Contact Us

Beras Kencur, Jamu Gendong Populer

SEJARAH jamu gendong seiring perjalanan sejarah kerajaan Mataram Islam. Wiku, orang pintar atau dukun yang pertama kali membuat ramuan dari tumbuh-tumbuhan yang kemudian dijajakan dengan cara dipikul laki-laki dan digendong oleh perempuan.

Di antara kedua cara ini, jamu gendong inilah yang tetap berjalan hingga sekarang. Jenis jamu gendong bermacam-ragam seperti cabe puyang, beras kencur, dan daun pepaya. Jamu gendong yang populer sampai sekarang adalah beras kencur yang berkhasiat menghilangkan pegal-pegal pada tubuh. Selain itu, dapat merangsang nafsu makan. Bahan pokoknya adalah beras dan kencur. Sebagai pemanis digunakan gula merah dicampur gula pasir dan ditambah sedikit garam.

Ramuan untuk membuat jamu beras kencur menggunakan bahan 1 setengah ons beras, 1 setengah ons kencur, kapulaga 6 butir, jahe setengah ons, jeruk nipis 2-3 buah, asam kawak setengah ons, gula merah setengah kg, gula pasir secukupnya, garam secukupnya, dan air 4 liter. Masukkan air ke dalam panci bersama gula merah dan asam kawak, kemudian rebus sampai mendidih sambil diaduk agar seluruh bahan larut. Setelah mendidih, angkat dan tambahkan sedikit garam, lalu aduk dan biarkan dingin, kemudian saring. Jahe dan kencur dicuci bersih kemudian dikupas kulitnya. Cuci sekali lagi dan iris tipis-tipis. Selanjutnya, jahe, kencur, dan kapulaga dicuci dengan air panas. Bahan-bahan tersebut ditambah sedikit air matang dan dihaluskan (menggunakan blender jika ada). Bahan-bahan yang sudah halus seperti bubur itu diperas dan disaring untuk diambil sarinya dan langsung dicampurkan dengan larutan gula asam sambil diaduk. Masukkan dalam botol yang bersih dan kering, kemudian tutup rapat.
http://www.koranmerapi.com/article.php?sid=9409

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori