ICW: 23 Perwira Itu Konsultan Bisnis Hebat

[size=x-large]ICW: 23 Perwira Itu Konsultan Bisnis Hebat[/size]
Sabtu, 17 Juli 2010


VIVAnews - Markas Besar Kepolisian kemarin merilis 23 rekening janggal milik perwira polisi tidak terindikasi pidana.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Inspektur Jenderal Edward Aritonang, menyatakan awalnya memang mencurigakan, tapi kemudian tidak terbukti ada pelanggaran.

Menurut Edward, rekening itu dapat dipertanggungjawabkan. "Ada rekening yang hasil investasi keluarga, bidang angkot, usaha kebun, ada terkait usaha keluarga besar," katanya dalam jumpa pers hari Jumat kemarin.

Menanggapi hal itu, Koordinator Indonesia Corruption Watch Danang Widoyoko mengatakan, "Kalau boleh saya usul, Presiden merekrut bapak-bapak perwira polisi itu sebagai konsultan Menteri BUMN."

Menurutnya, perwira polisi yang mengelola hartanya menjadi usaha, sangat diperlukan pemerintah sebagai masukan untuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Karena dengan begitu, polisi seperti itu layak menjadi konsultan untuk mengembangkan perekonomian negara.

"Mungkin di tangan polisi akan lebih baik. Kan halal semua itu rekeningnya, bisnisnya. Berarti konsultan-konsultan bisnis yang hebat," kata Danang, Sabtu 17 Juli 2010.

Dia juga berseloroh, salah satu perwira yang disebut mengelola bisnis sebagai pengusaha angkutan umum dapat direkrut oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, untuk mengembangkan transportasi massal di Jakarta. "Rekrutlah sebagai konsultan. Sah itu, halal," katanya.

ICW sudah dua kali melaporkan rekening satu jenderal polisi ke Komisi Pemberantasan Korupsi. Menurut ICW, pada rekening jenderal berinisial BG tersebut pernah terjadi transaksi puluhan miliar rupiah, namun di saat bersamaan, laporan harta kekayaannya ke KPK tak mencapai Rp5 miliar.

Comments

Sign In or Register to comment.

Welcome to FORUM!

If you want to take part in the discussions, sign in or apply for membership below!