Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Ayam Betina Berubah Menjadi Ayam Jantan

Ayam Betina Berubah Menjadi Ayam Jantan
33906246.jpg

Aneh tapi nyata. Seekor ayam kampung betina berubah bentuk menjadi seekor ayam jantan. Perubahan fisik ayam milik pasangan suami istri Rudi Ramlan dan Susanti ini, sontak membuat heboh warga sekitar.

Ditemui Tribun di rumahnya di Jalan Salam Gg. Salam III No 157, Kecamatan Bukit Bestari, Tanjungpinang, Selasa (9/11/2010), Rudi mulai menyadari perubahan bentuk fisik dari ayam jantan tersebut sejak tiga bulan lalu. Saat itu, jengger ayam betina tersebut mulai membesar seperti ayam jantan.

Tak hanya itu, ceker di kakinya pun mulai berubah bentuk mirip ayam jantan. Puncaknya, ayam betina tersebut menunjukkannya kejantanannya dengan berkokok saban pagi layaknya ayam jantan. "Awalnya saya heran, kok ada ayam berkokok di kandang ayam saya. Padahal, semua ayam saya adalah betina," kata Rudi.

Merasa penasaran, purnawiran Angkatan Darat ini pun lantas melongok ke kandang ayam miliknya untuk mencari asal kokok tersebut. Betapa terkejutnya Rudi ketika mendapati yang berkokok adalah ayam betina kesayangannya.

Perubahan tingkah laku pun mulai ditunjukkan oleh ayam betinanya tersebut. Ayam betina yang berubah menjadi ayam jantan ini mulai ogah-ogahan bergaul dengan ayam-ayam betina lainnya .

Bahkan terkadang ia sering mengasingkan diri dengan memilih bersembunyi di balik tanaman yang ada di sekitar rumahnya. Bahkan untuk kebutuhan seksual, ayam betina tersebut berubah. "Kalau ada ayam jantan yang mendekatinya, ayam betina ini langsung jongkok. Jadi ayam jantannya tidak bisa lagi mengawininya," tukas Rudi .

Diceritakan Rudi, bahwa ia mendapatkan ayam tersebut dari keponakannya sekitar 10 tahun lalu. "Saudara saya yang tinggal di Batu 7 memberikan saya sepasang ayam, jantan dan betina, waktu saya pindah kesini tahun 2000 lalu. Mereka memberikan ayam ini karena ayam-ayam saya sebelumnya hilang dicuri maling. Ayam betina ini pun menjadi ayam kesayangan istri saya, karena setiap bertelor banyak sekali," kata Rudi .

Namun, tak lama kemudian, ayam-ayam miliknya mati semua karena penyakit. Entah mengapa, ayam betina tersebut tetap bertahan hidup. Tak hanya itu, dibandingkan dengan ayam-ayam lainnya, ayam betina tersebut lebih "panjang umur" dibandingkan seluruh ayam-ayam miliknya .

Sementara itu, Susanti, istri Rudi, mengaku sering ditanyai tetangganya tentang perubahan bentuk fisik ayamnya tersebut. "Tetangga-tetangga saya juga bingung melihatnya. Kalau dilihat dari badannya, seperti ayam betina. Tapi kalau dilihat dari kepala hingga leher, seperti ayam jantan. Bisa berkokok pula," ucap Susanti.

Meski memiliki fisik yang aneh, Rudi dan Susanti mengaku akan tetap memelihara ayam. "Ini ayam langka. Saya dan suami sudah sayang dengan ayam ini. Akan terus saya pelihara," ujarnya.(

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori