dengan istilah contralto. Jenis suara ini memiliki tingkat ambitus wanita paling rendah yakni nada f sampai d2. Dalam paduan suara, penyanyi bersuara alto umumnya ditempatkan pada suara kedua yakni suara kedua tertinggi dalam kelompok. Suara alto perempuan ini hampir sama dengan suara laki-laki dengan ambitus tertentu yang dikenal dengan istilah counter tenor.

Ciri suara alto lainnya adalah jenis suara ini harus dinyanyikan rendah, berat, dan dalam. Sementara itu, sebagian ahli yang lain berpendapat, suara alto harus dinyanyikan dengan berwibawa. Oleh karena itu, pada umumnya penyanyi yang memiliki jenis suara alto umumnya memerankan lakon ratu dalam pementasan opera. Dengan karakteristik suara yang dimiliki, peran ratu tersebut terkesan berwibawa.

Tenor

Sama halnya seperti suara sopran, suara tenor merupakan jenis suara dengan ambitus tertinggi di kelasnya yakni suara pria. Umumnya, suara tenor terletak satu oktaf lebih rendah dibandingkan suara sopran. Namun demikian, kunci G digunakan pada kedua jenis suara tersebut. Rentang ambitus yang mampu dicapai oleh penyanyi tenor adalah B Besar sampai g1. Suara tenor memiliki karakteristik bertenaga dan jantan.

Bass

Kebalikan dari jenis suara tenor adalah bass. Bass memiliki ambitus terendah pada suara pria. Umumnya rentang ambitus suara bass adalah E besar dan c1. Jenis-jenis suara bass adalah bass profondo, bass cantante, bass buffo, dan bass baritone.

Bass profondo adalah bass paling dalam dengan ambitus paling rendah namun bertenaga. Bass cantante adalah bass dengan karakterisik ringan dan manis dan memiliki level sedang. Bass buffo adalah bass dengan karakteristik tangkas cocok untuk opera komik. Bass baritone adalah suara kuat dan batas atas dari ambitus bass.

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori