Contact Us

HUKUM NEGARA VS. HUKUM ISLAM ( Membahas tindak FPI )

bet75 menulis:
pertama, FPI bukan sertamerta cerminan islam coz gak sedikit org2 muslim yg merasa keberatan n merasa tercoreng am tindakan anarki FPi..dan malah tindakan mrk mencerminkan mrk msh dangkal penggetahuan ttg islam,,

yg kedua indonesia adalah negara hukum yg berlandaskan pancasila,,jd sebenarnya organisasi kemasyarakatan yg diluar pancasila dapat dibubarkan dan tidak mempunyai hak dalam melakukan tindakan2 yg menjadi tanggung jawab polisi sebagai penegak hukum(Secara teori).

dan kalau dipertanyakan hukum siapa yg pantas menatur negara dalam cangkupan sosial?!..ya jelas hukum negara RI,,coz,,aneh gak klu ngedengar "fpi=polisi moral"...dmn2 moral itukan kembali ke pada diri masing2 yg berdampak tersirat pada masyarakat dan dipertanggung jawabkan langsung pada tuhan,,bkn bgtu?
:top: :top:
«1345678

Komentar

  • Menurut anda, mana yang lebih berhak mengatur hubungan sosial dalam masyarakat ?
    Hukum Negara atau Hukum FPI ( Islam )...
    Mari kita perdebatkan dengan kepala dingin
    ( Tidak pakai makian, yang kurang sopan saya tidak harap untuk mem-post di thread saya ini )
    If you have brain..
    Give me the reason and fact, OK ?
    Don't just blame someone...
  • dua pilihan tersebut saya tidak bisa milih.
    tapi baiknya jangan menyamakan FPI dengan Islam.

    lebih bagus pakai hukum nurani, selama kita bisa jujur dan patuh pada nurani.
  • hukum negara yang mengatur hubungan sosial masyarakat.
    hukum negara bersifat dinamis dan akan terus diperkaya dan disempurnakan dari kebudayaan dan bahkan agama-agama yang ada.
    fpi sama dengan islam??? kayanya banyak yang tidak sependapat tuh...
    founding father udah bener dengan PANCASILA, selalu berpikir dalam kerangka PANCASILA maka hukum negara akan dapat mengatur hubungan sosial dalam masyarakat dengan baik dan benar.
  • Ini adalah bahasan dari tindak FPI dipandang dari hukum negara dan hukum Islam dalam yang diterapkan FPI...
    Apakah hukum Islam memandang tindakan FPI itu benar?
    Apakah hukum negara memandang tindakan FPI itu benar?
    Beserta alasan..
    Maksud dari tanda baca dalam kurung yang saya pakai adalah FPI menggunakan dasar-dasar hukum dari agama Islam..Karena saya ingin membahas tentang FPI bukan tentang Islamnya..
    Bukan mensejajarkan posisi FPI dengan Islam, bro..
    Terima kasih atas pendapatnya, sundul kembali..
  • pokoknya asal pakai baju seperti nabi ( arab) bisa dibilang paling benar lah :cool: :cool:
  • arlnov menulis:
    pokoknya asal pakai baju seperti nabi ( arab) bisa dibilang paling benar lah :cool: :cool:
    Ada benernya nih.............. :grin: :grin: :grin:
    Tapi gak semua lho bang............ :top:
  • Yah.. emang susah sih kalo ngomongim FPI.

    beberapa orang Islam menganggap mereka duri dalam daging.

    beberapa ada yg mendukung atau sekedar simpati, meski gak setuju caranya.

    Tapi dalam hukum negara, kayaknya sang Pakar alias Pulisi diem aja tuh.. Gimana hayo? :grin:
  • t3nn4n9 menulis:
    Menurut anda, mana yang lebih berhak mengatur hubungan sosial dalam masyarakat ?
    Hukum Negara atau Hukum FPI ( Islam )...
    Mari kita perdebatkan dengan kepala dingin
    ( Tidak pakai makian, yang kurang sopan saya tidak harap untuk mem-post di thread saya ini )
    If you have brain..
    Give me the reason and fact, OK ?
    Don't just blame someone...
    hukum negara dong,hukum FPI itu hanya semacam simbol saja dari hubungan sosial qta yg tidak bisa lepas.,yahh,semacam simbol or kebudayaan bangsa,karena negara indo mayoritas adalah islam.,
  • pertama, FPI bukan sertamerta cerminan islam coz gak sedikit org2 muslim yg merasa keberatan n merasa tercoreng am tindakan anarki FPi..dan malah tindakan mrk mencerminkan mrk msh dangkal penggetahuan ttg islam,,

    yg kedua indonesia adalah negara hukum yg berlandaskan pancasila,,jd sebenarnya organisasi kemasyarakatan yg diluar pancasila dapat dibubarkan dan tidak mempunyai hak dalam melakukan tindakan2 yg menjadi tanggung jawab polisi sebagai penegak hukum(Secara teori).

    dan kalau dipertanyakan hukum siapa yg pantas menatur negara dalam cangkupan sosial?!..ya jelas hukum negara RI,,coz,,aneh gak klu ngedengar "fpi=polisi moral"...dmn2 moral itukan kembali ke pada diri masing2 yg berdampak tersirat pada masyarakat dan dipertanggung jawabkan langsung pada tuhan,,bkn bgtu?
  • berikan hipotesa anda..
    Kenapa polisi tidak menangkap para anggota FPI yang melanggar hukum negara?
    Dan juga kenapa Aa gym, KH. zainuddin mz tidak menegor habib rizieq ?
  • gwa heran pakaian FBI macam orang arab tapi kelakuan kaya anjing... setann.... obrak obrik pedagang kaki lima.. kasihan gwa lihatnya pedagang kaki lima...
  • pokoknya selama masih dekat2x akidah seperti FPI, seperti malysia...
    mau dibantai semua penduduk indonesia semua pemuka agama terutama islam bungkam seribu bahasa....

    tapi beda kasus jika yg melakukan org israel bukan pada penduduk indonesia tapi rakyat palestina... pasti jalan2x macet :cool:
  • arlnov menulis:
    pokoknya selama masih dekat2x akidah seperti FPI, seperti malysia...
    mau dibantai semua penduduk indonesia semua pemuka agama terutama islam bungkam seribu bahasa....

    tapi beda kasus jika yg melakukan org israel bukan pada penduduk indonesia tapi rakyat palestina... pasti jalan2x macet :cool:
    Ya begitulah rakyak kita bung arlnov. Saya sendiri heran... Apa sih yang ada di dalam kepala mereka?? Apa saja tindakan seseorang asalkan ada embel2 islamnya, jadi legal. Lagian masalah timur tengah kan masalah rebutan tanah, eh kok umat muslim ributin masalah agama... Israel ama palestina tuh pada ketawa dalam hati, ikut campur tapi gak tau masalah.
  • Buat hukum baru aja, hukum RI sekarang udah kaduluarsa. Contohnya masih sering dipakainya pasal2 karet untuk menangkap seseorang, kalo FPI kelewat bagus :D jd gak bisa diterapkan.
  • yang jadi masalah sekarang
    apakah FPI pake Hukum Islam????

    secara jujur saya bandingkan antara cara bersikap, bertindak dan berperilaku FPI dengan hukum-hukum Islam yang saya ketahui.
    ada yang berbeda, bahkan bertolak belakang.
    ini baru dibandingkan dengan hukum-hukum islam pada umumnya
    belum jika dibandingkan dengan khilafiyah-nya
    walaupun tidaklah banyak, tapi sungguh signifikan akibatnya.

    yang saya khawatirkan dia mengambil dari mahzab tertentu misalnya mahzab khawariz yang dikenal mahzab sangat keras. (tapi ini hanya dugaan saya, mohon diabaikan)
  • Analisa atau apapun namanya menurut saya begini :

    Tindak FPI menurut Islam..tidak bisa disalahkan seluruhnya. Niat "Nahyil Munkar" (memerangi kemunkaran/keburukan/kekeliruan) dan usahanya sudah baik tapi masih banyak kekurangan. Saat melakukan demo/aksi banyak massa FPI yang tidak terkendali, atau tidak mengikuti instruksi pimpinannya. Ini kelemahan FPI. Demikian kenapa para Ulama/Kyai yang lain tidak menegur keras kepada Habib R. Jika Ulama lain berada di sisi "Amar ma'ruf" (mengajak kepada kebaikan) maka tentu saja Ulama lain akan senang jika ada yang mau mengisi sisi "Nahyil munkar". Jadinya kan bagi tugas BERDAKWAH. Yang susah di ajak secara baik kepada kebaikan, FPI mengingatkan dengan keras agar meninggalkan keburukan.

    Menurut PANCASILA..
    Kerukunan..toleransi dan Harmoni harus terjaga.
    Jika ada ketentraman lingkungan soial lain yang terganggu atau merasa terganggu maka tidak terjalin lagi kerukunan..harmoni tidak lagi.
    Sekarang saya balik tanya..!!
    Siapa atau kultur sosial mana yang duluan merasa terganggu ?
    Orang Muslim yang terganggu oleh kemunkaran..atau orang munkar (menurut islam) yang terganggu oleh kebajikan?

    Menurut HATI NURANI saya pribadi
    Betapa menyedihkan kondisi lingkungan sekitar tempat tinggal saya.. ketika melihat Miras, Narkoba, Pelacuran dll. (Di mata saya semua itu prilaku JAHILIYYAH) ada di depan mata..di samping rumah..
    Ughh..betapa mengerikan
    Andai saja saya kuat menahan godaan itu....!!!
    APAKAH ANAK ISTRIKU, KELUARGAKU juga kuat menahan godaan itu????

    Saya hanya berdo'a dalam ahti yang sedih (selemah-lemah iman) karena tdk mampu menawarkan kebaikan di tengah tengah keburukan.

    "..NA'UDUBILLAAHI MIN DZAALIK..NA'UDZUBILLAAHI MIN DZAALIK..
    NA'UDUBILLAAHI MIN DZAALIK.."
    Semoga Allah melindungi kami dari yang demikian itu.
  • hukum manapun juga gak akan ada yangmembenarkan tindakan FPI. saya tidaksetuju klo FPI di anggap mempresentasikan umat Islam secara umum.
    klo FPI dianggap sebagai aliran baru dalam Islam ya moggo aja, kita hormati tapi FPI juga harus menghormati orang lain. Islam adalah agama yang lil alamin yang dapat menerima orang lain. dalam hal ini pemerintah kudu tegas dunk. dah jelas2 klo FPI sudah meresahkan masyarakat kenapa gak ditindak ??? klo perlu BUBARKAN FPI. setujuuu......
  • 1. Agama islam maupun agama lain tidak mengajarkan yang sifatnya kekerasan. Jadi harap jangan disamakan antara FPI dengan ajaran islam. Meskipun FPI menggunakan label islam. Saya sangat tidak setuju dengan apa yang telah dilakukan oleh FPI.
    2. Negara kita punya hukum sendiri. Negara kita punya hakim, jaksa, polisi yang akan menegakkan hukum yang berlaku di Indonesia. Jadi tidak seharusnya organisasi masyarakat yang menghukum orang yang bersalah. Bila sampai organisasi masyarakat yang menghakimi orang yang bersalah sementara pemerintah tidak bisa berbuat apa-apa, hal itu perlu dipertanyakan. Berarti kita memiliki pemerintah yang penakut dan tidak tegas.
    3. Orang yang tidak tegas adalah orang yang plin-plan. Orang yang plin-plan sangat tidak bisa dipercaya. Mereka akan bertindak tegas hanya dengan orang yang takut kepada mereka. Tetapi dengan yang lebih kuat, mereka tidak berani bertindak tegas. begitu juga halnya jika pemerintah yang tidak tegas.
  • dundee menulis:
    1. Agama islam maupun agama lain tidak mengajarkan yang sifatnya kekerasan. Jadi harap jangan disamakan antara FPI dengan ajaran islam. Meskipun FPI menggunakan label islam. Saya sangat tidak setuju dengan apa yang telah dilakukan oleh FPI.
    2. Negara kita punya hukum sendiri. Negara kita punya hakim, jaksa, polisi yang akan menegakkan hukum yang berlaku di Indonesia. Jadi tidak seharusnya organisasi masyarakat yang menghukum orang yang bersalah. Bila sampai organisasi masyarakat yang menghakimi orang yang bersalah sementara pemerintah tidak bisa berbuat apa-apa, hal itu perlu dipertanyakan. Berarti kita memiliki pemerintah yang penakut dan tidak tegas.
    3. Orang yang tidak tegas adalah orang yang plin-plan. Orang yang plin-plan sangat tidak bisa dipercaya. Mereka akan bertindak tegas hanya dengan orang yang takut kepada mereka. Tetapi dengan yang lebih kuat, mereka tidak berani bertindak tegas. begitu juga halnya jika pemerintah yang tidak tegas.
    Menurut saya jawaban Bang Dundee TOP ANSWER !
    Jempol naikkin satu ah...hahahaha
  • MUI kemana yah??? :cool: :cool: apa karena ga ada duitnya maka tidak mengeluarkan fatwa ttg FPI?? atau karena FPI pakai sorban bukan pakai blangkon??? :cool:
  • Intinya Indonesia negara hukum yang berdasarkan Pancasila. Tidak boleh ada pemaksaan terhadap warga lain, kecuali oleh Undang-Undang itu sendiri.
  • Memang kita harus memberantas kedzaliman dimuka bumi ini,seperti yg dilakukan kebanyakan orang kafir...tindakan FPI memang sangat TERPUJI...dari pada POLISI hanya bisa bengong,mau bertindak kalo digaji,beda ama FPI,mau beraksi tanpa harus dibayar...

    mari basmi para pembagi indomie,baju,y6ah sama tau lah :D :D
  • Wah jawaban si gondrong ini memecah persatuan dan kesatuan bangsa yang dibangun berlandaskan Pancasila. Mohon lebih bijaksana untuk menyikapi masalah ini. Dan animasi yang anda sisipkan pun menghina sodara kita yang lain. Please be wise...
  • busetdahgue menulis:
    Wah jawaban si gondrong ini memecah persatuan dan kesatuan bangsa yang dibangun berlandaskan Pancasila. Mohon lebih bijaksana untuk menyikapi masalah ini. Dan animasi yang anda sisipkan pun menghina sodara kita yang lain. Please be wise...
    apa tuh bos pancasila??

    makan tuh pancasila, pancasila gk berguna bagi negara kita bos... :mad:
  • si gondrong menulis:
    Memang kita harus memberantas kedzaliman dimuka bumi ini,seperti yg dilakukan kebanyakan orang kafir...tindakan FPI memang sangat TERPUJI...dari pada POLISI hanya bisa bengong,mau bertindak kalo digaji,beda ama FPI,mau beraksi tanpa harus dibayar...

    mari basmi para pembagi indomie,baju,y6ah sama tau lah :D :D
    ck.. ck... ck..... gondrong...... emang anak nakal :confused:
    bener kata bro buset, ganti tuh avatar loe, malu kalo comment yang gak berdasar, sahabat gue yang di kedai kopi aja lebih bijak :top:
  • si gondrong menulis:
    Memang kita harus memberantas kedzaliman dimuka bumi ini,seperti yg dilakukan kebanyakan orang kafir...tindakan FPI memang sangat TERPUJI...dari pada POLISI hanya bisa bengong,mau bertindak kalo digaji,beda ama FPI,mau beraksi tanpa harus dibayar...

    mari basmi para pembagi indomie,baju,y6ah sama tau lah :D :D
    ck.. ck... ck..... gondrong...... emang anak nakal :confused:
    bener kata bro buset, ganti tuh avatar loe, malu kalo comment yang gak berdasar, sahabat gue yang di kedai kopi aja lebih bijak :top:
  • si gondrong menulis:
    Memang kita harus memberantas kedzaliman dimuka bumi ini,seperti yg dilakukan kebanyakan orang kafir...tindakan FPI memang sangat TERPUJI...dari pada POLISI hanya bisa bengong,mau bertindak kalo digaji,beda ama FPI,mau beraksi tanpa harus dibayar...

    mari basmi para pembagi indomie,baju,y6ah sama tau lah :D :D
    Saya ingatkan, Kata-kata anda mengandung SARA..!!!

    mari basmi para pembagi indomie,baju,y6ah sama tau lah :D :D

    Saya membuka di topik atas, dengan kalimat jawab dengan logika...

    Terlebih lagi jawaban anda tidak nyambung, yang saya tanyakan adalah 2 sudut pandang tentang memberantas maksiat ? Anda hanya menjawab satu yaitu dari sudut agama "Memang kita harus memberantas kedzaliman dimuka bumi ini,seperti yg dilakukan kebanyakan orang kafir "

    Tolong jangan nge-junk di topik saya... !!!
    atau anda saya laporkan ke mod... Trims
    Kalau tidak suka, silahkan jawab topik-topik lain yang ada.
    Jangan di topik saya kalau anda mau jadi kompor ngangkat2 SARA...
    ( Kompor = laporin moderator )
  • t3nn4n9 menulis:
    si gondrong menulis:
    Memang kita harus memberantas kedzaliman dimuka bumi ini,seperti yg dilakukan kebanyakan orang kafir...tindakan FPI memang sangat TERPUJI...dari pada POLISI hanya bisa bengong,mau bertindak kalo digaji,beda ama FPI,mau beraksi tanpa harus dibayar...

    mari basmi para pembagi indomie,baju,y6ah sama tau lah :D :D
    Saya ingatkan, Kata-kata anda mengandung SARA..!!!

    mari basmi para pembagi indomie,baju,y6ah sama tau lah :D :D

    Saya membuka di topik atas, dengan kalimat jawab dengan logika...

    Terlebih lagi jawaban anda tidak nyambung, yang saya tanyakan adalah 2 sudut pandang tentang memberantas maksiat ? Anda hanya menjawab satu yaitu dari sudut agama "Memang kita harus memberantas kedzaliman dimuka bumi ini,seperti yg dilakukan kebanyakan orang kafir "

    Tolong jangan nge-junk di topik saya... !!!
    atau anda saya laporkan ke mod... Trims
    Kalau tidak suka, silahkan jawab topik-topik lain yang ada.
    Jangan di topik saya kalau anda mau jadi kompor ngangkat2 SARA...
    ( Kompor = laporin moderator )
    tenang bos,, tenang,,, jangan marah,,, biasa kalau tersulut emosi emang gitu,,
    coba bos liat komentarnya Mr Arlnov,, terlihat halus dan intelek, padaha cenderung berbau sara juga tuh,,, yang bijak dong bos
    :cool: :cool: :cool:
  • Sebebas-bebasnya di FBI masih juga saling menghargai........

    Tolong saling menghargai ya...... Jangan sampai menimbulkan SARA.
  • arlnov menulis:
    MUI kemana yah??? :cool: :cool: apa karena ga ada duitnya maka tidak mengeluarkan fatwa ttg FPI?? atau karena FPI pakai sorban bukan pakai blangkon??? :cool:
    @ Bang am, terima kasih telah mengingatkan ini Bang Arnolv juga pakai SARA, postingan ini menyindir MUI Bang Arnolvv..! Jangan pakai SARA, Bang Arnolv pakai logika dunkkkkk !! Wahhhhhhhhh..... Akurrrr dunkkkkkk T_T kasus dech... Kalo ada kompor pasti tambah mleduggggg .Dheeerrr.....
    Susah amat minta jawaban yang logika. Hanya Bang Dundee nich yang jawabannya top membahas dari dua sisi dan tidak ada kompor2an :top: orangnya intelek I like it.
    Mbah Paijo, capek juga buka topik di Global Faith...jadinya perang-perangan antar Islam dan Krisetan
    wakakaakak :grin: :grin: :grin:
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori