Contact Us

Temuan Spesies Anggrek Baru

100405banggrek.jpg

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Destario Metusala menemukan spesies anggrek baru di Kalimantan, yang diberi nama "Dendrobium Kelamense D.Metusala, P.O`Byrne dan J.J.Wood". Dalam surat elektroniknya, Ahad (4/4), Destario Metusala menyatakan, anggrek itu termasuk marga Dendrobium seksi Calcarifera, yang pusat spesiasinya ada di bagian barat Indonesia, yaitu pulau Sumatera, dan dari 29 spesies yang ada, 20 di antaranya adalah endemik.

Rio menyatakan, tempat penemuan spesies baru Dendrobium Kelamense yang dihasilkan melalui penelitian bersama dengan praktisi anggrek senior dari Singapura serta peneliti senior dari Herbarium KEW di Inggris itu sengaja dirahasiakan demi kepentingan pelestarian. "Karena begitu muncul spesies baru, maka biasanya diikuti eksploitasi besar-besaran terhadap jenis ini di habitat aslinya," demikian Rio menulis dalam surat elektroniknya.

Spesies baru itu telah dipublikasikan di jurnal internasional "Malesian Orchid Journal" edisi Maret 2010. Anggrek D kelamense tumbuh merumpun secara epifit dengan panjang setiap batang dewasanya 60 cm -110 cm. Perbungaan anggrek ini muncul menggantung pada bagian dekat ujung batang, panjang perbungaan 5 - 8,5 cm dengan 5 hingga 12 kuntum bunga.

SUMBER :

maaf kalo REPOST ndan....

REP + na ya ndan

:thanks:

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori