Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Sistim Pneumatic

[align=center][size=large]SISTEM PNEUMATIC:cool:[/size][/align]

[align=justify][size=medium]Pneumatik berasal dari bahasa Yunani yang berarti udara atau angin. Semua sistem yang menggunakan tenaga yang disimpan dalam bentuk udara yang dimampatkan untuk menghasilkan suatu kerja disebut dengan sistem Pneumatik. Dalam penerapannya, sistem pneumatic banyak digunakan sebagai sistem automasi.

Penggunaan sistem pneumatik antara lain sebagai berikut :
1. Rem
2. Buka dan tutup pintu
3. Pelepas dan penarik roda - roda pendarat pesawat.

Kelebihan sistem pneumatik antara lain :
1. Fluida kerja mudah didapat ditransfer
2. Dapat disimpan dengan baik
3. Penurunan tekanan relatif lebih kecil dibandingkan dengan sistem hidrolik
4. Viskositas fluida yang lebih kecil sehingga gesekan dapat diabaikan
5. Aman terhadap kebakaran

Sedangkan kekurangan dari sistem pneumatik antara lain:
1. Gangguan suara yang bising
2. Gaya yang ditransfer terbatas
3. Dapat terjadi pengembunan

Basic Pneumatic Diagram :
pneumaticdiagram.jpg


Komponen sistem pneumatic
1. Kompresor
Kompresor digunakan untuk menghisap udara di atmosfer dan menyimpannya kedalam tangki penampung atau receiver. Kondisi udara dalam atmosfer dipengaruhi oleh suhu dan tekanan.
2.Oil dan Water Trap
Fungsi dari Oil and Water Trap adalah sebagai pemisah oli dan air dari udara yang masuk dari kompresor. Jumlah air persentasenya sangat kecil dalam udara yang masuk kedalam sistem Pneumatik, tetapi dapat menjadi penyebab serius dari tidak berfungsinya sistem.
3.Dehydrator
Fungsi unit ini adalah sebagai pemisah kimia untuk memisahkan sisa uap lembab yang mana boleh jadi tertinggal waktu udara melewati unit Oil and Water Trap.
4.Air Filter
Setelah udara yang dikompresi melewati unit Oil and Water Trap dan unit Dehydrator, akhirnya udara yang dikompresi akan melewati Filter untuk memisahkan udara dari kemungkinan adanya debu dan kotoran yang mana munkin tedapat dalam udara.
5.Pressure Regulator
Sistem tekanan udara siap masuk pada tekanan tinggi menambah tekanan pada bilik dan mendesak beban pada piston.
6.Restrictors
Restrictor adalah tipe dari pengontrol klep yang digunakan dalam sistem Pneumatik, Restrictor yang biasa digunakan ada dua (2) tipe, yaitu tipe Orifice dan Variable Restrictor.
[/size][/align]

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori