Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Mengenal Turbin

[size=x-large]TURBIN[/size]

[align=justify][size=medium]Turbin adalah sebuah mesin berputar yang mengambil energi dari aliran fluida. Turbin sederhana memiliki satu bagian yang bergerak, "asembli rotor-blade". Fluida yang bergerak menjadikan baling-baling berputar dan menghasilkan energi untuk menggerakkan rotor. Contoh turbin awal adalah kincir angin dan roda air.
Sebuah turbin yang bekerja terbalik disebut kompresor atau pompa turbo.
Turbin gas, uap dan air biasanya memiliki "casing" sekitar baling-baling yang memfokus dan mengontrol fluid. "Casing" dan baling-baling mungkin memiliki geometri variabel yang dapat membuat operasi efisien untuk beberapa kondisi aliran fluid.
Energi diperoleh dalam bentuk tenaga "shaft" berputar.
[/size]
[/align]

[size=x-large]PENGGUNAAN TURBIN[/size]

[size=medium]Penggunaan paling umum dari turbin adalah pemroduksian tenaga listrik. Hampir seluruh tenaga listrik diproduksi menggunakan turbin dari jenis tertentu.
Turbin kadangkala merupakan bagian dari mesin yang lebih besar. Sebuah turbin gas, sebagai contoh, dapat menunjuk ke mesin pembakaran dalam yang berisi sebuah turbin, kompresor, "kombustor", dan alternator.
Turbin dapat memiliki kepadatan tenaga ("power density") yang luar biasa (berbanding dengan volume dan beratnya). Ini karena kemampuan mereka beroperasi pada kecepatan sangat tinggi. Mesin utama dari Space Shuttle menggunakan turbopumps (mesin yang terdiri dari sebuah pompa yang didorong oleh sebuah mesin turbin) untuk memberikan propellant (oksigen cair dan hidrogen cair) ke ruang pembakaran mesin. Turbopump hidrogen cair ini sedikit lebih besar dari mesin mobil dan memproduksi 70.000 hp (52,2 MW).
Turbin juga merupakan komponen utama mesin jet.
[/size]


[size=medium]Barbuk mekanisme Turbin Ndan.....[/size] :cool::cool::cool:
turbin_air.jpg
Wind+Turbine.gif

Komentar

  • [ALIGN=JUSTIFY]
    :think: :think:

    Pelajaran kuliah semester 7 nich...:blah:
    Semester 8 ane ambil mata kuliah turbin lagi, tapi malah cuma ane sndiri mahasiswanya.... :stress: :stress:

    satu kampus kaga' ada yang minat ama beginian...!!! :confused:
    Ntar klo ada waktu ane tambahin deh tentang turbin...;)


    [/ALIGN]
  • Blankz Chow menulis:
    [ALIGN=JUSTIFY]
    :think: :think:

    Pelajaran kuliah semester 7 nich...:blah:
    Semester 8 ane ambil mata kuliah turbin lagi, tapi malah cuma ane sndiri mahasiswanya.... :stress: :stress:

    satu kampus kaga' ada yang minat ama beginian...!!! :confused:
    Ntar klo ada waktu ane tambahin deh tentang turbin...;)


    [/ALIGN]

    [size=medium]Makasih ndan Belankz... Emang yang minat sama turbin dikit doang.... :cry::cry::cry:
    waktu kuliah juga cm segelintir orang doang yg ngambil katanya pada gk mau ngambil coz susah & dosennya killer juga.... :think::think::think:
    OK ndan sharing2 aja ya...... :top::top::top:
    [/size]
  • [ALIGN=center]
    TURBIN AIR[/align]
    [ALIGN=JUSTIFY]
    Turbin air dikembangkan pada abad 19 dan digunakan secara luas untuk tenaga industri untuk jaringan listrik. Sekarang lebih umum dipakai untuk generator listrik. Turbin kini dimanfaatkan secara luas dan merupakan sumber energi yang dapat diperbaharukan.

    Teori Pengoperasian

    Aliran air diarahkan langsung menuju sudu-sudu melalui pengarah, menghasilkan daya pada sirip. Selama sudu berputar, gaya bekerja melalui suatu jarak, sehingga menghasilkan kerja. Dalam proses ini, energi ditransfer dari aliran air ke turbin.

    Turbin air dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu turbin reaksi dan turbin impuls.
    Kepresisian bentuk turbin air, apapun desainnya, semua digerakkan oleh suplai tekanan air.

    Turbin Reaksi

    Turbin reaksi digerakkan dengan air, yang merubah tekanan sehingga melewati turbin dan menaikkan energi. Turbin reaksi harus menutup untuk mengisi tekanan air (pengisap) atau mereka harus sepenuhnya terendam dalam aliran air.
    Hukum ketiga Newton menggambarkan transfer energi untuk turbin reaksi
    Turbiin air yang paling banyak digunakan adalah turbin reaksi. Turbin reaksi digunakan untuk aplikasi turbin dengan head rendah dan medium.

    Turbin Impuls

    Turbin impuls merubah aliran semburan air. Semburan turbin membentuk sudut yang membuat aliran turbin. Hasil perubahan momentum (impuls) disebabkan tekanan pada sudu turbin. Sejak turbin berputar, gaya berputar melalui kerja dan mengalihkan aliran air dengan mengurangi energi.
    Sebelum mengenai sudu turbin, tekanan air (energi potensial) dikonversi menjadi energi kinetik oleh sebuah nosel dan difokuskan pada turbin. Tidak ada tekanan yang dirubah pada sudu turbin, dan turbin tidak memerlukan rumahan untuk operasinya.
    Hukum kedua Newton menggambarkan transfer energi untuk turbin impuls.
    Turbin impuls paling sering digunakan pada aplikasi turbin tekanan sangat tinggi.

    Jenis-Jenis Turbin Air

    Turbin reaksi
    · Francis
    · Kaplan, Propeller, Bulb, Tube, Straflo
    · Tyson
    · Kincir air

    Turbin Impuls
    · Pelton
    · Turgo
    · Michell-Banki (juga dikenal sebagai turbin crossflow atau ossberger).

    [/ALIGN]
  • [size=medium]KLASIFIKASI TURBIN[/size]

    [size=small]Berdasarkan fluida yang digunakan, maka turbin dapat dibagi atas:
    1. Turbin Air.
    2. Turbin Uap
    3. Turbin gas

    1. Turbin air digunakan untuk mengubah energi hidro menjadi energi listrik. Beberapa keuntungan dari turbin air ini adalah:
    * Efisiensi yang tinggi
    * Fleksibel dalam operasional
    * Perawatan mudah
    * Tidak ada energi potensial yang terbuang
    * Tidak ada bahan polutan
    Turbin air mempunyai beberapa tipe diantaranya:
    a. Turbin Impul
    Pada turbin ini proses ekspansi fluida (penurunan tekanan fluida) hanya terjadi pada sudu-sudu tetap, contohnya turbin pelton.
    b. Turbin Reaksi
    Pada turbin ini proses ekspansi fluida terjadi baik pada sudu-sudu gerak (sudu-sudu jalan), contohnya Turbin Francis, turbin propeler dan turbin kaplan.
    *)Turbin Francis
    [align=justify]Turbin francis bekerja dengan memakai proses tekanan lebih. Pada waktu air masuk ke roda jalan, sebagian dari enrgi tinggi jatuh telah bekerja di dalam sudu pengarah diubah sebagai kecepatan air masuk. Sisa energi tinggi jatuh dimanfaatkan dalam sudu jalan, dengan adanya pipa isap memungkinkan energi tinggi jatuh bekerja di sudu jalan dengan semaksimum mungkin. Turbin yang dikelilingi dengan sudu pengarah semuanya terbenam dalam air. Air yang masuk kedalam turbin dialirkan melalui pengisian air dari atas turbin (schact) atau melalui sebuah rumah yang berbentuk spiral (rumah keong). Semua roda jalan selalu bekerja. Daya yang dihasilkan turbin diatur dengan cara mengubah posisi pembukaan sudu pengarah. Pembukaan sudu pengarah dapat dilakuakan dengan tangan atau dengan pengatur dari oli tekan(gobernor tekanan oli), dengan demikian kapasitas air yang masuk ke dalam roda turbin bisa diperbesar atau diperkecil. Pada sisi sebelah luar roda jalan terdapat tekanan kerendahan (kurang dari 1 atmosfir) dan kecepatan aliran yang tinggi. Di dalam pipa isap kecepatan alirannya akan berkurang dan tekanannya akan kembali naik sehingga air bisa dialirkan keluar lewat saluran air di bawah dengan tekanan seperti keadaan sekitarnya. Pipa isap pada turbin ini mempunyai fungsi mengubah energi kecepatan menjadi energi tekan.[/align]
    Bonus Pic Mekanisme Turbin Francis
    [/size]
    turbin-francis.jpg
    [align=justify][size=small]*)Turbin Pelton
    Turbin pelton digolongkan ke dalam jenis turbin impuls atau tekanan sama. Karena selama mengalir di sepanjang sudu-sudu turbin tidak terjadi penurunan tekanan, sedangkan perubahan seluruhnya terjadi pada bagian pengarah pancaran atau nosel.
    Energi yang masuk ke roda jalan dalam bentuk energi kinetik. Pada waktu melewati roda turbin, energi kinetik dikonversikan menjadi kerja poros dan sebagian kecil energi terlepas dan sebagian lagi digunakan untuk melawan gesekan dengan permukaan sudu turbin.
    Bonus Pic Mekanisme Turbin Francis
    [/size]
    [/align]
    tubin-pelton.gif
    [align=justify][size=small]*)Turbin Kaplan
    Sesuai dengan persamaan euler, maka makin kecil tinggi air jatuh yang tersedia,makin sedikit belokannya aliran air di dalam sudu jalan. Dengan bertambahnya kapasitas air yang masuk ke dalam turbin, maka akan bertambah besar pula luas penampang salauran yang dilalui air, dan selain itu kecepatan putar yang demikian bisa ditentukan lebih tinggi. Kecepatan spesifik bertambah,kelengkungan sudu, jumlah sudu, dan belokan aliran air di dalam sudu berkurang.
    Pada permulaan sekali disaat pengembang pusat tenaga sungai, turbinnya menggunakan roda baling-baling dengan sudu-sudu tetap yang dituang.
    Untuk tempat pusat listrik tenaga sungai harus dihitung lebih dahulu besarnya perubahan tinggi air jatuhnya sepanjang tahun. Dan aliran sungai tersebut bisa diatur dengan memakai bendungan. Makin besar kapasitas air yang mengalir pada saat air tinggi, akan makin tinggi air jatuh yang bisa dimamfaatkan, karena tinggi permukaan air atas adalah konstan sedangkan air kelebihan pada permukaan air bawah akan naik.
    Turbin yang bekerja pada kondisi tinggi air jauh yang berubah-ubah mempunyai kerugian, karena dalam perencanaan sudu turbin telah disesuaikan bahwa perpindahan energi yang baik hanya terjadi pada titik normal yaitu pada kondisi perbandingan kecepatan dan tekanan yang tertentu. Bila terjadi penyimpangan yang besar baik ke atas maupun ke bawah, seperti yang terdapat pada pusat tenaga listrik sungai, randamen roda baling-balingnya turbin cepat atau lambat akan turun.
    Keuntungan turbin baling-baling dibandingkan dengan turbin francis adalah kecepatan putarnya bisa dipilih lebih tinggi, dengan demikian roda turbin bisa dikopel langsung dengan langsung dengan generator dan ukurannyapun lebih kecil.
    Bonus Pic Mekanisme Turbin Kaplan
    [/size]
    [/align]
    turbin6.gif?w=468&h=421
  • [size=medium]2.Turbin Uap[/size]

    [align=justify][size=small]Turbin uap adalah suatu penggerak mula yang mengubah energi potensial menjadi energi kinetik dan energi kinetik ini selanjutnya diubah menjadi energi mekanik dalam bentuk putaran poros turbin. Poros turbin langsung atau dengan bantuan elemen lain, dihubungkan dengan mekanisme yang digerakkan. Tergantung dari jenis mekanisme yang digerakkan turbin uap dapat digunakan pada berbagai bidang industri, seperti untuk pembangkit listrik.
    Turbin uap merupakan salah satu jenis mesin yang menggunakan metode external combustion engine (mesin pembakaran luar). Pemanasan fluida kerja (uap) dilakukan di luar sistem. Prinsip kerja dari suatu instalasi turbin uap secara umum adalah dimulai dari pemanasan air pada ketel uap. Uap air hasil pemanasan yang bertemperatur dan bertekanan tinggi selanjutnya digunakan untuk menggerakkan poros turbin. Uap yang keluar dari turbin selanjutnya dapat dipanaskan kembali atau langsung disalurkan ke kondensor untuk didinginkan. Pada kondensor uap berubah kembali menjadi air dengan tekanan dan temperatur yang telah menurun. Selanjutnya air tersebut dialirkan kembali ke ketal uap dengan bantuan pompa. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa turbin uap adalah mesin pembangkit yang bekerja dengan sistem siklus tertutup.
    Skema instalasi turbin uap
    [/size]
    [/align]
    turbin.JPG
    [align=justify][size=small]Komponen Utama Turbin Uap
    Secara umum komponen-komponen utama dari sebuah turbin uap adalah :
    * Nosel, sebagai media ekspansi uap yang merubah energi potensial menjadi energi kinetik.
    * Sudu, alat yang menerima gaya dari energi kinetik uap melalui nosel.
    * Cakram, tempat sudu-sudu dipasang secara radial pada poros.
    * Poros, sebagai komponen utama tempat dipasangnya cakram-cakram sepanjang sumbu.
    * Bantalan, bagian yang berfungsi uuntuk menyokong kedua ujung poros dan banyak menerima beban.
    * Kopling, sebagai penghubung antara mekanisme turbin uap dengan mekanisme yang digerakkan.
    Tanpa Pic hoax kan... Ni Picnya....
    [/size]
    [/align]
    turbin2.JPG
    [align=justify][size=small]Klasifikasi Turbin Uap
    Turbin uap dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
    a. Menurut arah aliran uap
    Turbin Aksial
    Fluida kerja mengalir dalam arah yang sejajar terhadap sumbu turbin
    Turbin Radial
    Fluida kerja mengalir dalam arah yang tegak lurus terhadap sumbu turbin.
    b. Menurut prinsip aksi uap
    Turbin Impuls
    Energi potensial uap diubah menjadi energi kinetik di dalam nosel.
    Turbin Reaksi
    Ekspansi uap terjadi pada sudu pengarah dan sudu gerak.
    c. Menurut kondisi uap pada sisi masuk turbin.
    Turbin tekanan rendah
    Memakai uap pada tekanan 1,2 – 2 ata.
    Turbin tekanan menengah
    Memakai uap pada tekanan sampai 40 ata.
    Turbin tekanan tinggi
    Memakai uap pada tekanan sampai 170 ata atau lebih.
    Turbin tekanan super tinggi
    Memakai uap pada tekanan sampai 235 ata atau lebih.
    d. Menurut pemakaiannya di bidang industri
    - Turbin stasioner dengan putaran yang konstan yang dipakai terutama untuk generator.
    - Turbin stasioner dengan putaran yang bervariasi dipakai untuk mengerakkan blower turbo, pompa, dan lain-lain.
    - Turbin tidak stasioner dengan putaran yang bervariasi, biasa digunakan pada kapal dan lokomotif uap.
    [/size]
    [/align]
  • [size=medium]3.Turbin Gas[/size]

    [align=justify][size=small]Gas-turbine engine adalah suatu alat yang memanfaatkan gas sebagai fluida untuk memutar turbin dengan pembakaran internal. Didalam turbin gas energi kinetik dikonversikan menjadi energi mekanik melalui udara bertekanan yang memutar roda turbin sehingga menghasilkan daya. Sistem turbin gas yang paling sederhana terdiri dari tiga komponen yaitu kompresor, ruang bakar dan turbin gas.
    Pic of Turbin Gas
    [/size]
    [/align]
    gas-turbine-majarimagazine-300x209.jpg

    [align=justify][size=small]Prinsip Kerja Sistem Turbin Gas
    Udara masuk kedalam kompresor melalui saluran masuk udara (inlet). Kompresor berfungsi untuk menghisap dan menaikkan tekanan udara tersebut, sehingga temperatur udara juga meningkat. Kemudian udara bertekanan ini masuk kedalam ruang bakar. Di dalam ruang bakar dilakukan proses pembakaran dengan cara mencampurkan udara bertekanan dan bahan bakar. Proses pembakaran tersebut berlangsung dalam keadaan tekanan konstan sehingga dapat dikatakan ruang bakar hanya untuk menaikkan temperatur. Gas hasil pembakaran tersebut dialirkan ke turbin gas melalui suatu nozel yang berfungsi untuk mengarahkan aliran tersebut ke sudu-sudu turbin. Daya yang dihasilkan oleh turbin gas tersebut digunakan untuk memutar kompresornya sendiri dan memutar beban lainnya seperti generator listrik, dll. Setelah melewati turbin ini gas tersebut akan dibuang keluar melalui saluran buang (exhaust).
    Secara umum proses yang terjadi pada suatu sistem turbin gas adalah sebagai berikut:
    1. Pemampatan (compression) udara di hisap dan dimampatkan
    2. Pembakaran (combustion) bahan bakar dicampurkan ke dalam ruang bakar dengan udara kemudian di bakar.
    3. Pemuaian (expansion) gas hasil pembakaran memuai dan mengalir ke luar melalui nozel (nozzle).
    4. Pembuangan gas (exhaust) gas hasil pembakaran dikeluarkan lewat saluran pembuangan.
    Pada kenyataannya, tidak ada proses yang selalu ideal, tetap terjadi kerugian-kerugian yang dapat menyebabkan turunnya daya yang dihasilkan oleh turbin gas dan berakibat pada menurunnya performa turbin gas itu sendiri. Kerugian-kerugian tersebut dapat terjadi pada ketiga komponen sistem turbin gas. Sebab-sebab terjadinya kerugian antara lain:
    * Adanya gesekan fluida yang menyebabkan terjadinya kerugian tekanan (pressure losses) di ruang bakar.
    * Adanya kerja yang berlebih waktu proses kompresi yang menyebabkan terjadinya gesekan antara bantalan turbin dengan angin.
    * Berubahnya nilai Cp dari fluida kerja akibat terjadinya perubahan temperatur dan perubahan komposisi kimia dari fluida kerja.
    * Adanya mechanical loss, dsb.

    Klasifikasi Turbin Gas
    Turbin gas dapat dibedakan berdasarkan siklusnya, kontruksi poros dan lainnya. Menurut siklusnya turbin gas terdiri dari:
    * Turbin gas siklus tertutup (Close cycle)
    * Turbin gas siklus terbuka (Open cycle)
    Perbedaan dari kedua tipe ini adalah berdasarkan siklus fluida kerja. Pada turbin gas siklus terbuka, akhir ekspansi fluida kerjanya langsung dibuang ke udara atmosfir, sedangkan untuk siklus tertutup akhir ekspansi fluida kerjanya didinginkan untuk kembali ke dalam proses awal.
    Dalam industri turbin gas umumnya diklasifikasikan dalam dua jenis yaitu :
    1. Turbin Gas Poros Tunggal (Single Shaft)
    Turbin jenis ini digunakan untuk menggerakkan generator listrik yang menghasilkan energi listrik untuk keperluan proses di industri.
    2. Turbin Gas Poros Ganda (Double Shaft)
    Turbin jenis ini merupakan turbin gas yang terdiri dari turbin bertekanan tinggi dan turbin bertekanan rendah, dimana turbin gas ini digunakan untuk menggerakkan beban yang berubah seperti kompresor pada unit proses.

    Siklus-Siklus Turbin Gas
    Tiga siklus turbin gas yang dikenal secara umum yaitu:
    1. Siklus Ericson
    Merupakan siklus mesin kalor yang dapat balik (reversible) yang terdiri dari dua proses isotermis dapat balik (reversible isotermic) dan dua proses isobarik dapat balik (reversible isobaric). Proses perpindahan panas pada proses isobarik berlangsung di dalam komponen siklus internal (regenerator), dimana effisiensi termalnya adalah : hth = 1 – T1/Th, dimana T1 = temperatur buang dan Th = temperatur panas.
    2. Siklus Stirling
    Merupakan siklus mesin kalor dapat balik, yang terdiri dari dua proses isotermis dapat balik (isotermal reversible) dengan volume tetap (isokhorik). Efisiensi termalnya sama dengan efisiensi termal pada siklus Ericson.
    3. Siklus Brayton
    Siklus ini merupakan siklus daya termodinamika ideal untuk turbin gas, sehingga saat ini siklus ini yang sangat populer digunakan oleh pembuat mesin turbine atau manufacturer dalam analisa untuk performance upgrading. Siklus Brayton ini terdiri dari proses kompresi isentropik yang diakhiri dengan proses pelepasan panas pada tekanan konstan. Pada siklus Bryton tiap-tiap keadaan proses dapat dianalisa secara berikut:
    [/size]
    [/align]
    brayton_cycle.jpg[size=small]Proses 1 ke 2 (kompresi isentropik). Kerja yang dibutuhkan oleh kompresor: Wc = ma (h2 – h1). Proses 2 ke 3, pemasukan bahan bakar pada tekanan konstan. Jumlah kalor yang dihasilkan: Qa = (ma + mf) (h3 – h2). Proses 3 ke 4, ekspansi isentropik didalam turbin. Daya yang dibutuhkan turbin: WT = (ma + mf) (h3 – h4). Proses 4 ke 1, pembuangan panas pada tekanan konstan ke udara. Jumlah kalor yang dilepas: QR = (ma + mf) (h4 – h1)[/size]
  • kalo untuk proses pembuatan turbin air jenis francis da yang tw ngga ?
    mulai dari perancangan ampe pengujian turbin....
    terimakasih tas para komandan yang tlah membantu....
  • adnya menulis:
    kalo untuk proses pembuatan turbin air jenis francis da yang tw ngga ?
    mulai dari perancangan ampe pengujian turbin....
    terimakasih tas para komandan yang tlah membantu....

    [size=small]Hmmmm..... :think:

    Kalo perancangan yg dimaksud mengenai pemilihan bahan dan kalkulasi mengenai kekuatan bahan bisa ambil referensi di buku Elemen Mesin karangan Sularso..
    Tapi kalo untuk perhitungan mengenai sudut sudu2, dimensional shaft & head bisa ambil referensi di buku Turbin, Pompa & Kompresor karangan Fritz Dietzel....

    He he he... tu 2 buku kitab pegangannya anak mesin..... (sakti bgt ni buku...) :cool:

    Smoga bermanfaat ya Ndan.....
    Bisa di tambahin kalo ada yg lain....:wait:
    [/size]
  • Hastrian menulis:

    [size=small]Hmmmm..... :think:

    Kalo perancangan yg dimaksud mengenai pemilihan bahan dan kalkulasi mengenai kekuatan bahan bisa ambil referensi di buku Elemen Mesin karangan Sularso..
    Tapi kalo untuk perhitungan mengenai sudut sudu2, dimensional shaft & head bisa ambil referensi di buku Turbin, Pompa & Kompresor karangan Fritz Dietzel....

    He he he... tu 2 buku kitab pegangannya anak mesin..... (sakti bgt ni buku...) :cool:

    Smoga bermanfaat ya Ndan.....
    Bisa di tambahin kalo ada yg lain....:wait:
    [/size]

    ngga punya yang da di internet ya (maksudnya link nya ) ?
    waktu nie nanya ma paman google di ajak jalan2 kemana2...

    buku Turbin, Pompa & Kompresor karangan Fritz Dietzel didalamnya da runner pltmh ngga ?
    kalo pembuatan (proses produksinya) nyari dmn ya ?
  • adnya menulis:
    ngga punya yang da di internet ya (maksudnya link nya ) ?
    waktu nie nanya ma paman google di ajak jalan2 kemana2...

    [ALIGN=JUSTIFY]
    Pertanyaan seperti ini nich yang biasanya kaga' disukai.... :think: :think:

    Ini mo ngetest TS atau mo minta tolong...:mad: :mad:

    Ane kasih saran,,,,
    Jangan terlalu kaku, kalo emang butuh... itu buku gampang banget nyarinya, di Perpus juga banyak...!!
    sebab itu buku umum banget dikalangan Teknik Mesin

    [/ALIGN]

    adnya menulis:
    buku Turbin, Pompa & Kompresor karangan Fritz Dietzel didalamnya da runner pltmh ngga ?
    kalo pembuatan (proses produksinya) nyari dmn ya ?

    [ALIGN=JUSTIFY]
    Ini juga... mencerminkan KEMALASAN.....!!!

    Tadinya ane pengen bantu, habis baca beginian jadi g' selera....!!!
    [/ALIGN]


  • adnya menulis:
    ngga punya yang da di internet ya (maksudnya link nya ) ?
    waktu nie nanya ma paman google di ajak jalan2 kemana2...

    buku Turbin, Pompa & Kompresor karangan Fritz Dietzel didalamnya da runner pltmh ngga ?
    kalo pembuatan (proses produksinya) nyari dmn ya ?

    [size=small]Kalo link d internet malah kurang runtut buat perencanaan turbinnya..... :confused:
    Coba deh pake 2 buku itu, insyaallah ada semua.... :applause:
    Kalo masih butuh referensi proses produksinya bisa d ambil d buku Proses produksi or Alat Alat Perkakas... :applause:

    Oiya ndan perencanaan mesin kan gak kaku2 amat, apalagi masalah Turbin kan banyak parameter yang bisa d kreasikan... :blah:

    So ekspresikanlah aksimu... Ok..... :cool:
    [/size]

  • infonya sangat membantu...
    baru tau ane tentang turbin disini.... :top:
  • Thanks telah share infonya....
  • wong_ullet menulis:
    infonya sangat membantu...
    baru tau ane tentang turbin disini.... :top:
    lviant menulis:
    Thanks telah share infonya....

    [size=small]Sama2 ndan..... :blah::blah::blah:
    Saling share aja biar tambah ilmunya.... :cool::cool::cool:
    [/size]
  • tidaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkk......
    ane hanya dapet c matakul ini.... T.T
  • [size=small]lengkap banget ttg turbinnya, walopun teteep aja kaga ngarti....
    ga dikantor, ga diforum kompak duet maut hastrian ama blankz :top: ciyee ciyeee :wait:
    [/size]
  • Galuh_Putri menulis:
    [size=small]
    ga dikantor, ga diforum kompak duet maut hastrian ama blankz :top: ciyee ciyeee :wait:
    [/size]

    [size=small]Ah gk kok jeng..... Ndan Belankz kan kepunyaan Suster Ucok.... :ngakak:[/size]
  • jogoboneto menulis:
    tidaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkk......
    ane hanya dapet c matakul ini.... T.T

    [size=small]Coba d ambil lg aja ndan matkulnya.... siapa tau dapet A++++++.....
    :ngakak::ngakak:
    [/size]
  • Hastrian menulis:

    [size=small]Ah gk kok jeng..... Ndan Belankz kan kepunyaan Suster Ucok.... :ngakak:[/size]

    [size=medium][align=justify]
    lah kok bawa2 nama ane... :stress:



    om di lengkapi ma foto2 dong, pusing kl cm liat tulisan aja... :)

    [/align][/size]
  • saya usul: bagaimana kalo om belang & om hastri jadi momod ITEM :)

    :applause: :applause:
  • ucokfredy menulis:
    [size=medium][align=justify]
    lah kok bawa2 nama ane... :stress:
    [/align]
    [/size]

    [size=small]Kan emang bgitu faktanya.... :blah::blah::blah:[/size]
    ucokfredy menulis:
    [size=medium][align=justify]
    om di lengkapi ma foto2 dong, pusing kl cm liat tulisan aja...
    [/align]
    [/size]

    [size=small]Ok ndan UF thanks sarannya.... :top::top::top:[/size]
  • kariage kun menulis:
    saya usul: bagaimana kalo om belang & om hastri jadi momod ITEM :)

    :applause: :applause:

    [size=small]wah makasih apresiasinya... :applause::applause:
    tapi saya masih harus banyak belajar kok Ndan.... :blah::blah:
    Mungkin masih banyak yg lain yg lebih berkompeten..... :top::top:
    [/size]
  • Hastrian menulis:
    [size=small]Kan emang bgitu faktanya.... :blah::blah::blah:[/size]

    [size=medium][align=justify]
    edan...:mad:
    awas kl lewat RSJ, ane suruh kampret palak, trus salaman ma tangan uday, smp di ciumin ma jomblo aduy... :rulez:

    [/align]
    [/size]
  • ucokfredy menulis:
    [size=medium][align=justify]
    edan...:mad:
    awas kl lewat RSJ, ane minta dipalak kampret, trus salaman ma tangan uday, smp di ciumin ma jomblo aduy...

    [/align]
    [/size]

    [size=small]Hi Hi ternyata kelakuan Suster UF di RSJ kaya gt... :ngakak:
    Kabuuuurrrrr.... :blah:
    [/size]
  • Hastrian menulis:

    [size=small]Hi Hi ternyata kelakuan Suster UF di RSJ kaya gt... :ngakak:
    Kabuuuurrrrr.... :blah:
    [/size]


    [ALIGN=JUSTIFY]
    :grin: :grin: G' cuma di RSJ.... dimana - mana itu orang Kelakuannya sama aja.... :stress: :stress:


    [/ALIGN]
  • Shandong Qingneng Power Co., Ltd. (QNPower) Specializes in supplying power equipment industry as well as in the import and export of machinery such as STEAM TURBINE and GENERATORS

    "QNPower" brand steam turbine is officially registered by the national trademark bureau, enjoys a high reputation in power equipment industry both home and abroad. We have customers in USA, Canada, Brazil, Russia, India, Indonesia, Thailand, the Philippines, the Sudan, UAE, etc. and 28 provinces and cities inland.

    We also have our own technological R&D and engineering service team of more than one hundred talents and 39 departments including departments for home and abroad sale, technological research and development, quality test, process control, equipment, supply, procurement, financing, auditing, human resources, rear services, 8 manufacture workshops and after- sale service. Also, open branches in India and Indonesia.

    QNPower has brought in advanced machining centers of numerical control. With its characteristics of high precision, high reliability and strong process capacity, the machining accuracy of principal axis, impeller, coupling and bearing pedestal has been guaranteed, and thus their universality and interchangeability. Which makes us easily customize our products according to customer needs in house.

    QNPower has successively passed identification of API, CE, ISO9001, ISO14001, and OHSAS18001; embraced many honors as "the famous trademark in Shandong", "Shandong high-tech enterprises", "measurement guarantee confirmation qualified enterprise", and "Shandong advanced basic-level party organization".

    Due to the rapid development of QNPower in recent years, it has attracted attention of the world's top 500 enterprises. German Man Group and Japanese Mitsubishi Heavy Industry have visited QNP many times for technical exchanges.

    For more info, please visit our website www.qnpower.com

    Contact Us :
    Head Office
    Haidai North Road, Qingzhou City, Shandong, P. R. CHINA
    Phone:+86-536-3289907/3290518
    Fax:+86-536-3291618

    Indonesia Representative Office
    Telp : +62 21 56952879
    Email : lusy.qnpindo@gmail.com
  • Om.. saya lagi TA nih..
    lagi garap PLTAir
    ada yg punya ebook tentang perancangan kincir air gk?
    atau buku apa ya yg membahas tentang itu? yg isi nya pake bahasa indonesia,..
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori

Penawaran Terbatas

Booking.com
Liburan di ratusan ribu destinasi & puluhan ribu akomodasi di 200+ lebih negara seluruh dunia. Tentu saja dengan harga promo khusus dan terjangkau kantong anda. Silahkan coba cari dan temukan impian liburan atau akomodasi untuk bisnis anda!