Contact Us

Tika, Gadis yang Meninggal krn Jadi Perokok Pasif

tika-dok-dalam.jpg

Jakarta, 'Bagi para ortu perokok, aku mohon banget supaya ngerokok sejauuuh mungkin dari anaknya walau sampai anak dewasa supaya jauh dari kemungkinan terkena flek paru'.

Begitulah tulisan Noor Atika Hasanah dalam statusnya di Facebook dan Twitter, tiga hari sebelum kematiannya yang mengagetkan rekan-rekannya di jejaring sosial.

Bagaimana teman-temannya tidak kaget, karena 10 jam yang lalu, perempuan kelahiran 8 November 1982 itu masih sempat membuat status di Twitter dan Facebook.

Dalam status Facebook dan akun Twitternya @tikuyuz, perempuan yang oleh teman-temannya disapa Tika ini menulis status terakhirnya, bahwa ia sudah satu malam berada di RS Sulianti Saroso Sunter dan sedang menunggu hasil infeksinya.

Namun tiba-tiba pada Kamis 30 Desember 2010 pukul 14.00 WIB, dikabarkan perempuan manis tersebut telah meninggal dunia.

Tika adalah salah satu korban yang meninggal akibat perokok pasif. Dalam status-statusnya Tika menegaskan dia tidak merokok tapi dia adalah korban dari asap si perokok.

Dia menulis dirinya terkena flek paru dan divonis dokter menderita Bronchopneumonia Duplex. Meski sudah divonis menderita penyakit paru parah, dia mengaku tidak menyerah dengan penyakit ini.

"Well, hello Bronchopneumonia Duplex! I'm not afraid of you :))," kata Tika dalam status Twitternya pada 24 Desember 2010.

Akibat penyakitnya ini Tika mengaku berat badannya melorot hingga 35 Kg padahal normal berat badannya 42 Kg. Penyakit ini telah membuatnya sering mengalami sesak napas, batuk keras dan pilek.

Kematian Tika kembali menyadarkan orang betapa bahayanya efek merokok walaupun kita bukan perokok. Sudah tak terhitung berapa banyak korban sakit paru-paru dari orang yang bukan perokok. Terperangkap dalam lingkaran para perokok, membuat si perokok pasif punya potensi 30 persen terkena penyakit mematikan mulai dari flek paru hingga kanker paru-paru.

Perokok pasif biasanya menghirup asap yang berasal dari pembakaran rokok dan juga asap yang dikeluarkan oleh seorang perokok aktif. Menjadi perokok pasif sebenarnya tanpa disadari telah membuat seseoran menjadi perokok. Biasanya perokok pasif ini berada di rumah, mobil, tempat kerja dan tempat-tempat umum lainnya seperti bar.

Untuk melihat seberapa besar perokok pasif terpapar asap rokok dapat diuji dengan mengukur kadar nikotin, cotinine dan karbon monoksida dalam darah, air liur atau urinnya. Cotinine ini adalah suatu hasil produk metabolisme nikotin dalam tubuh.

Didapatkan lebih dari 4.000 zat kimia yang terdapat dalam asap rokok. Sedikitnya 250 zat berbahaya dan 50 diantaranya menyebabkan kanker terkandung dalam sebatang rokok.

Zat kimia tersebut seperti arsenik (logam berat beracun), benzene (bahan kimia dalam bensin), beryllium (logam beracun), kadmium (logam yang digunakan untuk baterai), etilen oksida (bahan kimia untuk mensterilkan alat medis), vinil klorida (zat toksik untuk membuat plastik) dan zat lainnya.

Dilansir dari National Cancer Institute, badan internasional untuk penelitian kanker (IARC) telah mengklasifikasikan asap rokok pada manusia sebagai karsinogen (zat penyebab kanker). Karenanya orang yang tidak merokok tapi sering menghirup asap rokok juga memiliki kemungkinan terkena kanker paru.

Diperkirakan orang yang menjadi perokok pasif berpeluang terkena kanker paru-paru 20 sampai 30 persen. Tapi jika perokok pasif tersebut tinggal bersama dengan seorang perokok aktif maka peluangnya menjadi lebih besar. Karena ada kemungkinan orang tersebut terpapar asap rokok setiap harinya, sehingga akumulasi dari zat-zat kimia tersebut semakin besar.

Beberapa penelitian lain menunjukkan asap rokok tak hanya menimbulkan kanker paru-paru saja, tapi juga kanker payudara, kanker rongga sinus hidung, leukimia, limfoma dan tumor otak pada anak-anak. Tapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk hubungannya dengan kanker-kanker ini.

Paparan dari asap rokok ini bisa mengiritasi saluran udara dan memiliki efek bahaya langsung terhadap jantung dan pembuluh darah. Di Amerika Serikat sendiri perokok pasif telah menyebabkan penyakit jantung sebesar 46.000 setiap tahunnya.

Jika Anda seorang perokok pasif dan tidak ingin terkena kanker paru-paru, sebaiknya hindari tempat-tempat yang memiliki asap rokok serta cobalah untuk tidak terlalu dekat dengan perokok. Selain itu, perbanyak makanan yang mengandung antioksidan dan terapkan pola hidup sehat. Dan buat para perokok menjauhlah agar orang-orang terdekat Anda tidak menjadi korban.
(ir/up)

sumber : http://www.detikhealth.com/
«1

Komentar

  • Waduh,turut berduka cita,makanya saya berusaha berhenti untuk dirokok....
    e salah,maaf,berusaha berhenti untuk merokok.
    Sudah beberapa tahun ini....dulu sering merokok,setiap hari beli rata2 1 bungkus bahkan 2 bungkus,sudah 4 tahun ini sudah jarang beli rokok,tapi masih mengurangi rokok teman,cuma sehari sebatang,kadang sama sekali tidak merokok dalam 1 hari.
    Mudah-mudahan bisa berhenti merokok.Dan pasti bisa.
  • salah satu bukti bahwa merokok itu juga melanggar hak asasi manusia yg tidak merokok...


    turut berduka cita..:( :(
  • innalillahi...
    emg rokok harus dimusnahkan...
    sebelum memusnahkan manusia..
  • bahkan yg tidak merokok pun bisa jadi korban... :(
  • perokok aktif di Indonesia mencapai 80 juta orang !!
    sedangkan perokok pasif mungkin jumlahnya mencapai 100 juta'an..
    dari sekian banyak perokok pasif, yg jadi korban seperti ini sangat sedikit..

    mengapa para perokok yg disalahkan?
    padahal korbanya ternya hanya 1 per sekian juta !!
    kecuali korban seperti Tika mencapai 10 juta orang.. nah itu baru bahaya.

    mari kita renungkan..
    kalau korbannya hanya sedikit banget, kenapa harus disalahkan?
    atau, Tika sebaiknya jadi perokok aktif, jangan pasif? biar gak jadi korban.
    atau beritanya yg salah? isi maupun uraiannya..
    sehingga terlihat Tika hanya korban yg tidak perlu diperhatikan..
    sebab dia "cuma" satu orang, dari puluhan juta perokok pasif..
  • mana ada jeranya para perokok??sampai mampuspun tak kan pernah jera
  • seharusnya yg perokok menghargai yg bukan perokok
  • Om the rock .....
    bukan bermaksud menyalahkan para perokok aktif,, cuma kan mereka juga mesti sadar lingkungan. ga semua orang suka kena asep !! apalagi kalo mikir dampaknya .
    nah mbak yang tewas tersebut kan cuma salah satu contoh yang kena ekspos,, saya aja jadi korban ga di ekspos. padahal saya sering jadi korban SUNDUTAN rokok bapak saya ....!! hayohh,, :stress::stress::stress::stress::stress::stress::stress::stress::stress:
  • Bagi perokok aktif,
    tempatkan diri anda pada tempat yang sudah tersedia...

    Bagi perokok pasif,
    jauhi diri anda, ketika lingkungan sekitar anda terdapat perokok aktif...

  • KIta sebagai perokok harus menghormati org yang tidak merokok,anak" dan ibu"
  • merokok mati. gak merokok ya mati juga
  • perokok pasif ternyata bahaya juga ya
  • yg parah tuh y klo si perokok dibilangin spy ngurangin merokok,, selalu aj ada alasannya... :(

    alasannya "udah ngurangin kok... ngurangin yg td 1 kotak, skarang jd tgl stengah kotak... " :stress:

    udah gt ada lg yg bilang.. "kasian ntar org yg jual rokok,, kalo aq g ngerokok ntar orgnya bisa2 tutup toko deh... "

    :stess: :stress:
  • Untuk yang perokok aktif sadar diri aja deh udah ada tempatnya untuk merokok jangan lagi MEROKOK DI TEMPAT UMUM. Saya sebagai orang yang tidak merokok berharap yang merokok aktif lebih mempunyai ETIKA jangan mengandalkan keegoisannya sendiri.
  • [size=large]prihatin sekali....harus menunggu korban jiwa untuk menyadarkan orang supaya berhenti merokok....untung gw udah berhenti merokok sebelum rokok memberikan efek adiktif kepada gw....[/size]
  • cumimaster menulis:
    Waduh,turut berduka cita,makanya saya berusaha berhenti untuk dirokok....
    e salah,maaf,berusaha berhenti untuk merokok.
    Sudah beberapa tahun ini....dulu sering merokok,setiap hari beli rata2 1 bungkus bahkan 2 bungkus,sudah 4 tahun ini sudah jarang beli rokok,tapi masih mengurangi rokok teman,cuma sehari sebatang,kadang sama sekali tidak merokok dalam 1 hari.
    Mudah-mudahan bisa berhenti merokok.Dan pasti bisa.

    bisa kok ane aja bisa :D
  • maka nya merokok aja, toh sama2 mati juga kok akhirnya :)
  • perokok juga, tetapi sebel jg kalo ada perokok di tempat umum tertutup
  • shin_daisuke menulis:
    yg parah tuh y klo si perokok dibilangin spy ngurangin merokok,, selalu aj ada alasannya... :(

    alasannya "udah ngurangin kok... ngurangin yg td 1 kotak, skarang jd tgl stengah kotak... " :stress:

    udah gt ada lg yg bilang.. "kasian ntar org yg jual rokok,, kalo aq g ngerokok ntar orgnya bisa2 tutup toko deh... "

    :stess: :stress:

    Emang gak bisa dibilangin, karena bagi mereka, rokok itu udah jadi "makanan" yang wajib dikonsumsi.

    Cara menghentikan para perokok aktif tuh cuma satu, SAKIT PARAH.
    Klo mereka udah didiagnosa kena penyakit parah dan nyawanya terancam, baru deh bisa berhenti...
    Intinya, yang bisa buat mereka berhenti cuma TUHAN..
  • wah berarti yang ngerokok dosanya sama kaya pembunuh donk
    untung gw gak ngerokok
  • THE ROCK menulis:
    perokok aktif di Indonesia mencapai 80 juta orang !!
    sedangkan perokok pasif mungkin jumlahnya mencapai 100 juta'an..
    dari sekian banyak perokok pasif, yg jadi korban seperti ini sangat sedikit..

    mengapa para perokok yg disalahkan?
    padahal korbanya ternya hanya 1 per sekian juta !!
    kecuali korban seperti Tika mencapai 10 juta orang.. nah itu baru bahaya.

    mari kita renungkan..
    kalau korbannya hanya sedikit banget, kenapa harus disalahkan?
    atau, Tika sebaiknya jadi perokok aktif, jangan pasif? biar gak jadi korban.
    atau beritanya yg salah? isi maupun uraiannya..
    sehingga terlihat Tika hanya korban yg tidak perlu diperhatikan..
    sebab dia "cuma" satu orang, dari puluhan juta perokok pasif..

    itu karena yang terangkat ke permukaan hanya satu tapi dibelakang itu tidak sempat menulis di twiter, facebook, dll, sudahlah mereka miskin, uang rumah tangga buat beli rokok, keluarga dan anak2nya pada sakit paru2 karena bapaknya ngebul melulu di rumah, Coba anak2 miskin begini punya twiter atau facebook pasti sudah banyak informasinya.
  • saya mengerti ndan,akan jauhi orang yang tidak merokok.
  • ehm turut berduka cita
    ini peringatan merokok bahwa merokok itu merugikan untuk banyak orang...
  • Kita sesama harus saling menghargai..yg suka merokok tolong merokok lah ditempat2 yg sudah disediakan khusus bg perokok jangan mentang2 gak da tulisan dilarang merokok ehhh merokok seenak udele dewe ra mikirin orang disekelilingnya yg belom tentu suka ngirup asapyg anda buang...
  • WADUH.......PRIHATIN......MAU NAMBAH BERAPA ORANG LAGI UNTUK JADI KORBAN YG SERUPA?????

    WAHAI PEROKOK SADARLAH.............KAMU TELAH MENYALAKAN API NERAKA JAHANNAM MILIKMU SENDIRI.
    WAHAI PEMERINTAH.......HENTIKAN KEBIJAKAN UNTUK MENGAMBIL KEUNTUNGAN SEPIHAK DARI PABRIK2 ROKOK..!!!!
    TUTUP SEGERA PABRIK2 ROKOK.....CARILAH LAPANGAN PEKERJAAN LAIN YG LEBIH MASHLAHAT/KHAIR/THAYYIB !!!!
  • Beberapa tingkah laku perokok yg pernah saya lihat :
    Bawa motor sambil merokok (Puntungnya terbang2, membahayakan orang lain) = GOBLOK
    Naik angkot, sesak penuh. Eh didalem nyalain rokok = GOBLOK
    Bertamu ke rumah orang, asal comot gelas/mangkok untuk jadi asbak = GOBLOK
    Masuk ruangan ber AC, eh nyalain rokok = GOBLOK
    Makan diwarteg, selesai makan ngerokok (Ada orng disebelahnya lg makan jadi ngisep asep dia) = GOBLOK

    ada yg mau menambahkan?
  • untuk para perokok@= cintailah dirimu sebelum mencintai orang lain...
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori