Contact Us

Bagian dari Tubuh Manusia yang "Ter..."

Tubuh kita terdiri dari berbagai organ yang saling bekerja sama untuk menyelesaikan tugasnya. Dan pastinya, dari berbagai jenis organ, tentu masing2 punya keunikan sendiri.

1. Tulang terpanjang dan terbesar: Femur (tulang paha)
femur.jpg
femur a. k. a. tulang paha merupakan tulang terpanjang sekaligus terbesar di dalam tubuh manusia. tulang ini juga, bersama dengan tulang temporal, merupakan tulang terkuat di tubuh. panjang femur pada orang dewasa rata2 adalah 48 cm, dan diameternya 2.34 cm. femur mampu menahan beban hingga 30 kali berat orang dewasa

2. Tulang terkuat: Tulang temporal dan femur
Illu_cranial_bones2.jpg
meskipun relatif kecil dan perawakan gepeng, tulang temporal memiliki predikat yang bisa dibanggakan dibanding saodara2nya sesama tulang, yaitu (bersama femur) merupakan tulang terkuat di tubuh kita. wajar saja tulang ini harus kuat, karena dia memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga isi kepala

3. tulang terkecil dan teringan: tulang saggurdi (stapes bone)
auditory-ossicles.jpg
e_13.gif
Tulang sanggurdi (stapes bone) merupakan salah satu dari tiga tulang pendengaran. dua lagi adalah tulang martil (maleus bone) dan tulang landasan (incus bone). Tulang sanggurdi berfungsi untuk meneruskan getaran suara ke organ telinga dalam (cochlea)

4. otot terbesar: gluteus maximus (otot bokong :hammer:)
GluteusMaximus.gif
bokong kita selain diisi sama lemak (yang bikin pantat jadi empuk :hammer:) juga diisi oleh otot terbesar di tubuh. salah satu fungsi otot ini adalah menegakkan tubuh bagian atas kita

5. otot terkuat: quadriceps femoris (otot paha)
Quadriceps.jpg
merupakan otot paha bagian depan. Terdiri dari 4 bagian (quad) otot. dan salah satu fungsinya adalah untuk berjalan

6. otot terkecil: stapedius (otot pada tulang sanggurdi)
Musculusstapedius.png
otot ini terletak di bagian dalam telinga. dia menempel pada tulang sanggurdi (stapes) dan berfungsi sebagai pelindung telinga kita dari kerusakan akibat suara keras

7. organ dalam terbesar dan terberat: hati/liver
Liver.jpg
merupakan organ yang berfungsi sebagai penangkal racun kita. kerusakan hati dapan menimbulkan berbagai macam penyakit karena penumpukan toxin di dalam tubuh. berat dari liver bisa nyampe 1.5 kilo

8. organ luar terbesar dan terberat: kulit
19679.jpg
organ yang satu ini udah jelas gedenya. soalnya, dari luasnya aja bisa nyampe 2 meter persegi dan beratnya bisa nyampe 6 kiloan,
selain berfungsi melindungi, kulit juga berfungsi sebagai penghasil vitamin D yang berasal dari hasil reaksi lemak di bawah kulit dan sinar matahari

9. organ terkecil: kelenjar pineal (pineal gland)
slide0008_image017.jpg
organ ini terletak di bagian otak tengah. mempunya ukuran kira2 hanya 8mm. namun begitu, organ ini tetep memegang peranan penting dalam tubuh kita yaitu sebagai regulasi sistem tubuh

bersambung....

Komentar

  • 10. pembuluh darah terbesar: aorta (untuk pembuluh nadi) dan inferior vena cava (untuk pembuluh balik)
    Normal_Aorta.jpg
    1097.jpg
    pembuluh nadi (arteri) ini diameternya bisa nyampe 3.6 cm dan terletak langsung di atas jantung

    inferior vena cava
    Inferiorvenacava_.png
    pembuluh balik (vena) ini diameternya bisa sampe 2.5 cm, dan letaknya persis di belakang, bawah jantung.

    11. Otot terpanjang: Sartorius Muscle (otot paha bagian dalam)
    anterior-view-thigh_~3D702004.jpg
    otot ini menyilang dari bagian luar paha ke bagian dalam dan fungsinya untuk menggerakkan tungkai. panjang bisa mencapai 60 cm

    12. Otot terluas permukaannya: Latissimus Dorsi (otot punggung bawah)
    posterior-view-both_~3D508003.jpg
    dengan mengkover hampir sebagian besar punggung, latissimus dorsi pantas menyandang predikat ini. fungsinya adalah untuk menggerakkan lengan

    13. Otot terkuat (kategori "gaya yang diberikan per satuan luas"): Masseter (otot pengunyah)
    masseter-muscle_~MM103009.jpg
    otot terkuat kategori "gaya yang diberikan secara keseluruhan", sekarang kalo diliat secara ukuran, maka masseter ini mempunyai predikat paling kuat. karena dengan ukurannya yang relatif mungil, otot ini mampu mengeluarkan gaya sebesar 4700 N (442 Kg)

    14. Sel terbesar: Sel Telur Wanita (Ovum cell)
    _file_makingdata_files_20050324_ovum_1.jpg
    sel telur ini jadi yang paling besar krn ukurannya bisa nyampe 200 mikrometer (0.2 mm) sedangkan ukuran rata2 sel adalah 10 mikrometer (0.01 mm). dengan ukuran yang demikian, sel telur memungkinkan untuk dilihat dengan mata telanjang

    15. Sel terkecil: Sperma Pria (sperm cell)
    04b_sperm_cell.jpg
    nah, pasangannya dari si jumbo adalah si kecil ini, ukurannya cuma seperseratus dari sel telur wanita, yaitu 2.5 - 3.5 micrometer (0.0035 mm). namun biar mungil begitu, sell ini termasuk kuat karena mampu bertahan hidup dalam lingkungan yang asing (rahim wanita maksudnya ) dalam beberapa hari.

    16. Sel terpanjang: sel syaraf (Nerve cell)
    Nervenzelle_is_glossar.jpg
    sel ini punya predikat terpanjang karena untuk satu sel, sael syaraf bisa mencapai 2 meter. fungsinya sebagai "alat komunikasi" antar organ

    17. Organ terpanjang: usus halus (small intestine)
    SmallIntestine.jpg
    meskipun badan kita cuma kira2 1.7 meter, tapi usus halus (yang dipanjangkan dalam keadaan relaksasi) mampu mencapai 7 meter. fungsinya buat nyerap sari2 makanan yang makan

    18. Organ paling kompleks: otak (brain)
    080418-human-brain-02.jpg
    organ yang satu ini gausah ditanyain lagi deh ke-kompleks-annya.. dengan ukuran segitu, dia mampu mengatur semua sistem si dalam tubuh, dan menerima rangsang dari semua bagian tubuh.
    Kenapa otak berbentuk lipatan2? karena pada saat pertumbuhan manusia, saat tulang tengkorak berhenti berkembang, otak terus berkembang hingga ruangannya penuh, sehingga otak "memperluas permukaannya" dengan membentuk lipatan2.
  • nice info nih...

    mod, kopi ke IS ya, makaci...

    btw, selama ini gw kira gigi tulang terkuat dan lidah otot terkuat....
  • Ndan Gusrus thread di pindah ke IS :shy:

    Keep Posting :top:
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori