Contact Us
MERDEKA
DIRGAHAYU Republik INDONESIA - Ayo Kita Tingkatkan Persatuan & Kesatuan Bangsa. Erat Dalam Keragaman Bhinneka Tunggal Ika. Maju Bersama & Tingkatkan Etos Kerja Yang Baik Untuk Indonesia Modern Yang Tetap Berbudaya. MERDEKA!!!

Forum Bebas Indonesia

(Ask) Alam makrokosmos dan alam mikrokosmos

Komandan,bisa tolong di jelaskan tentang alam makrokosmos dan mikrokosmos menurut tradisi hindu bali.
Dimana dari yang saya baca ada 11 tingkatan alam(makrokosmis dan mikrokosmis).
Bisa tolong diuraikan lebih detail dan terperinci lapisan alam tersebut?

suksma
«13

Komentar

  • tumben nanya Brain biasanya kan ngasi kuliah :blah:


    Makrokosmos = Bhuwana Agung = Alam Semesta
    Mikrokosmos = Bhuwana Alit = tubuh Manusia

    hal ini terkait dengan unsur pembentuk, alam semesta dan tubuh manusia mempunyai unsur yang sama yang disebut Panca Maha Bhuta
    dengan konsep ini kita diharapkan/diarahkan mampu menjalin keharmonisan dengan alam semesta karena memiliki unsur yang sama, apa yg ada di alam ada di tubuh kita konsep lebih riil dalam hal ini adalah Tri Hita Karana ( tiga penyebab kebahagiaan ) yaitu dengan menjalin keharmonisan antara :
    1. Parhyangan : manusia dengan Tuhan
    2. Pawongan : manusia dengan manusia
    3. Palemahan : manusia dengan alam

    kembali pada Panca Maha Bhuta :

    NO.....UNSUR......BHUWANA AGUNG........................BHUWANA ALIT
    1. .... Pertiwi.......Tanah..........................................tulang dan daging
    2. .... Apah ........air hujan, danau, sungai, laut ..........darah, kencing, kelenjar
    3. .... Bayu .........angin.......................................... paru-paru/ rongga perut
    4. ....Teja...........matahari...................................... suhu badan, sinar mata
    5. .... Akasa........ angkasa....................................... rambut, kuku, urat saraf, 9 buah lubang: mata (2), hidung (2), telinga
    ........................................................................ (2), mulut (1), dubur (1), kelamin (1)

    klo mengenai 11 tingkatan Bhuwana saya kurang tau Brain, yang ada adalah 15 Tingkatan seperti yang termuat di Lontar Bhuwana Kosa
    sebagai berikut :

    1. Bhur Loka
    2. Bhuwah Loka
    3. Swah Loka
    4. Maha Loka
    5. Jana Loka (Wisnu Loka) Loka)
    6. Tapa Loka (Brahma Loka)
    7. Satya Loka
    8. Siwa Purusa Loka
    9. Siwantara Loka
    10. Kewalya Loka
    11. Siwatma Loka
    12. Parama Kewalya Loka
    13. Atyanta Suksma Loka
    14. Nirbana Siwa Loka
    15. Parama Nirbana Siwa Loka

    dan apa di 15 tingkat tersebut ada dalam tubuh kita ( saya kutip tulisan bapak I Gede Mugi Raharja )

    Pelapisan Alam

    Dalam lontar Bhuwana Kosa, selain menguraikan pengetahuan ajaran suci Siwa, diuraikan juga tingkat-tingkat pelapisan alam dalam bab Brahma Rahasyam (Rahasia Brahma).

    Pelapisan alam tersebut berjumlah 15, terdiri dari Bhur Loka, Bhuwah Loka, Swah Loka, Maha Loka, Jana Loka, Tapa Loka, Satya Loka, Siwa Purusa Loka, Siwantara Loka, Kewalya Loka, Siwatma loka, Parama Kewalya Loka, Atyanta Suksma Loka, Nirbana Siwa Loka, dan Parama Nirbana Siwa Loka.

    Pada tingkat paling bawah adalah bumi (Bhur Loka), tempat hidupnya manusia. Satu tingkat di atasnya adalah angkasa, alam roh-roh suci (Pitra Loka), di atasnya tempat bersemayam para dewa (Swah Loka), merupakan alam surga (Indra Loka). Ketiga alam ini disebut Tri Loka.

    Lapisan alam berikutnya sampai tingkat ke tujuh disebut Sapta Loka. Kelanjutan di atas Tri Loka adalah Maha Loka, tempat bersemayam Yaksa Prajapati, alamnya berwarna merah, putih, hitam.

    Lapis beikutnya Jana loka, persemayaman Wisnu, dengan alam bercahaya hitam pekat. Di atas itu alam Tapa Loka, tempat bersemayam Brahma, alamnya berwujud cahaya yang tak terjangkau panca indra, tak berbuat dan tak dibuat. Satu tingkat di atasnya Satya Loka, bersemayam Rudra dengan alam terang benderang berjiwa suci.

    Tingkatan alam berikutnya sampai tingkat ke-15 (Ekadasa Loka) adalah Siwa Purusa Loka, tempat bersemayam Siwa dengan alam hampa terang benderang, terbebas dari suka dan duka.

    Lapis selanjutnya tempat persemayaman Siwantara (Siwantara Loka), ruangnya hampa, sangat suci dan terbebas dari suka dan duka. Tingkat berikutnya Kewalya Loka, bersemayam Parama Siwa, alamnya hampa terang benderang, tanpa awal, tanpa pertengahan dan tanpa akhir, serta tak terbayangkan pikiran dan perasaan. Di atasnya adalah alam persemayaman Siwatma (Siwatma Loka), alamnya sangat utama, sangat stabil, tanpa keinginan dan tanpa suka duka. Tingkat berikutnya disebut Parama Kewalya (Parama Kewalya Loka), tempat bersemayam Parama Siwa dan Sada Siwa. Di alam ini semua terbebas dari kelahiran dan kematian.

    Lapisan di atasnya adalah tempat bersemayam Atyanta (Atyanta Loka), keadaan alamnya kekal, tanpa awal, tanpa pertengahan dan tanpa akhir. Tingkat berikutnya adalah tempat bersemayam Nirbana Siwa (Nirbana Siwa Loka). Tingkat ke-15 adalah persemayaman Parama Nirbana Siwa (Parama Nirbana Siwa Loka), alam Siwa yang hampa (sunia) dan tenang, sangat mulia tiada tara, maha sempurna. Itulah alam kemoksaan. Di lapisan alam inilah, dengan tingkat spiritual yang tinggi, Dang Hyang Nirartha mampu menyatu, meninggalkan dunia tanpa jasad.

    Pada Manusia

    Pelapisan alam pada Lontar Bhuwana Kosa juga disebutkan ada dalam diri manusia. Disebutkan dalam Bhuwana Kosa bahwa tiga dunia (Tri Loka) yang berwarna merah, berada di dalam pusar. Maha Loka berwarna tiga (merah, putih, hitam) tempatnya di dalam perut. Jana Loka (Wisnu Loka), bercahaya hitam pekat, tempatnya di hati. Tapa Loka (Brahma Loka) di dada. Satya Loka, merupakan alam Brahma Mantra, tempatnya di pangkal leher.

    Alam Siwa Purusa (Siwa Purusa Loka) yang juga disebut niratma, tepatnya di leher. Siwantara Loka berada di langit-langit. Alam Kewalya (Kewalya Loka) di dahi, Siwatma (Siwatma Loka) di antara kedua alis, Parama Kewalya (Parama Kewalya Loka) di kepala. Lalu alam Atyanta Suksma (Atyanta Suksma Loka) di rongga kepala, Nirbana Siwa (Nirbana Siwa Loka) di lobang kepala. Kemudian alam paling atas, Parama Nirbana Siwa (Parama Nirbana Siwa Loka) di ubun-ubun.

    Jadi, kalau lapisan-lapisan alam ini dirusak atau didesak oleh peruntukan ruang yang tidak sesuai dengan alam kodratinya, maka akan terjadi kerusakan alam, atau ketidak-stabilan alam (chaos). Sama dengan membuat manusia itu sakit, mengalami kerusakan atau tidak berfungsinya tubuh manusia seutuhnya.



    [size=xx-small]note:
    mungkin itu bisa membantu Brain, satu lagi klo kamu nanya apa saya pernah pergi semua alam (makro) itu kamu dah tau jawabannya
    :blah: just kidding[/size]
  • saya pernah baca tentang simbolis dari bangunan adat bali Meru.
    yang katanya atapnya tumpangnya itu (satu, dua, tiga, lima, tujuh, sembilan, dan sebelas.) adalah simbolis alam semesta.
    (bhuana agung) dan (bhuana alit).
    bisa juga 11 ini disebut tingkatan atma (
    1 = Sekala, 2 = Niskala, 3 = Cunya, 4 = Taya, 5 = Nirbana, 6 = Moksa, 7 = Suksmataya, 8 = Turnyanta, 9 = Ghoryanta, 10 = Acintyataya, dan 11 = Cayen.)

    ada berberapa yang belum saya mengerti....
    misal alam sekala,niskala,nirbana,moksa itu bisa saya mengerti dan pahami dan lainnya belum paham dan ngerti.

    makanya saya tanya menurut hindu bali.
    keterangan ini menurut Lontar Andha Bhuana

    ps :
    ah ndan ....kita mungkin coba mencocokkan lontar yang satu dengan lontar yang lainnya mungkin ada korelasi nya....ya ga...:D
  • Ini ada ulasan menarik tentang "atap Meru";

    http://blackinjpn.multiply.com/journal/item/57/Meru

    maaf klo tidak berhubungan :D
  • yang ingin saya ulas itu pengertian dari 11 tingkatan tersebut secara rinci mas ar....

  • hmmm ...... terjemahan lontar Andha Bhuwana yang pernah saya baca malah ngomongin tentang penyakit,
    apa saya yang salah baca ya .... :think:
  • brainwashed menulis:
    yang ingin saya ulas itu pengertian dari 11 tingkatan tersebut secara rinci mas ar....

    oh gitu ya....:)
    nunggu penjelasan dari komandan harakiri aja :blah:
    harakiri menulis:
    hmmm ...... terjemahan lontar Andha Bhuwana yang pernah saya baca malah ngomongin tentang penyakit,
    apa saya yang salah baca ya .... :think:

    Tak coba keliling juga semua tempat menyatakan tentang alam semesta;
    "Sowang panta ika maka sthananira mwah angalih aran. Catur Dasa panta ika, sapta Loka kaluhur mwang sapta Patala ming sor".
    Artinya, setiap lapisan itu sebagai sthana beliau (Hyang Widhi) yang masing-masing berganti nama.

    malah dari link ini dinyatakan bahwa Lontar Andha Bhuwana menyebutkan 14 lapisan alam dan bukannya 11 yang seperti ndan Brain katakan??? :think:

    http://www.hindu-dharma.org/2009/06/makna-meru-bagi-tahapan-kehidupan-di-bumi/

    nunggu penjelasan lanjutan aja deh ;)
  • ari_bcak menulis:
    oh gitu ya....:)
    nunggu penjelasan dari komandan harakiri aja :blah:
    harakiri menulis:
    hmmm ...... terjemahan lontar Andha Bhuwana yang pernah saya baca malah ngomongin tentang penyakit,
    apa saya yang salah baca ya .... :think:
    Tak coba keliling juga semua tempat menyatakan tentang alam semesta;

    iya, klo googling bakalan ketemu yang itu.
    juga klo kita baca buku "Pelinggih di Pemerajan" juga bahas masalah Lontar Andha Bhuwana menyebut tentang tingkatan meru melambangkan alam yamg 14 ( Sapta Loka dan Sapta Patala )
    tapi buku terbitan Dinas Kebudayaan Bali ttg alih aksara Lontar Andha Bhuwana kok berisi ttg penyakit ya :think:
    klo Buana Kosa sih memang bahas masalah tingkat alam seperti yang saya posting diatas
  • jelas ada bhuawa nya (ardha) pasti hubungannya ke bhuawa/buana/alam.

    lah udah gede masih bisa di akalin juga.
    kalau diterbitin dinas kebudayaan maka apa wajib di percaya ?wajib diyakini?eit....nanti dulu.
    kalau yang bilang seorang yg waskita pun....eit nanti dulu....di kaji dulu.

    sekarang gini kita bicara Meru yang secara tradisional bali ada filsafatnya tentang alam.
    kalau alam nya ada 14 sesuai diatas(ndan terangkan) seharusnya Meru yang jumlah nya juga 14...
    sekarang kelilingin bali...ada ga meru yang tingkatan nya 14?
    kan gitu aja secara sederhananya....

    ok ndan?saya tunggu hasil surveynya....:D
  • brainwashed menulis:
    jelas ada bhuawa nya (ardha) pasti hubungannya ke bhuawa/buana/alam.

    lah udah gede masih bisa di akalin juga.
    kalau diterbitin dinas kebudayaan maka apa wajib di percaya ?wajib diyakini?eit....nanti dulu.
    kalau yang bilang seorang yg waskita pun....eit nanti dulu....di kaji dulu.

    yah itu kan menurut kamu Brain, mo percaya ato ga ma kitab atau orang yang waskita, terserah kamu brain
    klo saya sih baca kitab/ dengar yang waskita ngomong saya cerna dulu apa maksudnya, bila lum jelas nanya ke yang tau ato cari referensi lain ( seperti saat ini saya lg nyari Lontar Andha Bhuwana yg bahas masalah tingkatan alam )

    sapa bilang gitu brain, klo ada bhuwana pasti bahas alam/ tingkatan alam

    kata Andha/ Anda = selain berarti tingkatan juga bisa berarti kotor/ gelap, bisa juga berarti telur

    seperti yang saya bilang bahwa Lontar Andha Bhuwana yg saya baca membahas masalah penyakit (kekotoran/ leteh) yang ada di dunia/ alam, bukan bahas masalah tingkatan alam
    brainwashed menulis:
    sekarang gini kita bicara Meru yang secara tradisional bali ada filsafatnya tentang alam.
    kalau alam nya ada 14 sesuai diatas(ndan terangkan) seharusnya Meru yang jumlah nya juga 14...
    sekarang kelilingin bali...ada ga meru yang tingkatan nya 14?
    kan gitu aja secara sederhananya....

    ok ndan?saya tunggu hasil surveynya....:D

    tumpang/ tingkatan meru memang maksimal 11
    lalu 3 lagi yang mana, biar 14
    lihat bagian dasar bangunan pelinggih sebelum tumpangnya brain lalu ada badan dimana terdapat ruangan lalu Atapnya sendiri sebagai kesatuan ketiganya ini
    Dasar/ kaki
    Badan / ruang
    Atap/ tumpang secara keseluruhan /kepala

    dinamakan tri Angga ( tiga bagian tubuh)
    jadi seluruh bangunan Meru merupakan lambang 14 tingkatan alam.... brain, jangan dihitung tumpang ato tingkatnya doang, tapi seluruh bangunannya
    nah terkait dengan tumpang/tingkatan selain melambangkan lapisan alam (+ tri Angga ) 11 tingkatan tumpang merupakan perlambang 10 Aksara yang klo semuanya digabung menjadi Aksara Om
    10 Aksara + Aksara gabungan itu adalah 11 Aksara suci



    [size=xx-small]Nb : klo ga cocok dengan penjelasan saya , kenapa ga kamu aja yang survey sendiri brain
    nanti hasil survey nya sharing disini dan kita bahas :D
    saya tunggu juga lho :ngakak: [/size]
  • nah itulah alam yang kita bicarakan......ada 14 atau 11 monggo saja.
    kalau Andha - kotoran apa salah?ga....karena tingkatan alamnya mengatakan demikian.
    kalau Andha - telur / kehidupan apa salah?....ga...karena tingkatan alamnya mengatakan demikian.
    jadi kalau saya mengartikan Andha bhuawana - alam kehidupan ...itu kan terserah saya.

    memang semuanya terserah makhluk yang berada di 14 alam / 11 alam whatever lah....

    seharusnya ada 13 aksara + om jadi ada 14 aksara suci.

    ini bukan masalah ga cocok atau mencocokkan ...
    pertanyaan saya awal itu pengen tahu penjelasan / uraian :

    1 = Sekala, 2 = Niskala, 3 = Cunya, 4 = Taya, 5 = Nirbana, 6 = Moksa, 7 = Suksmataya, 8 = Turnyanta, 9 = Ghoryanta, 10 = Acintyataya, dan 11 = Cayen.)

    sederhana nya itu saja....tau ga ndan?
  • ari_bcak menulis:

    malah dari link ini dinyatakan bahwa Lontar Andha Bhuwana menyebutkan 14 lapisan alam dan bukannya 11 yang seperti ndan Brain katakan??? :think:

    http://www.hindu-dharma.org/2009/06/makna-meru-bagi-tahapan-kehidupan-di-bumi/

    nunggu penjelasan lanjutan aja deh ;)

    mungkin perbedaannya dari hindu india dan hindu bali ....

    dari awal makanya saya tanyaken menurut tradisi hindu bali(bukan hindu india).

    perkataan saya tentang 11 alam tersebut sebenarnya bukan dari saya....tapi dari masyarakat bali sendiri.
    jadi saya tidak mengada ada.....

    http://www.balipost.co.id/balipostcetaK/2005/8/7/D1.html

    saya ini bukan hindu dan bukan orang bali....jadi mana berani bikin2 pemahaman sendiri(apalagi bawa2 hindu dan bali).

  • brainwashed menulis:
    nah itulah alam yang kita bicarakan......ada 14 atau 11 monggo saja.

    seharusnya ada 13 aksara + om jadi ada 14 aksara suci.

    brain yang terkait dengan Dasa Aksara + Om itu adalah tumpang meru nya ( maksimal 11 )
    bukan meru scr keseluruhan sebagai pelinggih
    Meru scr keseluruhan ( Tri Angga/ 3 ) + tingkat/ tumpangnya 11 melambangkan 14 alam sekaligus simbol Makrokosmos dan mikrokosmos
    meru juga simbol dari gunung
    meru juga simbul Purusa dan Pradana

    brainwashed menulis:
    1 = Sekala, 2 = Niskala, 3 = Cunya, 4 = Taya, 5 = Nirbana, 6 = Moksa, 7 = Suksmataya, 8 = Turnyanta, 9 = Ghoryanta, 10 = Acintyataya, dan 11 = Cayen.)

    sederhana nya itu saja....tau ga ndan?

    lum tau Ndan (karena saya lum baca Lontar Andha Bhuwana yg bahas masalah tingkatan alam, malah ketemu yg bahas penyakit )

    brainwashed menulis:
    perkataan saya tentang 11 alam tersebut sebenarnya bukan dari saya....tapi dari masyarakat bali sendiri.
    jadi saya tidak mengada ada.....

    http://www.balipost.co.id/balipostcetaK/2005/8/7/D1.html

    :D yg bilang kamu mengada2 sapa Brain ? saya pun menemukan banyak artikel / tulisan yang mengutip bahwa Lontar Andha Bhuwana membahas masalah tingkat alam termasuk dalam Buku "Pelinggih di Pemerajan" yg disusun oleh I ketut Wiana menyebutkan juga begitu.
    makanya sebelum konfirm ke kamu saya harus ketemu ma Lontar Andha Bhuwana yg bahas masalah tingkatan alam
    biar ga ngarang :blah:
    tapi sayang lum ketemu tuh :sorry:
    jadi saya lum bisa ngasi penjelasan ke kamu Brain, mungkin Ndan ari_bcak bisa atau teman yg lain bisa
    brainwashed menulis:
    saya ini bukan hindu dan bukan orang bali....jadi mana berani bikin2 pemahaman sendiri(apalagi bawa2 hindu dan bali).

    ah masak Brain, dulu di FBI ini ada sahabat saya yg pakai nickname Brainwashed
    bilang gini : klo ketemu ma orang Islam maka dia Islam, klo ketemu ma orang Kristen maka dia Kristen, klo ketemu ma Orang Hindu maka dia Hindu....................
    ah mungkin itu Brainwashed yg lain :D
    [size=xx-small]:just kidding Brain:[/size]

  • harakiri menulis:
    brain yang terkait dengan Dasa Aksara + Om itu adalah tumpang meru nya ( maksimal 11 )
    bukan meru scr keseluruhan sebagai pelinggih
    Meru scr keseluruhan ( Tri Angga/ 3 ) + tingkat/ tumpangnya 11 melambangkan 14 alam sekaligus simbol Makrokosmos dan mikrokosmos
    meru juga simbol dari gunung
    meru juga simbul Purusa dan Pradana

    brainwashed menulis:
    1 = Sekala, 2 = Niskala, 3 = Cunya, 4 = Taya, 5 = Nirbana, 6 = Moksa, 7 = Suksmataya, 8 = Turnyanta, 9 = Ghoryanta, 10 = Acintyataya, dan 11 = Cayen.)

    sederhana nya itu saja....tau ga ndan?
    lum tau Ndan (karena saya lum baca Lontar Andha Bhuwana yg bahas masalah tingkatan alam, malah ketemu yg bahas penyakit )

    brainwashed menulis:
    perkataan saya tentang 11 alam tersebut sebenarnya bukan dari saya....tapi dari masyarakat bali sendiri.
    jadi saya tidak mengada ada.....

    http://www.balipost.co.id/balipostcetaK/2005/8/7/D1.html

    :D yg bilang kamu mengada2 sapa Brain ? saya pun menemukan banyak artikel / tulisan yang mengutip bahwa Lontar Andha Bhuwana membahas masalah tingkat alam termasuk dalam Buku "Pelinggih di Pemerajan" yg disusun oleh I ketut Wiana menyebutkan juga begitu.
    makanya sebelum konfirm ke kamu saya harus ketemu ma Lontar Andha Bhuwana yg bahas masalah tingkatan alam
    biar ga ngarang :blah:
    tapi sayang lum ketemu tuh :sorry:
    jadi saya lum bisa ngasi penjelasan ke kamu Brain, mungkin Ndan ari_bcak bisa atau teman yg lain bisa

    ah masak Brain, dulu di FBI ini ada sahabat saya yg pakai nickname Brainwashed
    bilang gini : klo ketemu ma orang Islam maka dia Islam, klo ketemu ma orang Kristen maka dia Kristen, klo ketemu ma Orang Hindu maka dia Hindu....................
    ah mungkin itu Brainwashed yg lain :D
    [size=xx-small]:just kidding Brain:[/size]

    mungkin semua permasalahan diatas karena kalimat yg saya bold.
    ya sebenarnya saya ga mau memperpanjang/memperdebat lontar yang lain.
    yg ingin saya tanyakan khusus lontar andha buana saja.
    dan 11 alam yang terdapat dalam lontar tersebut.
    tentunya agar tidak debat kusir.

    mengapa saya menyebut 11 ? karena 11 alam tersebut tidak sama dengan 14 alam yang ndan bilang.tidak sama secara tulisan dan urutan.

    tapi mungkin sebenarnya berhubungan atau sebenarnya sama.
    ini tentunya analisa saya...

    NO.....UNSUR......BHUWANA AGUNG........................BHUWANA ALIT
    1. .... Pertiwi.......Tanah..........................................tulang dan daging
    2. .... Apah ........air hujan, danau, sungai, laut ..........darah, kencing, kelenjar
    3. .... Bayu .........angin.......................................... paru-paru/ rongga perut
    4. ....Teja...........matahari...................................... suhu badan, sinar mata
    5. .... Akasa........ angkasa....................................... rambut, kuku, urat saraf, 9 buah lubang: mata (2), hidung (2), telinga
    ........................................................................ (2), mulut (1), dubur (1), kelamin (1)

    ini adalah (1. Bhur Loka 2. Bhuwah Loka 3. Swah Loka 4. Maha Loka 5. Jana Loka (Wisnu Loka)) atau kalau dalam lontar andha adalah alam sekala.

    tapa loka - alam niskala.
    dst....
    pas kan jumlah nya 11 ?.....hehehe

    terus terang ini ketemunya malem ini ndan.jadi bukan ngetest.

    so yg ndan bicarakan diatas(buana kosa) sama dengan yg saya bicarakan(11 alam/andha buana).

    saya bertanya saya yang jawab sendiri.....:D

    soal bukan bali dan hindu bukannya apa ndan...nanti saya dibilang fitnah.....adanya 14/15 alam ...saya bilang 11.....kalau saya sih sampe 21 alam pun ngerti ndan....cuma bahasanya itu yg berbeda2 jadi saya suka terkecoh....
  • brainwashed menulis:
    mengapa saya menyebut 11 ? karena 11 alam tersebut tidak sama dengan 14 alam yang ndan bilang.tidak sama secara tulisan dan urutan.

    tapi mungkin sebenarnya berhubungan atau sebenarnya sama.
    ini tentunya analisa saya...
    ...................................................
    terus terang ini ketemunya malem ini ndan.jadi bukan ngetest.

    so yg ndan bicarakan diatas(buana kosa) sama dengan yg saya bicarakan(11 alam/andha buana).

    saya bertanya saya yang jawab sendiri.....:D

    soal bukan bali dan hindu bukannya apa ndan...nanti saya dibilang fitnah.....adanya 14/15 alam ...saya bilang 11.....kalau saya sih sampe 21 alam pun ngerti ndan....cuma bahasanya itu yg berbeda2 jadi saya suka terkecoh....

    mungkin juga gitu brain.....
    klo saya sih pengen segera ketemu ma Lontar Andha Bhuwana yg bahas masalah 11 itu biar lebih jelas

    21 ?? kamu mo bikin Bade Brain :D
  • brainwashed menulis:
    mungkin semua permasalahan diatas karena kalimat yg saya bold.
    ya sebenarnya saya ga mau memperpanjang/memperdebat lontar yang lain.
    yg ingin saya tanyakan khusus lontar andha buana saja.
    dan 11 alam yang terdapat dalam lontar tersebut.
    tentunya agar tidak debat kusir.
    harakiri menulis:

    jadi saya lum bisa ngasi penjelasan ke kamu Brain, mungkin Ndan ari_bcak bisa atau teman yg lain bisa

    Lontar ini kebetulan ada teman yang katanya punya di Sukawati (Gung De), saya juga masih menunggu konfirmasi karena kebetulan beliau bilang mau bongkar-bongkar lontarnya dulu :D

    ntar klo udah ada konfirmasi, kita bahas disini :shy:
  • ari_bcak menulis:
    harakiri menulis:

    jadi saya lum bisa ngasi penjelasan ke kamu Brain, mungkin Ndan ari_bcak bisa atau teman yg lain bisa

    Lontar ini kebetulan ada teman yang katanya punya di Sukawati (Gung De), saya juga masih menunggu konfirmasi karena kebetulan beliau bilang mau bongkar-bongkar lontarnya dulu :D

    ntar klo udah ada konfirmasi, kita bahas disini :shy:

    siip ditunggu deh :wait:
  • ari_bcak menulis:
    harakiri menulis:

    jadi saya lum bisa ngasi penjelasan ke kamu Brain, mungkin Ndan ari_bcak bisa atau teman yg lain bisa

    Lontar ini kebetulan ada teman yang katanya punya di Sukawati (Gung De), saya juga masih menunggu konfirmasi karena kebetulan beliau bilang mau bongkar-bongkar lontarnya dulu :D

    ntar klo udah ada konfirmasi, kita bahas disini :shy:

    sip ...bagus juga buat nambah pengetahuan.
    kalau ulasan mikrokosmos saya rasa sudah paham semua...
    hingga kita bisa ulas yang makrokosmos.
    berdasarkan tingkat alam tersebut.

    namanya alam kan pasti ada makhluknya....
    sama seperti 31 alam menurut buddha.

  • Kok saya ga ada yang paham sama sekali tentang apa ini thread. Tolong dibantu ..
  • Kareem menulis:

    Kok saya ga ada yang paham sama sekali tentang apa ini thread. Tolong dibantu ..

    :ngakak:
    Ndan kareem bisa aja

    kita lagi bahas masalah 11 tingkatan alam dan kaitannya filosofisnya bangunan/pelinggih Meru
    brain nanya 11 versi Andha Bhuwana
    saya bilang ada 15 versi Bhuwana Kosa
    Ari bilang ada 14 versi Andha Bhuwana

    tapi sayangnya ga satupun dari kita pernah baca /mempelajari lontar Andha Bhuwana yg membahas masalah tingkatan/ lapisan alam
    saya sendiri malah ketemu Andha Bhuwana yg 'lain'

    sekarang qta lagi duduk2 manis nunggu Ndan Ari bawa kabar gembira :blah:

    mungkin Ndan Kareem pernah baca Andha Bhuwana ? ;)




  • Opps.. setelah saya baca ulang, saya lihat ada yang kurang pas disini.

    Brain minta penjelasan alam demi alam yang ada dalam 11 tingkatan alam(makro dan mikro),
    Harakiri memberikan tingkatan alam dalam versi lain tapi masih tanpa penjelasan.
    Ari_bcak juga memberikan tingkatan alam versi lain yang lagi-lagi tanpa penjelasan.
    Kareem bingung........

    @Harakiri n ari_bcak,
    menurut saya yang diminta brain adalah penjelasan dari masing masing alam yang ada dalam andha bhuwana, seperti;
    1.Sekala adalah alam nyata, alam kehidupan kita saat ini, alam untuk belajar, berkarya,dll sesuai karma masing-masing
    2.Niskala adalah alam pikiran bla..bla..bla..
    3.Cunya adalah alam sesudah kematian(?) bla..bla....
    4.Taya adalah alam tunggu(?) bla..bla....
    5.Nirbana adalah alam persatuan(?) bla..bla..
    6.Moksa adalah alam pembebasan(?) bla..bla..
    7.Suksmataya adalah.......
    8.Turnyanta adalah.......
    dst..
    9.Ghoryanta
    10.Acintyataya
    sampai..
    11.Cayen

    @Brain, yang ditanyakan begitu bukan?
  • @ Kareem

    iya tau, tapi kan udah dibilang
    saya & Ari lum ketemu ma Lontar Andha Bhuwana yang membahas masalah yang 11 itu
    kita ngasi sumber lain biar tau klo lontar yg bahas tingkatan Alam ga cuma satu
    dan sampai sekarang kita masih nunggu temannya Ndan Ari bongkar2 Arsip LOntarnya

    ikutan nunggu yuk :wait:
  • Kareem menulis:

    @Brain, yang ditanyakan begitu bukan?

    sebenarnya awalnya pengen menanyakan itu saja....(karena ga tau artinya) / penjelasannya.
    karena tadinya saya pikir berbeda(11 dan 14/15).

    tapi setelah dikaji ulang...kayaknya sama aja...hanya beda bahasa.
    tapi mungkin lebih baik nunggu yg bawa langsung sumbernya...(bukan nambah khazanah....:D)
  • Mungkin ibarat seperti kue lapis.
    Jangan anda tanyakan lapis perlapisnya, tapi semua lapis itu seharus di masukin kedalam mulut sekaligus sesuai dgn kemauan pembuatnya. Itulah kue Lapisnya...

    Ikut menunggu :blah:
  • MuakMan(MM) menulis:
    Mungkin ibarat seperti kue lapis.
    Jangan anda tanyakan lapis perlapisnya, tapi semua lapis itu seharus di masukin kedalam mulut sekaligus sesuai dgn kemauan pembuatnya. Itulah kue Lapisnya...

    Ikut menunggu :blah:

    nah bedanya dengan kue lapis kalau semuanya masuk kemulut sekaligus maka ga tahu beda rasa nya lapis demi lapis.
    campur aduk.....disinilah suka terjadi kebimbangan.
    buat yang makan kue lapis sekali telan.
    nikmati lapis demi lapis....tidak terlena dengan rasa lapis lapisan tersebut.
    kalau semua kue lapis udah ditelan....sama seperti menelan alam semesta.
    seperti dewa ruci kali yah....hehehe
  • brainwashed menulis:
    nah bedanya dengan kue lapis kalau semuanya masuk kemulut sekaligus maka ga tahu beda rasa nya lapis demi lapis.
    campur aduk.....disinilah suka terjadi kebimbangan.
    buat yang makan kue lapis sekali telan.
    nikmati lapis demi lapis....tidak terlena dengan rasa lapis lapisan tersebut.
    kalau semua kue lapis udah ditelan....sama seperti menelan alam semesta.
    seperti dewa ruci kali yah....hehehe

    Adinda pacak bae belapis :ngapak:

    Justru rasa kue lapis baru bisa terasa nikmatnya ketika semua lapis itu dimakan sekaligus. Coba aza kue lapis itu dibuka perlembar tipis dan makan selapis demi selapis... rasanya manis dan gurih lapisan gosongnya bakal kurang terasa. Kayak lapis surabaya yg bagian tengah terselip rasa coklat.

    Agama itu emang berlapis-lapis jd umatnya pandai belapis.
    Ada yg lapis 3, lapis 4, lapis 7 termasuk lapis 14 sampe kepada lapis 99.
    Ada yg coklatnya dilapis paling bawah, ada yg dibagian paling atas dan ada juga yg terjepit.

    Sebenarnya sy punya pertanyaan lbh lanjut setelah pertanyaan adinda brain terjawab atas perngertian lapisan tersebut.
    Jika sudah terjawab, atas dasar apa lapisan ini dipisah menurut posisinya.
    Dan apa ada hubungan atar lapis ini, apakah setiap lapisan bisa di by pass, siapa yg menciptakan dan menentukan peran lapisan ini.

    Apakah Alam Semesta ini (terutama unit bumi) tercipta sdh dgn lapisannya?

    NT,
    Sore ini ternyata mendadak hujan angin gede.
  • Setia menunggu...
    apakah alam ini alam yang mutlak akan dilalui semua manusia,
    atau alam yang 'bisa' dicapai oleh manusia selagi hidup.
  • MuakMan(MM) menulis:

    Adinda pacak bae belapis :ngapak:

    Justru rasa kue lapis baru bisa terasa nikmatnya ketika semua lapis itu dimakan sekaligus. Coba aza kue lapis itu dibuka perlembar tipis dan makan selapis demi selapis... rasanya manis dan gurih lapisan gosongnya bakal kurang terasa. Kayak lapis surabaya yg bagian tengah terselip rasa coklat.

    Agama itu emang berlapis-lapis jd umatnya pandai belapis.
    Ada yg lapis 3, lapis 4, lapis 7 termasuk lapis 14 sampe kepada lapis 99.
    Ada yg coklatnya dilapis paling bawah, ada yg dibagian paling atas dan ada juga yg terjepit.

    Sebenarnya sy punya pertanyaan lbh lanjut setelah pertanyaan adinda brain terjawab atas perngertian lapisan tersebut.
    Jika sudah terjawab, atas dasar apa lapisan ini dipisah menurut posisinya.
    Dan apa ada hubungan atar lapis ini, apakah setiap lapisan bisa di by pass, siapa yg menciptakan dan menentukan peran lapisan ini.

    Apakah Alam Semesta ini (terutama unit bumi) tercipta sdh dgn lapisannya?

    NT,
    Sore ini ternyata mendadak hujan angin gede.

    klo menurut saya, lapisan lapisan alam itu dibagi sesuai dengan pemahaman manusia terhadap kondisi alam tersebut sendiri
    taruh lah contoh atmosfer bumi, menurut pemahaman orang itu hanya satu lapis, tapi orang yang memiliki pemahaman dan pengetahuan lebih akan membagi lapisan atmosfer menjadi beberapa bagian.
    namun orang yang mempunyai pemahaman lebih pun ketika berbicara dengan orang awam demi mudah di mengerti akan mengatakan atmosfer itu hanya satu lapis serta menjelaskan kondisi dan kegunaannya secara umum.

    mungkin ilustrasi diatas juga digunakan oleh leluhur dulu dalam menjelaskan pengetahuan mereka, tergantung kondisi kala itu dan sapa audiance yang dituju serta tingkat pemahaman mereka. makanya lontar satu dengan lontar yang lain terdapat perbedaan
    gitu kale Ndan Muak

    oh ya lupa lupa ngucapin selamat datang di room Hindu
    klo Ndan Brain dan Kareem sih dah sering berkunjung :blah:
  • Kareem menulis:
    Setia menunggu...
    apakah alam ini alam yang mutlak akan dilalui semua manusia,
    atau alam yang 'bisa' dicapai oleh manusia selagi hidup.

    mungkin dalam Lontar Bhuwana kosa itu tersirat Ndan Kareem
    bahwa apa yg ada di Makro ada juga di mikro unsur yg membentuk sama
    lapisan alam ( makro ) juga ada padanannya di tubuh kita (mikro), jika ingin mencapai alam tsb maka dimulai dari memperlakukan dengan baik tubuh kita

  • MuakMan(MM) menulis:

    Sebenarnya sy punya pertanyaan lbh lanjut setelah pertanyaan adinda brain terjawab atas perngertian lapisan tersebut.
    Jika sudah terjawab, atas dasar apa lapisan ini dipisah menurut posisinya.
    Dan apa ada hubungan atar lapis ini, apakah setiap lapisan bisa di by pass, siapa yg menciptakan dan menentukan peran lapisan ini.

    Apakah Alam Semesta ini (terutama unit bumi) tercipta sdh dgn lapisannya?

    NT,
    Sore ini ternyata mendadak hujan angin gede.

    - kalau menurut saya ini terjadi ketika "BANG"....
    ada pengertian lain Big bang yang belum / terlewatkan kajiannya.
    "Dentuman besar bukanlah suatu ledakan, bukan penghamburan materi ke ruang kosong, melainkan suatu proses pengembangan alam semesta itu sendiri. Dentuman besar adalah proses pengembangan ruang-waktu. Bahkan istilah 'ledakan besar' sendiri merupakan istilah salah kaprah."
    kalau bicara proses....mungkin ratusan / ribuan tahun pakde.

    - jelas ada hubungannya karena satu kesatuan.jelas bisa di bypass.ibarat ngebor minyak.....kan semua nya senang apabila sampai ke tujuan(minyak).nah siapa yg menciptakan dan menentukan peran lapisan ini adalah sang hyang tunggal/brahman/Eyang / alam makrokosmos dan alam mikrokosmos.

    pengetahuan tentang alam ini sebenarnya untuk kepentingan manusia itu sendiri;
  • Dalam adat baduy....terjadi alam(3/11/14/15) adalah karena Sang Hyang Tunggal keluar dari tidak ada menjadi ada.
    dari TIDAK ADA kehendak, rasa dan nurani,kekuasaan, kekuatan dan tenaga, ucapan, pikiran dan kata-kata menjadi ADA.Itulah awal mula terjadinya segala sesuatu ini atau munculnya alam semesta(menjadi seperti kue lapis)


Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori