Contact Us

Konfigurasi nat router xp dipadukan dengan squid

Ada yang pernah nyoba nggak, ROUTER NAT pada windows xp digabung dengan SQUID WEB PROXY...
Nah, disini saya akan coba bagi ilmu dikit waalu masih newbie...

:peace::peace::peace::peace::peace:

Pertama kita konfigurasi dulu NAT ROUTER, kebetulan saya pake windows xp sp2.

1. PC Server harus 2 NIC yach ( 1 modem, 1 lagi LAN )
2. Hilangin ceklist pada setting untuk internet connection sharing ( klik kanan lancard modem,pilih tab advance ( cari aja disitu ...PEACE )

3. Matikan services ICS dan Windows firewall pada services.msc
4. Buka regedit - HKLM - system -currentcontrollset-services-tcpip-parameter
...cari yang namanya IP ENABLE ROUTING,double klik dan ubah nilainya jadi 1...RESTART KOMPUTER

Selanjutnya kita akan konfigurasikan NAT ROUTING dengan CMD

buka command promt, ketikkan :
1. netsh routing ip nat install
2. netsh routing ip nat add interface name="INTERNET" mode=FULL
( dengan asumsi LAN CARD modem namanya INTERNET )
3. netsh routing ip nat add interface name="LAN" mode=PRIVATE
( dengan asumsi LAN CARD untuk ke CLIENT namanya LAN )

Setelah itu kita ubah IPv4 pada kedua LAN Card.

Lan Card Modem :

IP : 192.168.1.2
SM : 255.255.255.0
GW : 192.168.1.1

Lan Card HUB

IP : ( IP Global dari ISP anda ) misal : 125.162.xxx.xxx
SM : 255.255.255.0
GW : Dikosongkan

Untuk DNS sesuaikan dengan kota anda.
Klo saya makai 203.130.193.74 dan 202.134.0.155

Untuk di komputer Client :

Client 1 :

IP : 125.162.xxx.1
SM : 255.255.255.0
GW : ( IP Global dari ISP anda ) misal : 125.162.xxx.xxx

IP : 125.162.xxx.2
SM : 255.255.255.0
GW : ( IP Global dari ISP anda ) misal : 125.162.xxx.xxx

Bgtu seterusnya untuk klient berikutnya.

Sekarang kita padukan dengan SQUID WEB PROXY

Sebelumnya download dulu installer SQUID terbaru yang ada feature ELAY POOL nya yach, biar bisa dimanage bandwidth nya.

http://squid.acmeconsulting.it/download/squid-2.7.STABLE8-bin-DELAYP.zip

Setelah kita dapatkan installer squid, selanjutnya extract ke drive D. Setelah diextract, buka folder C:\Squid\etc, disana kita akan menjumpai 4 file yang berhubungan dengan konfigurasi squid. Ganti nama ( rename ) file-file berikut :
1. Cachemgr.conf.default menjadi Cachemgr.conf
2. Mime.conf.default menjadi Mime.conf
3. Squid.conf.default menjadi Squid.conf

Atau dari pada susah2 editnya, download aja yah squid yang dah saya edit dikit lengkap dengan pembagian bandwidh dan block website serta block keywordnya.

[url]http://dc204.4*shared.com/download/bfShZQ5L/Squid.rar?tsid=20110112-070519-29c454e2[/url]

Cara Intall :

1. squid -z -f d:\squid\etc\squid.conf
2. squid -d 1 -D -f d:\squid\etc\squid.conf ( tekan ctrl+c, untuk mengakhiri )
3. squid -O -D -f d:\squid\etc\squid.conf
4. squid -i -f d:\squid\etc\squid.conf

Terakhir, jalankan services squid melalui services.msc

Dan setting di browser pengaturan proxynya di set ke 127.0.0.1 dan port 3128 untuk komputer server. Dan untuk klient IP nya masukkan IP komputer server bukan IP localhost dan portnya 3128.

SEMOGA BERMANFAAT...KLO ADA YANG KURANG SILAHKAN TAMBAHIN...

Klo ingin squid nya transparent, install softperfect bandwidth manager.
Tutorial selanjutnya di thread berikutnya aj yah...PEACE...:peace::peace::peace:

Komentar

  • Buat apa 2 LAN Card bukannya client langsung ambil dari switch HUB :think:

    mungkin yang anda maksud adalah kompi xp nya di jadikan squid proxy server ya :d


    [size=medium]Line Telepon --> MODEM <-- ( LAN 1 - ( CPU XP + Squid ) - LAN 2 ) --> Switch HUB --> Client [/size]

    apakah nanti tidak memberatkan kalau pake windows XP :think:
    Karena saya pernah pakai dengan windows xp tidak berjalan mulus :think:
  • :think: ini setingan awal squid stable ya?

    seting routing table dan broadcast bagaimana?

    @ndan anvhill: saya rasa tidak akan memberatkan kepada windows kalau beberapa service internal windows dimatikan dan digantikan oleh service squid :blah:
  • parewa menulis:
    :think: ini setingan awal squid stable ya?

    seting routing table dan broadcast bagaimana?

    @ndan anvhill: saya rasa tidak akan memberatkan kepada windows kalau beberapa service internal windows dimatikan dan digantikan oleh service squid :blah:

    apa mungkin :think:
    mengingat windows xp + squid ini di share dengan beberapa client di bawahnya :think:
    terlalu banyak service.msc pada windows yang sebenarnya tidak di perlukan untuk akses jaringan LAN yang akibatnya memperlambat transit data
    lain halnya dengan penggunaan mikrotik, freeBSD, atau super proxy yang non GUI :)
  • koq GW nya pakai : " ( IP Global dari ISP anda ) misal : 125.162.xxx.xxx "
    kalau cuma dpt Ip dynamic gmn :confused:
    sory newbi banget masalah gituan
  • ANVHIL menulis:

    apa mungkin :think:
    mengingat windows xp + squid ini di share dengan beberapa client di bawahnya :think:
    terlalu banyak service.msc pada windows yang sebenarnya tidak di perlukan untuk akses jaringan LAN yang akibatnya memperlambat transit data
    lain halnya dengan penggunaan mikrotik, freeBSD, atau super proxy yang non GUI :)

    ya... kalau di dibandingkan dengan aplikasi server seperti freeBSD jelas nggak seimbang... seandainya squid yang digunakan tanpa ada aturan caching ke partisi tertentu dan swaping memory mungkin akan terasa berat. mematikan semua fungsi remote service pada services.msc mungkin bisa membantu memperingan kerja squid.

    yang pernah saya coba adalah menggunakan squid pada windows XP SP2 pada 12 client. caching pada 2 partisi HDD server dan aturan redirect routing. ternyata semua aman2 saja... kelemahannya waktu itu ketika partisi cache penuh dan harus di bersihkan semua harus kembali ke awal. :sad:
    TS mana nih... :mad:
  • waw, ada pakar jaringan nih....
    parewa menulis:
    ya... kalau di dibandingkan dengan aplikasi server seperti freeBSD jelas nggak seimbang... seandainya squid yang digunakan tanpa ada aturan caching ke partisi tertentu dan swaping memory mungkin akan terasa berat. mematikan semua fungsi remote service pada services.msc mungkin bisa membantu memperingan kerja squid.

    yang pernah saya coba adalah menggunakan squid pada windows XP SP2 pada 12 client. caching pada 2 partisi HDD server dan aturan redirect routing. ternyata semua aman2 saja... kelemahannya waktu itu ketika partisi cache penuh dan harus di bersihkan semua harus kembali ke awal. :sad:
    TS mana nih... :mad:

    TS lagi ketakutan, gk bisa jawab dia ndan.... :mad:
  • OK...OK...semua masukan saya terima dan kritikan saya terima...)
    yang saya bahas disini PERCOBAAN PADA WINDOWS XP yang dijadikan NAT ROUTER

    semua konfigurasi diatasi saya coba untuk warnet 10 client, dan alhamdulillah lancar2 aj, setidaknya untuk akses client bisa mencapai sekitar 50 % HIT terhadap cache proxy.

    selama saya mencoba ini kayaknya tidak memberatkan pada windows xp, karena saya mencoba untuk meminimalkan proses dan services pada windows, dan tidak memberatkan komputer server dengan GAMES atau FACEBOOK an atau apalah namanya, ya diusahain cuma SQUID dan Billing aja yang beraktifitas...:) ...
    Dan untuk share internet, disini saya tidak memakai ICS. Saya nyoba konfigurasikan sebagai NAT ROUTER agar lebih fleksibel dalam me-manage bandwidth karena dipadu dengan REDIRECT PORT terhadap SQUID.

    Untuk gateway client, kenapa memakai IP PUBLIC MODEM...?
    karena si komputer billing dijadikan NAT ROUTER dengan memanfaatkan fasilitas built-in XP, dan IP lokalnya adalah IP GLOBAL dari ISP, karena selama saya nyoba dengan itulah client bisa konek.Lain halnya dengan ICS, IP server otomatis di set jadi 192.168.0.1...dan kelanjutannya untuk client.

    ROUTING TABLE :

    TCP IP Configuration --->Internet Connection Sharing ---> JGN DICONTRENG
    Services.msc ---> Windows Firewall/ICS ---> DISABLE
    Regedit ---> HKLM ---> SYSTEM ---> CurrentControlSet ---> Services ---> TCPIP ---> Parameters ---> IPEnableRouting diset jadi "1"....RESTART COMPUTER

    Buka CMD : ketikkan...
    netsh routing ip nat uninstall untuk memastikan services routing tidak jalan

    ketikkan lagi :
    netsh routing ip nat install
    netsh routing ip nat add interface name="INTERNET" mode=FULL
    netsh routing ip nat add interface name="LAN" mode=PRIVATE

    Persistent Route :
    route add -p IP Destination MASK Gateway

    contoh: route add -p 192.168.0.0 MASK 255.255.255.0 192.168.1.1

    Semua konfigurasi diatas saya coba lantaran ngk ada budget buat beli router atau CPU bekas tuk dijadikan stand alone server...:D:D:D..lagi kere ndaaaaannn...

    Makasih kritikan nya ndan-ndan semua...:):)
  • Rajo Mudo menulis:
    Untuk gateway client, kenapa memakai IP PUBLIC MODEM...?
    karena si komputer billing dijadikan NAT ROUTER dengan memanfaatkan fasilitas built-in XP, dan IP lokalnya adalah IP GLOBAL dari ISP, karena selama saya nyoba dengan itulah client bisa konek.Lain halnya dengan ICS, IP server otomatis di set jadi 192.168.0.1...dan kelanjutannya untuk client.

    [php]
    Lan Card Modem :

    IP : 192.168.1.2
    SM : 255.255.255.0
    GW : 192.168.1.1

    Lan Card HUB

    IP : ( IP Global dari ISP anda ) misal : 125.162.xxx.xxx
    SM : 255.255.255.0
    GW : Dikosongkan

    Untuk DNS sesuaikan dengan kota anda.
    Klo saya makai 203.130.193.74 dan 202.134.0.155

    Untuk di komputer Client :

    Client 1 :

    IP : 125.162.xxx.1
    SM : 255.255.255.0
    GW : ( IP Global dari ISP anda ) misal : 125.162.xxx.xxx

    IP : 125.162.xxx.2
    SM : 255.255.255.0
    GW : ( IP Global dari ISP anda ) misal : 125.162.xxx.xxx[/php]

    dari penggunaan IP public (IP Global yang anda bilang) ketika terjadi perubahan bagaimana, misalkan mati lampu
    karena otomatis IP Public akan berubah karena sifatnya yang dinamic (Default ISP)

    berarti nanti akan ada perubahan di semua client dong :d

    maaf banyak tanya maklum :newbie:
  • nice info ndan :top:

    btw fungsinya buat apa yaa :think::think::think:
  • kalo setinggan buat win7 gmana?
    sama ga :newbie:
  • Ndan anvill, selama saya buka warnet IP GLOBAL saya itu-itu aja ampe sekarang.
    Gimana tuh...???

    WINDOWS 7 ngk sah dijadikan server lah...trauma saya...pokoknya mintak ampun lah...

    iiii....ngeriiiiii klo windows 7 jadi server...iiiii.....:D:D:D
  • Rajo Mudo menulis:
    Ndan anvill, selama saya buka warnet IP GLOBAL saya itu-itu aja ampe sekarang.
    Gimana tuh...???

    WINDOWS 7 ngk sah dijadikan server lah...trauma saya...pokoknya mintak ampun lah...

    iiii....ngeriiiiii klo windows 7 jadi server...iiiii.....:D:D:D

    Okelah kalau memang begitu :)

    diantara beberapa member banyak juga yang menggunakan usb modem, apakah setingan tersebut juga berlaku untuk yang menggunakan USB modem ;)

    kemudian bagaimanakah caranya :wait:
  • Rajo Mudo menulis:
    Ndan anvill, selama saya buka warnet IP GLOBAL saya itu-itu aja ampe sekarang.
    Gimana tuh...???

    WINDOWS 7 ngk sah dijadikan server lah...trauma saya...pokoknya mintak ampun lah...

    iiii....ngeriiiiii klo windows 7 jadi server...iiiii.....:D:D:D

    win 7 cuma bagus kalo di pakai untuk pemakain personal aja.... kalo untuk server (selain win server) memang lebih mantab win xp..... kami menggunakan win xp untuk proxy squid di kantor..... memang berjalan baik & tidak ada masalah..... tapi................... jangan sekali kali menggunakan win xp untuk NAT jaringan......... dijamin lemot...... biar seberapa banyak & cepat ram & proc komputer nya nggak akan ngaruh... kalo nat mending pakai mikrotik aja, dari mikrotik baru di arahkan ke squid
  • ndan anvhill, klo menurut saya sih itu sama saja,soalnya tujuan dan sasarannya kan sama,cuma beda jalurnya doank
    logisnya, kalau ada kabel UTP buat apa pake kabel USB modemnya...
    usb modem menurut ndan anvhill disini apa usb modem wireless atau modem yang pake koneksi lewat usb...???

    dua-duanya saya ndiri lom pernah nyoba,logikanya sama saja klo menurut saya...

  • ...:peace::peace::peace:Dan buat ndan DAYAKMAN, saya sepaham kalo windows 7 cocoknya hanya buat pemakaian personal...
    dan soal konfigurasinya, saya dah nyoba bermacam-macam konfigurasi pada windows xp, mulai dengan topologi yang semuanya terhubung ke HUB, dan windows xp dengan 2 lan card dengan ICS nya, dan setting bridge pada modem dengan DIAL UP dari komputer server sampai dengan kongurasi NAT dengan routing table dan broadcastnya...soal koneksi sayang tidak menjumpai masalah
    Yang jadi masalah bagi saya klo modem saya set jadi bridge, dan dial up nya dari komputer server, dah disetting untuk automatic dial meskipun komputer direstart, semua klient konek dan lancar koneksinya.
    tapi pas saya redirect ke port squid, yang konek kok cuma komputer server doank,klient nya malah ngk konek...
    kira-2 permasalahannya dimana ya...???...:stress::stress::stress:

    Mohon pencerahannya yah bagi yang paham permasalahan ini...:thanks::thanks::thanks:

  • Rajo Mudo menulis:
    ...:peace::peace::peace:Dan buat ndan DAYAKMAN, saya sepaham kalo windows 7 cocoknya hanya buat pemakaian personal...
    dan soal konfigurasinya, saya dah nyoba bermacam-macam konfigurasi pada windows xp, mulai dengan topologi yang semuanya terhubung ke HUB, dan windows xp dengan 2 lan card dengan ICS nya, dan setting bridge pada modem dengan DIAL UP dari komputer server sampai dengan kongurasi NAT dengan routing table dan broadcastnya...soal koneksi sayang tidak menjumpai masalah
    Yang jadi masalah bagi saya klo modem saya set jadi bridge, dan dial up nya dari komputer server, dah disetting untuk automatic dial meskipun komputer direstart, semua klient konek dan lancar koneksinya.
    tapi pas saya redirect ke port squid, yang konek kok cuma komputer server doank,klient nya malah ngk konek...
    kira-2 permasalahannya dimana ya...???...:stress::stress::stress:

    Mohon pencerahannya yah bagi yang paham permasalahan ini...:thanks::thanks::thanks:


    briging ya :think:

    bukannya tipe ini diperuntukan untuk setingan proxy non gui
    untuk penggunan briging biasanya ip address, gateway dan dns diatur sama proxy
    dan pada setingan ip lancard menyesuaikan dengan proxy nya (bukan ip global)

    Briging : setiap kali modem kehilangan daya (disconect) maka akan berubah IP public nya

    [php]IP Public : 114.83.76.xx
    IP LAN : kosong (setingan berada pada proxy)
    SM : kosong (setingan berada pada proxy)
    Geteway : Kosong (setingan berada pada proxy)

    untuk kompi klien biasanya pengaturan tersebut diambil dari setingan proxy

    Proxy
    IP LAN 192.168.1.5
    SM : 255.255.255.0
    Geteway : 192.168.1.5

    Setingan IP Client
    IP 192.168.1.6 dst.
    SM : 255.255.255.0
    Gateway : 192.168.1.5[/php]

    jadi apabila setingan tersebut di kombinasikan dengan squid yang memakai gateway ip global ya sama saja gak akan konek :blah:
  • :think::think::think:...Hmmm...
    detailnya gini...(konfigurasi dibawah ini semua klient bisa konek, tapi tanpa proxy)

    PC Server dengan 2 lan card, dan modem diset bridge mode
    dial up pppoe dari PC Server dan IP nya : 125.162.xxx.xxx

    Lan card untuk modem IPnya : 192.168.1.11
    SM : 255.255.255.0
    GW : 192.168.1.10

    Lan card ke HUB IP nya : 192.168.0.1 ( IP diset otomatis karena dial up pppoe disharing dengan ICS )
    SM : 255.255.255.0
    GW : dikosongkan


    dan klient 1 IP : 192.168.0.2
    SM : 255.255.255.0
    GW : 192.168.0.1

    ...begitu seterusnya untuk klient lainnya....

    Nah, disini squid dah terinstall.dan firefox pada PC server saya set proxy servernya dengan IP public ( 125.162.xxx.xxx ), dan proxy servernya ke detect setelah saya test, semua klient tetap konek ( tapi tidak pake proxy ) dan bagus koneksinya.

    Tapi...:think::think::think:...

    berhubung SQUID NT lom support redirect, maka saya pakai softperfect manager untuk meredirect semua akses internet ( biar transparent proxynya...):D:D:D , terutama port 80 ke port squid....
    eeeehhhh....:cry::cry::cry: klient nya kok mlah jadi nggak konek, PC Servernya tetap konek.

    dan saya coba set manual setting proxy pada klient...
    pertama : saya coba masukin IP public denga port squid ( seperti konfigurasi proxy pada firefox di PC Server )
    .....:stress::stress::stress:....tetap nggak konek barangnya...:stress::stress::stress:

    kedua : saya coba masukin IP lan card private 192.168.0.1 ( IP tempat squid terinstall )....
    .......masih tidak koneeeeeeeeeeekkkkkkkkkkkkkkk...........

    SIALAAAANNNNNNNNNNNNNNNNNN...:stress::stress:
    :cry::cry:

    :please:............ :newbie::newbie:
  • Rajo Mudo menulis:
    :think::think::think:...Hmmm...
    detailnya gini...(konfigurasi dibawah ini semua klient bisa konek, tapi tanpa proxy)

    PC Server dengan 2 lan card, dan modem diset bridge mode
    dial up pppoe dari PC Server dan IP nya : 125.162.xxx.xxx

    Lan card untuk modem IPnya : 192.168.1.11
    SM : 255.255.255.0
    GW : 192.168.1.10

    Lan card ke HUB IP nya : 192.168.0.1 ( IP diset otomatis karena dial up pppoe disharing dengan ICS )
    SM : 255.255.255.0
    GW : dikosongkan


    dan klient 1 IP : 192.168.0.2
    SM : 255.255.255.0
    GW : 192.168.0.1

    ...begitu seterusnya untuk klient lainnya....

    Nah, disini squid dah terinstall.dan firefox pada PC server saya set proxy servernya dengan IP public ( 125.162.xxx.xxx ), dan proxy servernya ke detect setelah saya test, semua klient tetap konek ( tapi tidak pake proxy ) dan bagus koneksinya.

    Tapi...:think::think::think:...

    berhubung SQUID NT lom support redirect, maka saya pakai softperfect manager untuk meredirect semua akses internet ( biar transparent proxynya...):D:D:D , terutama port 80 ke port squid....
    eeeehhhh....:cry::cry::cry: klient nya kok mlah jadi nggak konek, PC Servernya tetap konek.

    dan saya coba set manual setting proxy pada klient...
    pertama : saya coba masukin IP public denga port squid ( seperti konfigurasi proxy pada firefox di PC Server )
    .....:stress::stress::stress:....tetap nggak konek barangnya...:stress::stress::stress:

    kedua : saya coba masukin IP lan card private 192.168.0.1 ( IP tempat squid terinstall )....
    .......masih tidak koneeeeeeeeeeekkkkkkkkkkkkkkk...........
    :cry::cry:

    :please:............ :newbie::newbie:

    kok jadi ribet gitu ndan :d

    udah pake mikrotik atau Router OS lain aja yang non GUI :blah:
    Server (proxy non squid)
    Cukup P3 866 Hdd 20 GB RAM agak Besar 512 MB
  • :think::think:...ini bukan soal ribet atau nggk ribetnya ndan...tapi ilmunya.
    saya yakin, semestinya dia bisa konek. tapi saya nggak tau nyangkutnya dimana...:stress::stress:
    Mikrotik dah dicoba dulu, tapi pc nya dipake buat dijadiin klient warnet lagi...
    soalnya proxynya mikrotik cupu bngt gitu lhoo...:bad::bad:

    :blah::blah:...sorry...bukannya ngeledek, klo soal proxy emang lebih mantap squid lah...( kata orang-orang pinter siih..)

    :newbie::newbie:
  • Rajo Mudo menulis:
    :think::think:...ini bukan soal ribet atau nggk ribetnya ndan...tapi ilmunya.
    saya yakin, semestinya dia bisa konek. tapi saya nggak tau nyangkutnya dimana...:stress::stress:
    Mikrotik dah dicoba dulu, tapi pc nya dipake buat dijadiin klient warnet lagi...
    soalnya proxynya mikrotik cupu bngt gitu lhoo...:bad::bad:

    :blah::blah:...sorry...bukannya ngeledek, klo soal proxy emang lebih mantap squid lah...( kata orang-orang pinter siih..)

    :newbie::newbie:

    Cupu mikrotiknya atau Cupu yang mensetiingnya nih :confused:
  • KLO ANDA MEMANG MASTER...COBA PECAHIN TU PROBLEMA YANG SAYA JELASIN DIATAS...
    KLO ANDA MEMANG JAGO SETTING PROXY PADA MIKROTIK DAN BISA NGALAHIN PROXY SQUID (KHUSUSNYA YANG SAYA KONFIGURASIKAN SENDIRI)...COBA TERANGKAN LANGKAH-2NYA DISINI...
    KLO MEMANG TERBUKTI LEBIH MANTAP PROXY MIKROTIK DARI PADA PROXY SQUID...MANGGIL SUHU DAH SAMA ENTE...

    KLO CUMA SEKEDAR INSTALL MIKROTIK, SETTING IP GLOBAL, SETTING IP PRIVATE, SETTING GATEWAY, SETTING DNS, SETTING FIREWALL, SETTING BANDWIDTH MANAGE, SETTING PROXY...DAN GIMANA SUPAYA CLIENT BISA KONEK..."INSYAALLAH SAYA BISA"...


    :peace::peace::peace::peace::peace::peace:
    :newbie::newbie::newbie::newbie::newbie::newbie:

    ...
  • Beberapa fitur yang dimiliki oleh Squid yang paling saya sukai di antaranya :

    kemampuan melakukan caching dengan baik
    autentifikasi modul yang beragam (PAM, MySQL, NTLM, LDAP, dan sebagainya)
    banyaknya program redirector untuk squid
    ACL yang beragam jenis (port, time, user, web access, keyword, dan dan banyaaakkkk lageeee.....)
    management bandwidth
    transparant proxy
    monitoring software dan masih banyak lagiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii..................

    Hanya saja untuk dapat men- jalankan Squid,Anda harus me- miliki jumlah RAM yang besar
    tetapi hal itu terbayarlah dengan banyaknya fungsi yang dapat dilakukan oleh Squid.

    klo masih kurang paham, dateng aja lah ke HOMEPAGE squid...googling aja klo nggak tau...
  • Rajo Mudo menulis:
    KLO ANDA MEMANG MASTER...COBA PECAHIN TU PROBLEMA YANG SAYA JELASIN DIATAS...
    KLO ANDA MEMANG JAGO SETTING PROXY PADA MIKROTIK DAN BISA NGALAHIN PROXY SQUID (KHUSUSNYA YANG SAYA KONFIGURASIKAN SENDIRI)...COBA TERANGKAN LANGKAH-2NYA DISINI...
    KLO MEMANG TERBUKTI LEBIH MANTAP PROXY MIKROTIK DARI PADA PROXY SQUID...MANGGIL SUHU DAH SAMA ENTE...

    KLO CUMA SEKEDAR INSTALL MIKROTIK, SETTING IP GLOBAL, SETTING IP PRIVATE, SETTING GATEWAY, SETTING DNS, SETTING FIREWALL, SETTING BANDWIDTH MANAGE, SETTING PROXY...DAN GIMANA SUPAYA CLIENT BISA KONEK..."INSYAALLAH SAYA BISA"...


    :peace::peace::peace::peace::peace::peace:
    :newbie::newbie::newbie::newbie::newbie::newbie:

    ...

    Tidak perlu bisa mengalahkan atau tidak
    tidak perlu membanding² kan proxy mana yang lebih baik atau lebih buruk
    semua punya kelebihan dan kekurangannya masing²
    FBI tempat diskusi yang santun bukan menyerang

    anda bisa bisa seting squid oran lain belom tentu
    anda jago squid yang lain mungkin bisa lebih jago dari anda

    jadi yang perlu di bahas adalah bagaimana cara meng-clear kan problen anda tanpa menyerang individu

    :offtopic::rulez:

    Pembahasan selanjutnya dipindah ke http://www.forumbebas.com/thread-154569.html

    Harap maklum


    Salam :)
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori