Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Pasir

[align=justify][size=small]Potensi-Pasir-Besi-Purworejo.jpg


Pasir merupakan agregat alami yang berasal dari letusan gunung berapi,
sungai, dalam tanah dan pantai oleh karena itu pasir dapat digolongkan dalam tiga
macam yaitu pasir galian, pasir laut dan pasir sungai.

Pada konstruksi bahan bangunan pasir digunakan sebagai agregat halus dalam campuran beton, bahan spesi perekat pasangan bata maupun keramik, pasir urug, screed lantai dll.
Menurut standar nasional indonesia (SK SNI – S – 04 – 1989 – F : 28) disebutkan mengenai
persyaratan pasir atau agregat halus yang baik sebagai bahan bangunan adalah sebagai berikut :

* Agregat halus harus terdiri dari butiran yang tajam dan keras dengan indeks kekerasan < 2,2.
* Sifat kekal apabila diuji dengan larutan jenuh garam sulfat sebagai berikut:
* jika dipakai natriun sufat bagian hancur maksimal 12%.
* jika dipakai magnesium sulfat bagian halus maksimal 10%.
* Tidak boleh mengandung lumpur lebih dari 5% dan apabila pasir mengandung lumpur lebih dari 5% maka pasir harus dicuci.
* Pasir tidak boleh mengadung bahan-bahan organik terlalu banyak, yang harus dibuktikan dengan percobaan warna dari Abrans–Harder dengan larutan jenuh NaOH 3%.
* Susunan besar butir pasir mempunyai modulus kehalusan antara 1,5 sampai 3,8 dan terdiri dari butir-butir yang beraneka ragam.
* Untuk beton dengan tingkat keawetan yang tinggi reaksi pasir terhadap alkali harus negatif.
* Pasir laut tidak boleh digunakan sebagai agregat halus untuk semua mutu beton kecuali dengan petunjuk dari lembaga pemerintahan bahan bangunan yang diakui.
* Agreagat halus yang digunakan untuk plesteran dan spesi terapan harus memenuhi persyaratan pasir pasangan.

tabel syarat batas gradasi pasir

96873954.jpg


Pasir untuk konstruksi dibedakan menjadi 2, yaitu pasir beton dan pasir pasang :

Pasir Beton

pasir-beton.jpg?w=640&h=480 concrete-sand-washed.jpg?w=812&h=608

Pasir beton adalah butiran-butiran mineral keras dan tajam berukuran antara 0,075 – 5 mm, jika terdapat butiran berukuran lebih kecil dari 0,063 mm tidak lebih dari 5% berat. Pasir beton sering digunakan untuk pekerjaan cor-coran struktur seperti kolom, balok dan pelat lantai.

Untuk mendapatkan kekuatan beton yang optimal maka pasir harus dapat memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :

a)Pasir beton harus bersih, bila diuji dengan larutan pencuci khusus, tinggi endapan pasir yang kelihatan dibandingkan dengan tinggi seluruh endapan tidak kurang dari 70%.

b) Kadar butiran yang lewat ayakan 0,063 mm (kadar lumpur) tidak boleh lebih dari 5% berat.

c) Angka kehalusan butir (FM) terletak antara 2,2 – 3,2 bila diuji dengan rangkaian ayakan 0,16 ; 0,315; 0,63; 1,25; 2,50; 0,5 dan 10 mm, fraksi yang lewat ayakan 0,3 mm minimal 15% berat.

d) Pasir tidak boleh mengandung zat-zat organik yang dapat mengurangi mutu beton. Untuk memeriksanya pasir direndam pada cairan 3% NaOH, cairan di atas endapan tidak boleh lebih gelap dari warna larutan pembanding.

e) Kekekalan terhadap larutan Na4SO4; fraksi yang hancur tidak boleh lebih dari 12% berat. Kekekalan terhadap larutan MgSO4; fraksi yang hancur tidak boleh lebih dari 10% berat.

f) Untuk beton dengan tingkat keawetan tinggi, reaksi pasir terhadap alkali harus negatif.



Pasir Pasang

Berdasarkan tempat penambangan, maka pasir pasang di bedakan dalam 2 jenis sebagai berikut :

1. Pasir Gunung

mengeruk-pasir-gunung-galunggung.jpg?w=452&h=339

adalah pasir yang diperoleh dari hasil galian , butirannya kasar dan tidak terlalu keras. Biasanya pasir jenis ini mengandung pozolan (jika dicampur dengan kapur padam dan air setelah beberapa waktu dapat mengeras sehingga membentuk suatu massa padat dan sukar dalam air).

2. Pasir Sungai

ekonomi-dan-bisnis-pasir-sungai-01.jpg?w=451&h=300

adalah pasir yang diperoleh dari sungai yang merupakan hasil gigisan batu-batuan yang keras dan tajam, pasir jenis ini butirannya cukup baik (antara 0,063 mm – 5 mm) sehingga merupakan adukan yang baik untuk pekerjaan pasangan.


Tips : Pasir harus ditempatkan dalam ruang yang terlindung dari hujan dan terik matahari dan ditimbun sedemikian rupa sehingga tidak menjadi degresi.
[/size][/align]

Komentar

  • mau nambahin boleh ndan??

    secara genesa (mula jadi) pasir terbentuk karena :
    - Proses Pelapukan dan transportasi dari batuan induk
    - Proses ubahan karena pengaruh larutan sisa magma

    Apabila pasir tersebut terendapkan kemudian terjadi proses sedimentasi maka pasir akan membentuk batuan sedimen yang biasa disebut dengan sandstone

    Jenis dari pasir antara lain dapat dibedakan berdasar :
    - klasifikasi dari ukuran butirnya
    - mineral penyusun/pembentuk dari pasir

    Mudah2an bisa membantu memperjelas threadnya ndan ucok


    salam


    andy_ukt
  • andy_ukt menulis:
    mau nambahin boleh ndan??

    [size=medium][align=justify]
    makasi jeng,,, :top:
    sangat membantu temen2 yg baca nii... :love:

    [/align]
    [/size]
  • [align=justify][size=medium]:top:

    beberapa hari terakhir ini saya mainan pasir...... :blah:

    :nicethread:
    [/size]
    [/align]
  • jenis pasir yang bagus apa ya?

    mau coba pasir bangka nih, kira2 bagus ga ya?

    jenis pasir bangka: halus, butiran putih (hitam pucat dalam tumpukan pasir), tidak perlu diayak..
  • marszque menulis:
    jenis pasir yang bagus apa ya?

    mau coba pasir bangka nih, kira2 bagus ga ya?

    jenis pasir bangka: halus, butiran putih (hitam pucat dalam tumpukan pasir), tidak perlu diayak..

    [align=justify][size=medium]kalo saya pakai pasir lumajang om.....

    kemarin analisis ayakannya juga sip..... :top: :top:

    kalo ambil pasir bangka abis biaya transport berapa om ?? :confused:
    [/size]
    [/align]
  • Yg Bagus pasir itu hasil dari Gunung Berapi,bangunan bisa awet karena pasir dari gunung berapi hasil dari pemecahan batuan dg suhu ribuan derajat celcius.

    Kalau pasir bangka agak kurang bagus ya karena mengandung timah....

    dalam panas tinggi tembok bisa cepat panas.
    Beda dengan pasir gunung berapi bisa meredam panas tinggi.



  • [ALIGN=JUSTIFY]
    Klo pasir hidup bisa neen orang tuh.... :wow: :wow:

    Seandainya bikin bangunan kaga' usah pake pasir, ada alternatif laen g'..??! :think: :think:
    [/ALIGN]

  • Bisa Ndan Blankz......pake Triplek atau bambu,bisa juga pake Gipsum atau GRC
  • thanks yah..kebetulan dalam beberapa hari saya mau renovasi Rumah ku dgn adanya ini saya bisa memilih pasir apa yang cocok buat bangun rumah mungil ku...

    I LOVE KIMOSKING.COM
    I LOVE KIMOSKING.COM
  • [size=medium][align=justify]
    bwat kelinci cabul : pasir itu sebagai suppot kekuatan pada sebuah adukan semen.
    jika emang maw di ganti agak susah karena harus di cari kadar kekuatan batuan serta bentuknya yg kecil.... :(

    benar jawaban jeng diatas, kl memang maw diganti, ya ganti konsep bangunan aja,,,:top:
    gunakan GRC, Triplek, bambu/kayu, maupun gipsum... :cool:

    [/align]
    [/size]
  • ucokfredy menulis:
    [size=medium][align=justify]
    bwat kelinci cabul : pasir itu sebagai suppot kekuatan pada sebuah adukan semen.
    jika emang maw di ganti agak susah karena harus di cari kadar kekuatan batuan serta bentuknya yg kecil.... :(

    benar jawaban jeng diatas, kl memang maw diganti, ya ganti konsep bangunan aja,,,:top:
    gunakan GRC, Triplek, bambu/kayu, maupun gipsum... :cool:

    [/align]
    [/size]

    [ALIGN=JUSTIFY]
    Kupret...!!! :mad: Knapa ada kata "kelici cabul" disitu...!!! :stress: :stress:


    jadi, pasir itu sndiri bisa dibuat kan...?!! G' harus ngambil dikali kan...?!! :think: :think:
    Masalahnya pengalaman ditempat ane, sungai2nya jadi dalem banget gara - ara pasir yang daa didalam sungai diambill....:cry: :cry:


    kan serem klo pas jatoh masuk sungai...!! :confused: :confused:
    [/ALIGN]
  • [size=medium][align=justify]
    kl bisa saya agak rancu jg...
    pasir kan material dari alam, berarti yg buat alam itu sendiri atau TUHAN dalam arti kata luasnya... :)
    jadi kl pun ada pembuatan pasir dari pemecahan2 material2 batu vulkanis, mungkin bisa tp akan susah... :top:
    untuk lebih lanjut nanti temen2 geologi kita yg bahas deh biar lebih empiris... :blah:

    penambangan pasir memang biasanya di sungai, ini di karenakan pasir byasanya terjadi akibar erupsi gunung berapi... :top:
    kita lihat beberapa saat setelah merapi meletus, di daerah merapi ngtrend menambang pasir (jangan2 sampeyan kerja dsana blankz :ngakak:)
    oleh karena itu pengerukan pun di lakukan di sungai... :)
    [/align]
    [/size]
  • mau tanya nich sama TS nya...

    dikatakan di thread kalo pasir untuk konstruksi ada 2 jenis, yaitu pasir beton dan pasir pasang.

    yang mw saya tanyakan karena terus terang agak bingung...apakah pasir beton bukan berasal dari pasir pasang (conto : pasir sungai, pasir gunung) ???

    kalo hal tersebut di klasifikasikan berdasarakan keperluan konstruksi...apakah pasir pasang tidak bisa dipakai untuk konstruksi??

    mohon pencerahannya...biar dapat wawasan baru :)
  • ucokfredy menulis:
    [size=medium][align=justify]
    kl bisa saya agak rancu jg...
    pasir kan material dari alam, berarti yg buat alam itu sendiri atau TUHAN dalam arti kata luasnya... :)
    jadi kl pun ada pembuatan pasir dari pemecahan2 material2 batu vulkanis, mungkin bisa tp akan susah... :top:
    untuk lebih lanjut nanti temen2 geologi kita yg bahas deh biar lebih empiris... :blah:

    penambangan pasir memang biasanya di sungai, ini di karenakan pasir byasanya terjadi akibar erupsi gunung berapi... :top:
    kita lihat beberapa saat setelah merapi meletus, di daerah merapi ngtrend menambang pasir (jangan2 sampeyan kerja dsana blankz :ngakak:)
    oleh karena itu pengerukan pun di lakukan di sungai... :)
    [/align]
    [/size]

    ikutan diskusi ya...

    kalo berdasarkan ilmu geologi...pasir itu gak bisa dibuat oleh manusia...terjadi karena proses alam yang terdiri dari bentukan mineral...karena sebenarnya pasir tersebut merupakan material lepasan yang berasal dari proses pelapukan atau lepasan dari batuan induk yang kemudian terdegradasi lalu tertransportasi dan kemudian terendapkan ... terendapnya bisa dekat dari batuan induknya..atau juga bisa jauh dari batuan induknya..

    pasir juga bisa berasal dari proses ubahan aktivitas vulcano

    CMIIW
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori